Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Tanaman Calathea Supaya Cepat Tumbuh Subur

Calathea merupakan jenis tanaman yang berasal dari Amerika Selatan yang akhir-akhir ini sedang trend dipakai sebagai tanaman hias rumah. Calathea ternyata mempunyai beberapa jenis yang dapat Anda pilih untuk dijadikan sebagai penghias rumah. Yuk, simak aneka jenis dan cara menanam Calathea di sini!

Bahkan tak jarang orang yang mengetahui apa itu tanaman Calathea, namun setelah melihat tanaman ini secara langsung pasti akan langsung mengenalinya.

Ciri-ciri tanaman Calathea yaitu memiliki bentuk daun yang lebar dan indah, sehingga tanaman ini cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah.

Tanaman hias Calathea sendiri mempunyai beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki tingkat keunikan tersendiri, sehingga membuat tanaman ini beda dari tanaman jenis lainnya.

Yuk, simak beberapa jenis tanaman Calathea di sini!

Jenis Jenis Tanaman Calathea

Jenis-jenis tanaman hias Calathea


1. Calathea Ornata

Tanaman hias Calathea Ornata

Calathea Ornata mempunyai karakteristik daun yang lebar serta motif daun yang sangat unik.

Tanaman Calathea jenis ini sudah banyak dikembangkan di daerah tropis seperti negara Indonesia dan Thailand.

Selain dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis, tanaman Calathea Ornata juga bisa di tanam didalam ataupun diluar ruangan.

Akan tetapi, jika tanaman Calathea Ornata dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan, tanaman hias ini tidak akan berbunga.

2. Calathea Orbifolia

Tanaman hias Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia merupakan tanaman hias dalam kategori Calathea yang berasal dari Bolivia.

Umumnya tanaman Calathea jenis ini seringkali dijadikan sebagai tanaman hias rumah, sebab tanaman hias satu ini mempunyai bentuk daun lebar serta bentuknya yang cantik.

Tanaman Calathea Orbifolia dapat tumbuh dengan baik dan subur pada lingkungan sekitar yang lembab, teduh, dan banyak ketersediaan air.

3. Calathea Louisae

Tanaman hias Calathea Louisae

Tanaman hias Calathea louisae merupakan tanaman hias dari spesies Calathea yang sudah banyak dibudidayakan oleh banyak negara di dunia. Habitat asli dari tanaman Calathea Louisae yaitu di negara Brazil.

Tanaman hias Calathea Louisae dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 80 cm, serta untuk bagian daun memiliki lebar 10 cm dan panjang daunnya sampai 22 cm.

Tanaman hias ini mempunyai warna daun hijau muda dengan garis-garis memanjang dari batang hingga ke ujung daun dengan warna hijau tua, keunikan serta keindahan itulah yang membuat orang-orang terbius dan terpesona untuk menanam tanaman hias Calathea Louisae.

4. Calathea Vietchiana

Tanaman hias Calathea Vietchiana

Calathea Vietchiana merupakan tanaman asli dari negara Ekuador, tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang lembab.

Tanaman hias satu ini pertama kali ditemukan oleh seorang pecinta tanaman yang berkebangsaan Inggris pada tahun 1862, yaitu Richard Pearce.

Seperti tanaman spesies Calathea lainnya, tanaman hias ini mempunyai motif daun yang unik. Sehingga tanaman hias ini cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.

5. Calathea Roseopicta

Tanaman hias Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta atau lebih dikenal dengan Calathea mawar, sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan, karena tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Ciri-ciri dari tanaman Calathea mawar yaitu mempunyai motif unik pada bagian daun berupa kombinasi dari warna hijau muda, hijau tua, dan kuning.

Saat musim panas tiba, tanaman hias ini akan muncul bunga kecil dengan perpaduan warna antara ungu dan putih.

6. Calathea Warscewiczii

Tanaman hias Calathea Warscewiczii

Calathea Warscewiczii adalah tanaman hias dari spesies Calathea yang mempunyai habitat asli dari negara Costa Rica dan Nicaragua.

Tanaman hias Calathea jenis ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 1 m dengan motif daun unik yakni perpaduan warna antara hijau, kuning, ungu, dan merah muda.

7. Calathea Lancifolia

Tanaman hias Calathea Lancifolia

Tanaman Calathea jenis Lancifolia adalah tanaman hias yang berasal dari Brazil dengan habitat lingkungan yang dingin.

Tanaman hias jenis ini seringkali disebut dengan tanaman ular, lantaran mempunyai bentuk serta motif yang menyerupai ular.

Tanaman ular tergolong dalam jenis tanaman hias besar karena memiliki ukuran tinggi hingga mencapai antara 60 - 75 cm.


Cara Menanam Tanaman Calathea

Cara menanam tanaman Calathea

Walaupun tanaman hias Calathea bukan asli tanaman Indonesia, namun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di sini, loh!

Yuk, simak langkah-langkah menanam tanaman Calathea agar tumbuh dengan subur, di bawah ini!

Proses Penanaman

Hal yang paling utama dalam menanam tanaman Calathea yakni mengambil bibit atau anakan indukan tanaman Calathea yang sehat.

Supaya tanaman hias Calathea yang hendak di tanam dapat tumbuh dengan subur, maka media tanam sebaiknya menggunakan campuran antara:

  • Tanah.
  • Pupuk kandang.
  • Arang sekam.
  • Serbuk Kelapa yang sudah tua.
Selanjutnya masukan beberapa bahan di atas ke dalam sebuah pot, kemudian tanam bibit atau anakan Calathea tersebut di pot.

Cara Merawat Tanaman Calathea

Cara merawat tanaman hias Calathea

Pada dasarnya untuk perawatan tanaman Calathea agar tumbuh dengan subur tidaklah susah, Anda cukup menyiram tanaman ini secara rutin dengan jumlah air yang sedikit.

Supaya tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan baik, maka gantilah media tanam setiap 6 bulan sekali dan berikanlah pupuk.

Supaya tanaman hias Calathea memiliki daun yang indah dan nampak hijau tua, maka Anda bisa memberikan pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfor.


***


Jadi, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis tanaman Calathea serta cara merawat dan menanamnya di rumah.

Cukup mudah bukan?

Semoga, artikel di atas bisa memberikan gambaran bagi Anda yang bingung menentukan jenis tanaman Calathea yang akan dijadikan sebagai penghias rumah. Terimakasih....