Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Mempunyai hobi menanam khususnya tanaman hias tentunya memiliki kepuasan serta kesenangan tersendiri. Namun, apakah Anda sudah mengerti apa saja jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman? Ayo, cari tahu jenis penyakit tanaman hias di sini!

Sekarang ini, hobi menanam tanaman hias sedang populer di kalangan masyarakat.

Sehingga tak aneh rasanya apabila berbagai jenis tanaman hias mulai banyak diburu, mulai tanaman hias seperti monstera sampai anthurium.

Meski demikian tanaman hias juga membutuhkan perhatian khusus dan ekstra dalam perawatannya.

Hal tersebut karena mereka sangatlah rawan terserang bakteri, virus, maupun jamur yang akan berdampak tumbuhnya penyakit pada tanaman hias Anda.

Terlebih lagi untuk tanaman hias indoor yang belum tentu mendapatkan asupan sinar matahari secara langsung ataupun sirkulasi udara yang baik.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang paling sering menyerang tanaman hias!


Jenis Penyakit Tanaman Hias yang Paling Sering Terjadi


1. Penyakit Bercak Hitam pada Daun Tanaman

Penyakit bercak hitam pada daun tanaman hias
Source: dengarden.com

Penyakit bercak hitam dapat ditandai dengan munculnya bercak-bercak hitam pada permukaan daun tanaman hias.

Penyakit bercak hitam umumnya disebabkan oleh infeksi serangan jamur Botrystis sp, jamur ini biasanya menyerang tanaman pada lingkungan yang lembab dan panas.

Sehingga penyakit ini seringkali timbul ketika musim kemarau, atau pada tanaman yang terletak di ruangan dengan suhu hangat tanpa adanya sirkulasi udara yang baik.

Apabila penyakit bercak hitam pada daun atau bunga diabaikan begitu saja, maka akan berdampak terjadinya pembusukan pada tanaman.


2. Penyakit Karat atau Bercak Putih pada Tanaman Hias

Penyakit karat atau bercak putih pada tanaman hias
Source: rhs.org.uk

Selain bercak hitam, ternyata tanaman juga bisa menunjukkan gejala bercak putih.

Bercak putih biasanya muncul pada bagian bawah permukaan daun dikenal dengan gejala penyakit Karat atau rust.

Apabila tanaman terserang penyakit bercak putih biasanya pada bagian daun tanaman akan mengalami layu, mengering, tergulung, dan mengkerut.

Penyakit karat umumnya terjadi karena kondisi udara lingkungan sekitar yang dingin dan lembab, sehingga penyakit ini lebih rentan menyerang daun tanaman saat musim hujan.

Selain itu kondisi lingkungan yang lembab, karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik di lokasi sekitar tanaman juga dapat memicu tumbuhnya penyakit karat atau bercak putih.

Apabila penyakit ini tidak segera diatasi, maka akan berdampak buruk bagi tanaman lain yang berada disekitar tanaman yang terkena penyakit.

Pasalnya penyakit bercak putih dapat menular melalui udara ataupun air.

Untuk mengatasi penyakit ini sebaiknya untuk segera memotong daun atau pangkas bagian tanaman yang terinfeksi.


3. Infeksi Rhizoctonia pada Tanaman Hias

Infeksi Rhizoctonia pada Tanaman Hias
Source: Wikimedia Commons


Tanaman yang terkena infeksi Rhizoctonia ditandai dengan munculnya tanda merah kecoklatan di bagian tanaman.

Gejala awal tanaman yang terinfeksi biasanya akan layu saat siang hari, tetapi akan terlihat segar kembali pada malam harinya.

Penyebab penyakit ini adalah jamur Rhizoctonia yang terdapat pada air irigasi atau air yang dipakai untuk menyiram tanaman, sehingga jamur tersebut menginfeksi tanah pada media tanam.

Apabila tanaman Anda terserang oleh penyakit ini, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengganti seluruh media tanam dengan yang baru.

Karena jamur ini dapat bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama pada media tanam dan sisa dari tanaman yang terinfeksi.



4. Penyakit Pembengkakan pada Akar Tanaman

Penyakit pembengkakan pada akar tanaman
Source: agrokomplekskita.com


Penyakit Pembengkakan pada akar tanaman tak hanya mengakibatkan akar tanaman menjadi bengkak saja, bahkan bisa membuat akar tanaman menjadi busuk.

Keadaan ini disebabkan oleh jamur Meloidogyne spp yang menyerang akar tanaman.

Patogen tersebut dapat dijumpai pada tanah, pupuk kandang, maupun umbi yang sudah terinfeksi oleh jamur Meloidogyne spp.

Gejala awal tanaman yang terserang penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan layaknya jerawat di permukaan akar tanaman.

Selain itu, apabila tanaman yang terjangkit penyakit ini dibiarkan begitu saja maka akan berdampak pada daun menguning serta tanaman menjadi layu.

Terlebih bagi Anda yang sedang merawat bunga Krisan, harus waspada dan hati-hati dengan serangan penyakit ini, karena tanaman hias bunga Krisan sangat rentan terhadap serangan penyakit pembengkakan akar.


5. Penyakit Pembusukan Akar pada Tanaman Hias

Penyakit pembusukan akar tanaman Aglonema
Source: distanpangan.magelangkab.go.id


Penyakit tanaman yang sering menyerang tanaman hias yaitu penyakit pembusukan akar.

Pembusukan akar biasanya sering terjadi karena media tanam yang tergenang oleh air dalam jangka waktu yang lama, sehingga akan menyebabkan pertumbuhan jamur yang akan menyerang perakaran tanaman.

Gejala awal tanaman yang terserang oleh penyakit pembusukan akar khususnya tanaman hias daun akan ditandai dengan daun akan terlihat pucat, layu, serta gugur.

Jangan sampai menyiram tanaman supaya tanaman tumbuh menjadi subur dan indah malah berdampak sebaliknya. 

Untuk itu lakukanlah cara penyiraman tanaman yang baik dan benar agar tanaman tumbuh subur.


***


Well, itulah beberapa informasi mengenai beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman hias kesayangan Anda di rumah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan wawasan bagi kita semua. Terimakasih...