Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri-Ciri Anak Cacingan Yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menimpa anak kecil. Apabila diabaikan, penyakit satu ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan sang anak. Sebagai orang tua, Cobalah untuk mengenali bagaimana ciri-ciri anak cacingan supaya anak-anak bisa terhindar dari penyakit satu ini!

Penyakit cacingan, terutama cacing kremi, sangatlah mudah untuk menular dari anak satu ke anak lainnya. Hal itu bisa terjadi karena tanpa sengaja kotoran masuk kedalam mulut sang anak.

Sedangkan masa penularan dari penyakit cacingan sendiri terjadi ketika saat malam hari, cacing betina akan bertelur di area sekitar anus anak. Sehingga secara refleks anak tersebut akan menggaruk anus karena merasa gatal, dan telur tersebut akan pindah ke tangan serta jemari anak.

Telur cacing kremi yang ada di tangan dan jari-jari anak dapat bertahan hidup sampai kurang lebih 3 Minggu. Sehingga bukan tidak mungkin, apabila penyakit cacingan dapat menular ke anak-anak ataupun anggota keluarga lainnya karena terjadinya kontak fisik antara satu sama lainnya.

Apabila penyakit ini diabaikan begitu saja, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan anak tersebut. Oleh sebab itu, hal yang terbaik ialah untuk segera mengatasinya!

Akan tetapi, bagaimana cara untuk mengetahui apakah anak-anak menderita cacingan atau tidak?

Alangkah baiknya, simak ciri-ciri anak menderita cacingan di sini!

7 Ciri-ciri Anak Cacingan Yang Perlu Diketahui Orang Tua

Ciri-ciri Anak Cacingan Yang Wajib Orang Tua Ketahui


1. Ciri-ciri Anak Cacingan Menjadi Sulit Tidur

Ciri-ciri anak yang menderita cacingan akan mengalami masalah susah tidur. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak yang menderita cacingan akan merasa tidak nyaman saat tidur malam hari, sebab ia akan mengalami sakit perut beserta rasa gatal di area sekitar anusnya.

Beberapa dari mereka juga tidak jarang yang mengompol karena merasa tidak tenang ketika tidur malam.

Oleh sebab itu, apabila anak Anda mengalami gangguan sulit tidur. Alangkah baiknya untuk segera konsultasi ke dokter agar segera mendapatkan perawatan.

2. Kurangnya Nafsu Makan Anak

Biasanya anak-anak yang cacingan akan membuat nafsu makannya berkurang.

Selain itu, anak-anak akan sering meludah di karenakan terjadi peningkatan air liur yang disebabkan oleh cacing yang ada didalam tubuhnya.

Kurangnya nafsu makan pada anak karena cacingan, biasanya akan membuat berat badan sang anak sulit untuk naik dan akan berakibat pada segi pertumbuhan anak lainnya.

3. Perut Terasa Sakit dan Perubahan Tinja

Anak-anak yang mengalami sakit perut secara terus-menerus, perut kembung, mual serta muntah-muntah, diare, dan buang air besar disertai darah merupakan salah satu ciri-ciri anak yang mengalami cacingan.

Sakit perut yang dirasakan sang anak terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh cacing dalam tubuh.

Apabila anak Anda sering mengalami sakit perut, sebaiknya untuk segera membawanya ke dokter anak, agar kondisi seperti ini dapat segera teratasi.

4. Ciri-ciri Anak Cacingan, Gatal pada Bagian Anus

Anak-anak yang sering bermain di tanah kotor lalu ia tidak mencuci tangan beserta tubuhnya dengan bersih, maka sangat rentan terserang oleh cacing kremi.

Apabila seorang anak sudah terserang oleh cacing kremi, ia akan mengalami rasa gatal yang terus-menerus di bagian sekitar anusnya.

Rasa gatal ini seringkali muncul ketika waktu malam dan pagi hari, pada saat cacing kremi betina mencapai anus untuk bertelur.

Baca juga :

5. Anak Mengalami Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Cacing yang berada dalam tubuh sang anak dapat menyebabkan ia mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.

Batuk tersebut terjadi karena tanpa sengaja anak-anak menelan telur dari cacing yang kemudian telur tersebut menetas tepat pada bagian lambung sang anak.

6. Cek Bokong Anak Menggunakan Senter

Sebagai orang tua, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung, apakah anak-anak menderita cacingan ataupun tidak menggunakan cara mengecek bokong sang anak memakai senter.

Anak yang terkena cacingan akan mengeluarkan cacing tipis berwarna putih menyerupai benang berukuran 5 mm di area sekitar bokong.

7. Ciri-ciri Anak Cacingan, Badan Kurus dan Ruam pada Kulit

Tubuh yang kurus bisa disebabkan oleh cacing yang ada dalam tubuh anak.

Hal itu terjadi karena, nutrisi yang seharusnya dicerna oleh tubuh yang berfungsi untuk pertumbuhan anak, malahan di serap atau dihisap oleh cacing dalam tubuhnya.

Anak-anak yang mengalami cacingan bisa juga mengalami ruam pada kulit, panas demam, dan kulit terlihat pucat.


****


Nah, itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri anak yang menderita cacingan, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan bagi kita semua. Terimakasih...