Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Paling Mudah Menanam Anggrek Bulan Menggunakan Pot Di Rumah

Nama Anggrek bulan tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta tanaman hias terkhusus tanaman hias anggrek. Apakah Anda sudah tahu mengenai cara menanam anggrek bulan ternyata sangat mudah dan bisa langsung dipraktekkan di rumah!

Sesuai keputusan Presiden Nomor 4/1993 bahwa anggrek bulan atau sering disebut dengan bunga Puspa indah adalah salah satu dari tiga jenis bunga Nasional Indonesia.

Biasanya warna dari kelopak bunga anggrek bulan yaitu berwarna putih, meskipun ada juga beberapa warna lainnya yang tak kalah menarik.

Merawat bunga anggrek sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang, pasalnya tanaman hias satu ini memerlukan kondisi serta syarat tumbuh yang sesuai supaya tanaman ini rajin berbunga.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis anggrek, yakni anggrek terrestris yang dapat tumbuh dengan baik pada permukaan tanah dan jenis anggrek ephiphyt yang tumbuh dengan cara menempel pada tumbuhan lainnya.

Anggrek bulan dapat ditanam menggunakan pot, karena anggrek bulan sendiri tergolong dalam jenis tanaman anggrek terrestris.

Langsung saja yuk simak cara menanam anggrek bulan di bawah ini!

Cara Menanam Anggrek Bulan

Cara menanam bunga anggrek bulan di dalam pot


1. Pemilihan Bibit

Hal yang paling utama dalam menanam semua jenis tumbuhan yakni memilih bibit yang berkualitas, karena dengan bibit unggul tentunya akan mempengaruhi hasil dari tanaman yang ditanam.

Hal tersebut juga berlaku pada tanaman hias anggrek, maka dari itu Anda wajib mengetahui apa saja kriteria bibit anggrek dengan kualitas yang baik.

Berikut beberapa kriteria bibit bunga anggrek yang baik:

  • Bibit minimal telah berusia 1 tahun.
  • Mempunyai minimal 2 lembar daun dan perkaran yang baik.
Bibit tersebut selanjutnya ditanam menggunakan wadah plastik (Polybag) sampai berumur minimal 3 bulan, baru tanaman anggrek bulan dapat Anda pindahkan ke dalam pot dengan ukuran diameter antara 6-12 cm.

Supaya tanaman dapat tumbuh dengan subur dan maksimal, maka selama proses pembibitan Anda harus melakukan pemupukan memakai pupuk organik secara rutin dengan dosis yang tepat.

2. Tanam Pada Tempat Yang Sesuai

Lokasi yang tepat untuk merawat anggrek bulan

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa menanam anggrek bulan itu susah-susah gampang.

Poin gampang nya dalam menekan bunga anggrek yaitu tanaman ini tidak begitu banyak membutuhkan asupan sinar matahari, paling hanya 20% saja dalam seharinya.

Maka dari itu lokasi peletakan tanaman hias bunga anggrek bulan yang sesuai yaitu di tempat teduh, misalnya di taruh di bawah pohon rindang, atap teras rumah, dan di letakan di teras.

3. Atur Ketinggian Pot Tanaman Anggrek

Hal yang perlu Anda perhitungkan ialah mengenai ketinggian lokasi penanaman, sebab hal itu dapat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman anggrek.

Biasanya anggrek bulan dapat tumbuh dengan baik di wilayah dengan ketinggian 600 mdpl (meter di atas permukaan laut).

4. Perhatikan Kondisi Daun Anggrek

Ketika menanam anggrek Anda bisa mengamati hasilnya melalui daunnya.

Jika tanaman anggrek mempunyai daun berwarna hijau cerah itu menandakan tanaman hias bunga anggrek tercukupi akan kebutuhan sinar matahari.

Namun, bila pada daun tanaman anggrek berwarna hijau tua itu berarti menandakan tanaman hias bunga anggrek kekurangan asupan sinar matahari.

Apabila daun tanaman berwarna kecoklatan hal itu menandakan bahwa tanaman anggrek terlalu berlebihan menerima cahaya matahari.

5. Menjaga Kelembapan Tanaman Anggrek

Pada dasarnya bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik di tempat yang kering, namun tanaman hias ini tetap membutuhkan penyiraman.

Penyiraman tanaman hias bunga anggrek sendiri bertujuan supaya media tanam beserta tanaman dalam kondisi lembab.

Bunga anggrek sangat menyukai media tanam yang lembab, bahkan tanaman ini mampu bertahan hidup meskipun tingkat kelembaban media tanam mencapai 70%.

Namun sebaiknya penyiraman yang dilakukan jangan terlalu berlebihan sehingga membuat media tanam bunga anggrek bulan menjadi tergenang, sehingga akan berakibat terjadinya pembusukan pada akar dan batang.

Baca juga :

6. Perhatikan Durasi Penyiraman

Ketika cuaca sangat panas maka penyiraman bisa dilaksanakan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Sedangkan untuk menyiram Anggrek Bulan bisa dilakukan menggunakan cara mengirimkan air secara langsung ke bagian perakaran tanaman atau media tanam.

7. Menjaga Sirkulasi Udara

Saat menanam anggrek bulan selain menjaga tingkat kelembaban yaitu memperhatikan sirkulasi udara juga tak kalah penting.

Bunga anggrek akan tumbuh dan mekar dengan sangat baik, bila kondisi angin yang pas di lingkungan sekitar.

8. Jauhkan Tanaman Anggrek Dari Hama yang Menyerang

Hal yang tidak bisa dielakkan, setiap tanaman yang dibudidayakan maka akan rentan terhadap serangan hama yang akan merusak kualitas hasil dari tanaman yang dibudidayakan.

Untuk mencegah terjangkitnya hama dan penyakit pada tanaman anggrek, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara menyemprotkan fungsida dan insektisida seminggu sekali.

9. Penuh Asupan Nutrisi Tanaman Anggrek

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman hias bunga anggrek bulan, Anda dapat dilakukan dengan cara memupuk tanaman tersebut.

Pupuk yang baik digunakan sebagai pupuk Anggrek Bulan yaitu pupuk yang mengandung beberapa kandungan seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

Untuk pemupukan sendiri dapat dilakukan setiap 2 Minggu sekali.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menanam bunga anggrek bulan dalam pot yang bisa Anda coba di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih....