Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling Mudah Lengkap Dengan Cara Merawat Wijaya Kusuma

Bunga Wijayakusuma akhir-akhir ini banyak dicari karena tampilannya yang sangat indah dan cantik. Apakah Anda juga tertarik untuk mencoba menanamnya di rumah? Jika, iya. Maka kami akan menyediakan beberapa tips mudah cara menanam beserta merawat bunga Wijayakusuma dengan mudah, simpel dan praktis, di bawah ini!

Bunga Wijaya Kusuma atau lebih akrab dengan nama sang ratu malam merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga kaktus. Tanaman hias satu ini mempunyai bunga yang sangat cantik nan indah dengan aroma bunga yang semerbak begitu kuat.

Tanaman hias ini seringkali dijuluki sebagai ratu malam karena kelopak bunga Wijayakusuma hanya akan mekar ketika malam hari saja.

Bunga Wijayakusuma memiliki mahkota bunga yang besar dengan warna putih gading. Sehingga akan terlihat begitu unik dan khas, jika tanaman ini berada di rumah pasti akan menghadirkan nuansa yang indah dan mempesona.

Karena memiliki tampilan yang cantik dan eksotis bunga ini mampu membius orang untuk berlomba-lomba menanam tanam hias satu ini di rumah masing-masing.

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang terpikat oleh pesona keindahan bunga Wijayakusuma dan hendak menanamnya di rumah?

Yuk, simak beberapa cara menanam bunga wijayakusuma di bawah ini!

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Cara menanam bunga Wijayakusuma


1. Pembibitan Bunga Wijaya Kusuma

Pembibitan bunga Wijayakusuma

Pembibitan tanaman hias bunga Wijayakusuma dapat dilakukan memakai cara memisahkan bagian rumput bibit dengan rumput bagian akar.

Tahap ini dilakukan supaya dapat memisahkan bibit dari tanaman induk. Sehingga dapat digunakan sebagai bibit untuk memperbanyak tanaman bunga Wijayakusuma.

2. Media Tanam

Media tanam bunga Wijayakusuma

Cara menanam bunga Wijayakusuma selanjutnya yakni menyiapkan media tanam.

Media tanam yang tepat untuk digunakan sebagai media penanaman bunga Wijayakusuma ialah campuran dari tanah, pupuk organik, humus dan pasir dengan radio perbandingan 3 : 1 : 1 : 2.

Apabila Anda hendak menanam bunga Wijayakusuma menggunakan pot, maka media tanam yang cocok untuk digunakan adalah pasir, lumut spaghnum, dan batang paku tiang.

3. Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Cara menanam tanaman hias bunga Wijayakusuma

Cara menanam bunga Wijayakusuma tidak sesulit yang Anda bayangkan, loh!

Proses penanamannya yaitu dengan membuat lubang pada media tanam dengan kedalaman kurang lebih 5 cm.

Selanjutnya masukan bibit tanaman bunga Wijayakusuma yang mempunyai kualitas bagus kedalam lubang yang sudah Anda buat sebelumnya, lalu tutup kembali lubang tersebut menggunakan media disekitarnya.

Siramlah tanaman bunga Wijayakusuma menggunakan air bersih supaya tanaman dapat tumbuh subur.

4. Penyiraman Bunga Wijaya Kusuma

Pada dasarnya tanaman bunga Wijayakusuma untuk melangsungkan pertumbuhan tidaklah membutuhkan terlalu banyak air.

Oleh sebab itu, proses penyiraman dapat Anda lakukan dengan dosis serta ukuran yang pas.

Saat musim kemarau datang, usahakan jangan sampai melalaikan penyiraman tanaman bunga Wijayakusuma, meskipun sejatinya tanaman hias ini tidak begitu membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak.

Maka penyiraman tanaman bunga Wijayakusuma tetap dilakukan, meskipun dengan kadar air yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

5. Pemupukan

Supaya tanaman hias bunga Wijayakusuma yang Anda tanam dapat tumbuh dengan subur, maka diperlukan pemupukan secara rutin.

Pupuk yang baik untuk digunakan sebagai pupuk tanaman hias bunga Wijayakusuma yakni pupuk organik yang berasal dari tanaman dan kotoran hewan.

Agar tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik dan subur pemupukan sebaiknya dilakukan setiap 2 Minggu sekali.

Baca juga:

6. Penyiangan

Penyiangan dilakukan bertujuan supaya tanaman hias bunga Wijayakusuma terbebas dari gangguan gulma, hama, dan penyakit.

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma yang tumbuh pada media tanam atau sekitar pangkal batang tanaman bunga Wijayakusuma.

Jika dibutuhkan, Anda bisa menyemprotkan fungsida ataupun insektisida dengan dosis sesuai anjuran yang tertera dalam botol kemasan. 

Hal ini dilakukan supaya tanaman terbebas dari serangan bakteri yang dapat memicu timbulnya penyakit pada tanaman.

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Cara merawat bunga Wijayakusuma


1. Pastikan Tanaman Selalu Tercukupi Air

Meskipun tanaman bunga Wijayakusuma tidak begitu membutuhkan air, bukan berarti sepenuhnya tanaman ini tidak butuh air.

Tanaman bunga Wijayakusuma sama halnya tanaman hias lainnya yang membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupan.

Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu untuk memastikan tanaman hias ini tercukupi kebutuhan airnya.

Penyiraman tanaman hias bunga Wijayakusuma dapat dilakukan secara berkala dengan kadar tidak terlalu banyak.

Usahakan jangan sampai media tanam tergenangi oleh air, karena bisa mengakibatkan tanaman hias ini mengalami pembusukan akar maupun batang.

Untuk mengatasi masalah air yang menggenang selain menyiram dengan jumlah yang tidak berlebihan, pastikan media tanam pot yang Anda gunakan memiliki lubang pada bagian bawahnya.

2. Letakan Tanaman Di Tempat Yang Panas

Supaya tanaman hias bunga Wijayakusuma cepat dan sering berbunga ialah dengan meletakkan tanaman hias ini ditempat yang tercukupi oleh pancaran sinar matahari.

Untuk memenuhi kebutuhan akan sinar matahari pada tanaman hias Wijayakusuma Anda bisa menaruhnya di tempat yang sering terkena sinar matahari secara langsung setiap harinya.

3. Bersihkan Tanaman Wijaya Kusuma Dari Serangan Hama dan Penyakit

Bunga Wijayakusuma seringkali diserang oleh hama kutu putih.

Hama tersebut menyerang pada daun tanaman hias bunga Wijayakusuma. Dampak yang diakibatkan oleh hama kutu putih diantaranya adalah menyebabkan daun menjadi kuning, keriput, dan layu.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyemprotkan insektisida ke tanaman hias Wijayakusuma dengan dosis yang dianjurkan oleh penjual obat tersebut.

***

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menanam bunga Wijayakusuma yang lengkap dengan cara merawat tanaman hias Wijayakusuma. 

Semoga artikel di atas bisa membantu Anda dalam merawat ataupun menanam tanaman hias bunga Wijayakusuma di rumah. Terimakasih...