Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Cara Menanam Dan Merawat Bunga Krokot Yang Benar

Sahabat Blogdaffa.com, apakah Anda tertarik untuk menghias pekarangan rumah dengan bunga Krokot? Apabila Anda tertarik, silahkan simak cara menanam dan merawat bunga Krokot di sini!

Tanaman Krokot atau Moss Rose mempunyai kelopak serta warna bunga yang indah dan beragam, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Bunga Krokot sering tumbuh secara alami di area pekarangan rumah, tetapi tidak sedikit orang yang menganggap bahwa tanaman ini sebagai gulma atau rumput liar yang mengganggu.

Bunga Krokot sangat cocok untuk ditanam oleh pemula, pasalnya tanaman ini mudah tumbuh meskipun tanpa perawatan yang ekstra.

Apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman hias satu ini di rumah?

Yuk, simak cara menanam bunga Krokot dengan mudah di bawah ini!


Cara Menanam Bunga Krokot Dengan Mudah

Cara menanam bunga krokot

1. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama sebelum menanam bunga Krokot yaitu menyiapkan media tanam yang akan digunakan.

Untuk menanam bunga krokot Anda bisa menggunakan wadah atau tempat untuk menanam dengan polybag, pot bunga, ember, atau gerabah.

Sebaiknya untuk wadah media tanam pakailah yang memiliki ukuran kecil hingga sedang, mengingat tanaman krokot memiliki ukuran tubuh yang kecil-kecil.

Setelah menentukan wadah untuk dijadikan sebagai media tanam, maka tahap selanjutnya yaitu memasukan tanah ke dalam wadah yang akan Anda gunakan.

Supaya tanaman hias satu ini dapat tumbuh dengan subur, maka pakailah tanah humus.

Cara membuat tanah humus tidaklah sulit, kok! Ikuti saja panduan membuat tanah humus berikut ini:

  • Campurkan tanah gembur, serbuk kayu, sekam padi, dan daun kering.
  • Larutkan satu sendok gula pasir ke dalam wadah berisi satu liter air, tambahkan bakteri EM4 (khusus tanaman). Diamkan selama kurang lebih 24 jam.
  • Siramkan larutan yang sudah diendapkan selama 1 hari ke campuran tanah, dan jangan lupa aduk sampai benar-benar tercampur secara rata.
  • Tutuplah tanah dengan plastik selama kurang lebih 2 Minggu.


2. Pemberian Pupuk Dasar

Masukan tanah humus yang sudah Anda buat ke dalam wadah, agar tanaman cepat tumbuh subur Anda bisa menambahkan pupuk dasar pada media tanam bunga krokot.

Cara pemberian pupuk dasar di media tanam sangatlah mudah, yaitu dengan membuat lubang di bagian tengah media tanam dan berilah segenggam pupuk organik.

Selanjutnya tutup lubang yang sudah ditaburi pupuk organik menggunakan tanah, lalu siram memakai air bersih.


3. Cara Menanam Benih Bunga Krokot

Cara menanam benih bunga Krokot bisa dilakukan dengan dua metode, yakni dengan menyemai biji dan stek batang bunga krokot.

Apabila Anda menginginkan tanaman krokot dapat hidup tahan lama, maka sebaiknya memakai metode penanaman dari biji.

Cara menyemai biji bunga krokot cukup mudah, yaitu dengan membuat lubang pada media semai dengan kedalaman sekitar 2 cm.

Selanjutnya masukan 1 sampai 3 biji kedalam lubang yang sudah Anda buat.

Tutup kembali lubang tersebut menggunakan tanah, lalu siram media semai dengan air dan tunggu sampai benih yang disemai tumbuh.

Supaya yang di semai dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, maka letakkan media semai pada tempat yang teduh.

Setelah biji yang Anda semai telah tumbuh dengan usia sekitar 1 Minggu, barulah Anda bisa memindahkan benih tersebut ke media tanam serta meletakkan di tempat yang diinginkan.


4. Penyiraman Tanaman

Menyiram tanaman hias ini sedikit berbeda dengan tanaman hias lainnya, yakni menyesuaikan dengan letak serta posisi tempat dari tanaman krokot diletakkan.

Bila Anda menanam tanaman bunga krokot langsung di tanah, maka penyiraman dapat dilakukan setiap 5 hari sekali.

Sedangkan untuk menyiram tanaman di dalam pot gantung, Anda bisa menyriam setiap 3 hari sekali.

Supaya tanaman hias bunga krokot bisa tumbuh dengan subur, saat menyiram tanaman hias ini Anda bisa mencampur air dengan pupuk organik cair yang dipakai untuk menyiram tanaman ini.



Cara Merawat Bunga Krokot

Cara merawat bunga Krokot


1. Lakukan Penyiangan

Tanaman krokot juga membutuhkan penyiangan, agar pertumbuhannya tidak terganggu oleh gulma.

Anda dapat melakukan penyiangan pada media tanam setiap satu bulan sekali.

Sebab media tanam yang digunakan untuk menanam bunga krokot biasanya sangat jarang ditumbuhi oleh Gulam atau rumput liar.

Selain itu, tanaman bunga krokot juga terkenal dengan tanaman yang jarang terserang oleh penyakit.


2. Pemberian Pupuk Tambahan

Supaya untuk menjaga tingkat kesuburan media tanam, maka Anda perlu memberikan pupuk tambahan.

Pupuk tambahan bisa Anda berikan setelah usia tanaman berumur antara dua hingga tiga bulan.

Cara memberikan pupuk tambahan Anda cukup dengan menggali pinggiran media tanam, lalu taburkan pupuk organik pada galian tanah tersebut, dan jangan lupa untuk menutup kembali pupuk yang sudah ditabur menggunakan tanah.

Selanjutnya siram media tanam memakai air bersih.


3. Menjaga Kondisi Media Tanam

Meskipun tanaman ini jarang terkena serangan penyakit, tetapi media tanam dari tanaman hias ini seringkali terkena serangan hama.

Beberapa hama yang sering merusak media tanam bunga krokot diantaranya ialah semut, ulat, dan beberapa serangga lainnya.

Apabila salah satu hama diatas menyerang tanaman Anda, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa menggunakan cairan insektisida untuk membasmi hama tersebut.

Selain hama ada juga penyakit yang kadang menjangkit tanaman hias bunga krokot yaitu serangan jamur atau bakteri patogen.

Bakteri tersebut akan membuat tanaman krokot Anda terlihat layu, meskipun sudah Anda siram sekalipun.

Untuk mengatasi masalah penyakit jamur pada tanaman krokot, Anda bisa menyemprotkan cairan fungsida untuk membantu mengatasi serangan bakteri atau jamur patogen.


Budidaya Bunga Krokot

Cara budidaya bunga krokot

Tak hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias saja, ternyata tanaman bunga krokot juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha, loh!

Anda bisa melakukan budidaya tanaman krokot lalu dijual kembali sebagai tanaman hias.

Sebaiknya untuk menjual hasil budidaya tanaman hias bunga krokot yaitu ketika tanaman tersebut sudah berusia sekitar 1 bulan.

Pasalnya di usia tersebut tanaman krokot Sudja muncul bunga, sehingga dapat menarik minat pembeli yang datang.

Selain itu, bunga ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga Anda juga bisa menjual hasil budidaya tanaman ini sebagai tanaman obat.


****


Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menanam bunga krokot yang lengkap dengan cara perawatannya.

Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua. Terimakasih...