Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memandikan Kucing Yang Benar. Tanpa Berontak Saat Dimandikan!

Apakah Anda mengalami masalah ketika sedang memandikan kucing, Entah itu berontak ataupun mencakar bahkan berusaha menggigit? Hal yang demikian sungguh sangat merepotkan bukan? Namun Anda tidak usah khawatir, karena di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memandikan kucing yang benar, tidak berontak, mencakar, dan menggigit saat dimandikan. Cukup mudah, kok!

Bagi para pecinta kucing pastinya sudah tahu kan, memandikan hewan lucu satu ini merupakan hal yang sangat menantang.

Hal ini karena kucing merupakan hewan yang sangat tidak menyukai air, meskipun ada beberapa jenis kucing yang tidak masalah ketika tubuhnya dibasahi oleh air.

Pada dasarnya setiap kucing sangat menyukai mandi secara naluri mereka, yakni seperti menggulingkan tubuhnya ke pasir atau menjilati bagian tubuhnya yang dirasa kotor.

Tetapi, cara mandi kucing yang alami tersebut tentu saja tidak akan mampu menjangkau seluruh bagian badannya yang kotor.

Maka dari itu, untuk membersihkan seluruh badannya dari berbagai jenis kotoran yang menempel si manis ini perlu dimandikan menggunakan air.

Namun ada hal yang wajib Anda ketahui, bahwa memandikan kucing tidak boleh terlalu sering.

Apabila Anda nekat memandikan kucing secara rutin maka dampaknya dapat merusak bulu-bulu yang ada pada tubuhnya. Selain itu juga akan menyebabkan iritasi pada bagian kulit si manis ini.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk memandikan kucing kesayangan, pastikan untuk bersih secara keseluruhan.

Dengan demikian, Anda tidak akan perlu terlalu sering untuk memandikan binatang kesayangan mu ini, tentunya hal itu akan membuatnya semakin nyaman dan terhindar dari stress.

Berikut cara memandikan kucing yang baik dan benar, diantaranya adalah:

Cara Memandikan Kucing Supaya Tidak Berontak

Cara memandikan kucing yang benar dan tidak berontak


1. Menentukan Waktu yang Tepat

Ketika hendak memandikan kucing kesayangan Anda, pastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi mood nya apakah dia benar-benar dalam kondisi senang atau sebaliknya. Apabila kondisi mood nya sedang buruk, usahakan jangan memandikannya. Karena bisa membuatnya stress.

Sebelum memandikan kucing kesayangan, sebaiknya untuk dimanjakan terlebih dahulu.

Usahakan ketika memandikan jangan dalam kondisi perut yang kosong, karena dapat membuatnya menjadi gampang rewel.

Waktu yang tepat untuk memandikan si kucing selain dari kondisi mood nya, yaitu pada saat pagi hari, atau ketika cuaca sedang hangat supaya si lucu satu ini tidak mengalami kedinginan seusai dimandikan.

2. Memilih Sampo Kucing Tepat

Mengetahui jenis sampo itu sangatlah penting. Pasalnya setiap kucing memiliki tingkat ketebalan dan volume bulunya berbeda-beda, maka dari itu jenis sampo kucing juga berbeda.

Untuk jenis kucing yang mempunyai bulu yang tebal seperti kucing Persia dan Siberia, maka kucing tersebut membutuhkan jenis sampo yang lembut.

Sedangkan untuk kucing dengan kategori bulu pendek cenderung bisa dimandikan dengan berbagai jenis sampo kucing.

Saat menggunakan sampo kucing jangan lupa untuk memberikan beberapa tetes vitamin bulu, supaya bulu kucing tidak mudah mengalami rontok.

Namun, bila si manis ini sedang mengalami banyak kutu pada bulunya, Anda bisa menggunakan sampo anti kutu kucing.

3. Selalu Menggunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing supaya tidak berontak ialah dengan menggunakan air hangat.

Siapkan bak yang sudah terisi dengan air hangat, dan usahakan untuk ketinggian airnya tidak merendam seluruh tubuh kucing.

Memandikan kucing menggunakan air hangat berfungsi untuk menjaga mood kucing supaya tetap nyaman dan tidak membuatnya panik.

4. Buatlah Kucing Merasa Nyaman

Jika memandikan kucing merupakan pengalaman pertama kalinya, hal yang paling utama dalam memandikan kucing ialah untuk tidak membuatnya kaget dan merasa terancam.

Apabila Anda membuatnya kaget dan merasa terancam, tentu saja memandikan kucing menggunakan air hangat akan sia-sia karena dia sudah menganggap air merupakan musuh atau sebuah ancaman.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah meletakkan kucing tepat di samping bak, kemudian basahi secara perlahan dan lembut mulai dari bagian kaki, ekor, dan punggung kucing.

Basahi tangan dengan air hangat, kemudian gunakan untuk mengelus-ngelus bagian kepalanya.

Dengan gerakan yang tenang dan lembut tentunya akan menciptakan suasana santai serta nyaman, sehingga sang kucing tidak akan memberontak.

Baca juga:

5. Bersihkan Secara Menyeluruh

Bagian yang paling utama ketika memandikan kucing, yaitu pada bagian kaki dan kuping.

Kedua bagian ini merupakan bagian yang cukup sulit untuk dibersihkan, karena pada dua bagian ini memiliki beberapa celah kecil. Sehingga untuk membersihkannya juga membutuhkan penanganan yang ekstra.

Berikut ini cara membersihkan kucing pada area kaki dan telinga, antara lain:

Cara Membersihkan Telinga Kucing
  • Hal yang perlu diperhatikan ialah jangan mengguyur air ke arah kepala kucing, cukup gunakan tangan yang dibasahi air untuk menyeka bagian wajah.
  • Basahi tangan menggunakan air hangat lalu bersihkan bagian telinga kucing dengan cara diusap menggunakan jari tangan.
  • Untuk membersihkan telinga bagian dalam, Anda bisa menggunakan tisu atau kapas yang sebelumnya sudah dibasahi memakai air hangat.
  • Ketika kucing telah selesai mandi, Anda bisa membersihkan telinga kucing dengan Cutton buds dengan hati-hati.

Cara Membersihkan Bagian Kaki Kucing
  • Membersihkan kaki kucing dapat dilakukan menggunakan cara merendam kaki kucing tersebut kedalam air hangat.
  • Bersihkan bagian telapak dan sela-sela kaki kucing menggunakan jempol yang diusap secara perlahan dengan sedikit pijatan.
  • Jika terdapat kotoran yang melekat pada bagian sela-sela kuku, maka Anda bisa membersihkannya menggunakan Cutton buds.

6. Bilas Menggunakan Air Hangat

Setelah selesai menggosok tubuh kucing memakai sampo, cara memandikan kucing selanjutnya yaitu membilas tubuhnya menggunakan air hangat dengan cara membasuhnya.

Basuh sampo mulai dari leher hingga ke bagian ekor secara perlahan menggunakan air hangat.

Pastikan saat membilas tubuhnya sampai benar-benar bersih dari sisa sampo. Selanjutnya gosok memakai handuk kering.

7. Keringkan Badan Kucing dan Berikan Kasih Sayang

Keringkan bulu beserta bagian tubuh lainnya sampai benar-benar kering.

Jangan biarkan dia bermain atau berkeliaran di rumah dengan kondisi bulu yang masih basah kuyup, karena dapat berdampak terkena penyakit flu.

Untuk membantu proses pengeringan agar lebih cepat, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari yang teriknya tidak terlalu panas atau hangat.

Jika kucing yang Anda miliki bukan tipe kucing penakut, maka Anda bisa menggunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan bulunya yang masih basah.

***

Itulah ulasan mengenai cara memandikan kucing yang baik dan benar, agar si kucing tidak berontak saat dimandikan.

Semoga artikel di atas bisa membantu Anda dalam memandikan kucing kesayangan yang Anda pelihara. Terimakasih...