Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Budidaya Ikan Di Selokan Air Rumah | Bisa Jadi Peluang Bisnis Yang Sangat Menguntungkan!

Memanfaatkan selokan air depan rumah untuk budidaya ikan sudah mulai banyak dikembangkan di beberapa desa di Indonesia. Selain menguntungkan selokan bisa menjadi lebih bersih dan terbebas dari kesan kumuh. Caranya sangat mudah, kok! Yuk, simak tips membuat kolam ikan pada saluran air depan rumah di bawah ini !

Budidaya ikan tak hanya bisa dilakukan di akuarium, ataupun kolam seperti pada umumnya saja.

Akhir-akhir ini banyak masyarakat desa di Indonesia melakukan sebuah inovasi terbaru dalam melakukan budidaya ikan.

Terobosan terbaru yakni sebuah inovasi melakukan budidaya ikan pada selokan.

Padahal seperti yang kita ketahui, selokan-selokan yang terdapat di Indonesia terkenal dengan tempat yang kotor dan kumuh, karena sering dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga.

Namun ada beberapa kampung di Indonesia yang sudah berhasil membudidayakan ikan di saluran air depan rumah, anatara lain seperti Desa Klodran, Karanganyar, Kampung Mrican, desa Bendungan, serta masih banyak lagi desa-desa yang belum terekspos oleh media.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan Selokan air depan rumah untuk dijadikan kolam ikan?

Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

5 Cara Budidaya Ikan di Saluran Air Depan Rumah

Cara budidaya ikan di saluran air depan rumah


1. Bersihkan Selokan

Membersihkan selokan untuk budidaya ikan

Hal yang paling utama sebelum melakukan budidaya ikan dalam selokan depan rumah yaitu membersihkan saluran air tersebut dari berbagai jenis kotoran.

Pembersihan selokan dilakukan supaya ikan yang akan dibudidayakan dapat tumbuh dengan sehat.

Selain agar ikan bisa tumbuh dengan sehat, pembersihan selokan juga akan membuat tampilan dari saluran air depan rumah tampak bersih, indah, dan nyaman ketika dipandang serta terbebas dari bau tak sedap yang muncul dari selokan tersebut.

Sebaiknya untuk mempermudah serta mempercepat proses pembersihan selokan air, sebaiknya membersihkan selokan dilakukan dengan gotong royong bersama masyarakat lingkungan sekitar.

2. Membangun Kolam Ikan Pada Saluran Air

Membangun selokan untuk kolam budidaya ikan

Setelah melakukan pembersihan pada selokan air, maka langkah selanjutnya adalah membangun kolam ikan pada saluran air.

Cara menentukan ukuran pembangunan kolam ikan, misalnya selokan mempunyai lebar 2,5 meter, dikalikan dengan panjang pekarangan depan rumah misalnya 8 meter.

Langkah selanjutnya dalam pembuatan kolam di selokan sebaiknya jangan menutup seluruh permukaan selokan menjadi permanen.

Alangkah baiknya tiap beberapa meter berilah sekat. Pembuatan sekat bisa menggunakan besi, kawat ram atau menggunakan bambu yang dianyam.

Tujuan dari pembuatan sekat antara lain supaya ikan yang dibudidayakan tidak bisa kabur, mencegah sampah langsung masuk ke tempat budidaya ikan, dan untuk membedakan waktu panen ataupun penyortiran.

3. Pemilihan Jenis Ikan yang Cocok Untuk Dibudidayakan di Selokan

Pemilihan bibit ikan yang dibudidayakan di selokan

Langkah selanjutnya yakni memilih jenis ikan yang akan dibudidayakan di kolam selokan depan rumah yang sudah di buat.

Ada beberapa jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan di selokan diantaranya adalah ikan lele, ikan patin, ikan nila, ikan gurame, ikan mas, dan ikan kakap.

Akan tetapi dari beberapa jenis ikan diatas ada yang sensitif bahkan ada yang tidak bisa untuk hidup di lingkungan air kotor.

Maka dari itu, hal yang paling utama dalam membudidayakan ikan di selokan depan rumah yakni memperhatikan kondisi air dalam keadaan bersih.

Anda bisa membersihkan beberapa limbah yang terhanyut kedalam aliran air selokan setiap harinya, agar ikan yang dibudidayakan dapat tumbuh cepat dan sehat.

4. Memilih Bibit Ikan

Menebarkan bibit ikan di selokan

Setelah menentukan jenis ikan yang hendak dibudidayakan, kini saatnya Anda menentukan bibit ikan yang hendak di pelihara.

Anda bisa memasukan ikan dewasa untuk dijadikan indukan atau bibit ikan yang masih kecil untuk dibesarkan.

Namun, kembali lagi ke tujuan awal Anda dalam budidaya ikan, apakah hendak melakukan pembibitan atau pembesaran ikan.

Akan tetapi bila dihitung tingkat keefektifan waktu, akan lebih baik untuk memasukkan bibit ikan yang kecil, karena waktu yang dibutuhkan untuk membesarkannya jauh lebih singkat.

Selain itu Anda juga harus menghitung berapa banyak jumlah ikan yang sesuai dengan luas kolam selokan yang dibuat.

Pastikan jangan sampai melebihi kapasitas dari kolam tersebut yang akan berdampak ikan lebih lambat dalam pertumbuhannya.

Setelah melakukan penebaran bibit ikan, langkah selanjutnya yakni melakukan perawatan kolam dan kondisi air selokan tersebut.

Baca juga:

5. Pemeliharaan Ikan

Merawat ikan di selokan

Setelah selokan sudah dialih fungsikan sebagai kolam budidaya ikan, maka hal yang wajib Anda perhatikan yaitu pemeliharaan ikan.

Untuk pemeliharaan ikan sendiri Anda bisa memberinya umpan dengan pakan selain pelet yaitu seperti biscuit dan roti secara rutin 2-3 hari sekali.

Tahap selanjutnya hanya berlaku pada selokan air yang tidak mengalir.

Selokan yang tidak mengalir akan cepat membuat air di kolam menjadi keruh dan berbau, karena sisa makanan ataupun kotoran ikan.

Jika dalam kondisi tersebut alangkah baiknya untuk menguras air selokan tersebut dan menggantinya dengan air yang bersih dan baru.

Membersihkan air selokan yang sudah kotor, selain dapat membuat ikan menjadi tumbuh dengan sehat, tentunya akan memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar yaitu dapat menjaga kesehatan lingkungan sekitar dan menjadikan area sekitar selokan tampak lebih bersih, indah dan nyaman untuk dipandang.

Keuntungan Budidaya Ikan di Selokan

Keuntungan Budidaya Ikan di Selokan Air depan rumah

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh ketika memanfaatkan selokan menjadi kolam budidaya ikan.

Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh, diantaranya:

  1. Biaya yang dikeluarkan untuk budidaya ikan di saluran air relatif lebih murah.
  2. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
  3. Ikan yang dibudidayakan selain dapat membantu ekonomi masyarakat setempat, juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap warga.
  4. Bisa membudidayakan ikan dalam jumlah banyak secara bersamaan dengan warga setempat.

***

Nah, jadi itulah beberapa keuntungan dari budidaya ikan di selokan depan rumah.

Semoga artikel di atas bisa memberikan wawasan mengenai inovasi terbaru tentang budidaya ikan yang dapat meraup banyak keuntungan. Terimakasih....