Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aturan Tidur Siang Yang Wajib Diketahui Supaya Mendapatkan Manfaat Yang Maksimal

Tidur siang memang mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut ada beberapa aturan yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui beberapa aturan tidur siang tersebut, apakah Anda juga demikian? Yuk simak beberapa aturan tidur siang di bawah ini!

Semakin banyak penelitian tentang manfaat tidur siang, mempengaruhi stigma negatif mengenai aktifitas tidur siang yang kian hari semakin memudar dikalangan masyarakat luas.

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui betapa pentingnya manfaat tidur siang untuk rutinitas dan aktifitas sehari-hari.

Beberapa manfaat tidur siang yang paling mudah dirasakan oleh kita diantaranya adalah dapat meningkatkan kreativitas, ingatan, kewaspadaan, dan mampu menjaga mood.

Bahkan dibeberapa negara kegiatan tidur siang merupakan salah satu budaya komunal yang hampir dilakukan oleh setiap kalangan masyarakat.

Namun untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tidur siang, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi aturan tidur siang.

Masalahnya, bila Anda tidak memperhatikan aturan tidur siang di bawa ini, maka akan berdampak pada aktivitas yang kontraproduktif.

Karena tidur siang seenaknya tanpa aturan bukannya mendapatkan manfaat bisa menjadi lebih fokus dalam aktivitas, melainkan bisa membuat tubuh menjadi lemas serta pikiran tidak mampu untuk berkonsentrasi, sehingga akan timbul rasa malas.

Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada Anda kan?

Oleh sebab itu sebaiknya simak beberapa aturan tidur siang dan beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan di bawah ini!


Kapan Waktu Tidur Siang yang Baik?

Waktu yang paling tepat untuk melakukan tidur siang

Mungkin satu kalimat pertanyaan di atas akan membuat Anda kebingungan bukan?

Apakah tidur sebaiknya dilakukan setiap hari atau seperlunya saja?

Tidur siang merupakan godaan yang sangat menggiurkan, sehingga tidak heran jika kita sering curi-curi waktu hanya demi menunaikan tidur siang.

Terlebih bagi Anda yang sedang bekerja, bisa dikatakan setiap setelah selesai jam makan siang, godaan untuk tidur siang pasti akan datang dan menyerang bukan?

Berikut beberapa panduan paling utama dalam menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk menikmati tidur siang.

1. Ketika Tubuh Merasa Lelah dan Mengantuk

Dalam konteks ini rasa kantuk bukan seperti rasa yang biasa datang menghampiri, namun rasa kantuk yang muncul setelah melakukan pekerjaan yang melelehkan tubuh sehingga rasa mengantuk itu timbul.

Misalnya apabila ketika malam sebelumnya Anda lembur kerja sampai larut malam, atau di hari sebelumnya Anda telah memforsir tenaga untuk melakukan sebuah aktifitas, lalu pada pagi harinya tubuh merasakan kelelahan.

Nah, disaat seperti inilah Anda sangat membutuhkan waktu untuk istirahat dengan tidur siang.

2. Kurang Tidur di Malam Sebelumnya

Kurang tidur karena sebuah pekerjaan yang menumpuk serta menuntut untuk lembur, atau mengurusi anak yang tengah sakit, tentunya aktifitas tersebut sangat melelahkan bukan?

Tak hanya itu saja, kurang tidur dapat mengakibatkan pikiran sangat sulit untuk fokus dan bahkan sangat sukar untuk diajak berpikir dengan baik.

Itulah pertanda Anda sangat membutuhkan waktu untuk tidur siang supaya dapat mendongkrak performa kinerja otak Anda.

3. Jadwal Tidur Siang Rutin

Jadwal tidur siang rutin bukan diartikan Anda harus melakukannya setiap hari.

Tidur siang setiap hari justru akan mempengaruhi efektivitas tidur siang menjadi berkurang.

Sebaiknya jadwal rutin tidur siang Anda buat yaitu 3 kali dalam seminggu, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Sisanya, Anda bisa mengalokasikan waktu tidur siang sesuai dengan kebutuhan atau kondisi tubuh yang kelelahan.

Baca juga :

5 Aturan Tidur Siang yang Baik

Aturan dalam tidur siang yang paling baik

Setelah mengetahui beberapa waktu yang tepat untuk melakukan tidur siang, maka tibalah saatnya Anda menyimak aturan tidur siang yang baik menurut para ahli kesehatan.

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa, aturan tidur siang sangat perlu di perhatikan supaya bisa mendapatkan manfaat tidur siang yang semakin terasa dan efektif.

Berikut di bawah ini beberapa aturan tidur siang yang wajib Anda perhatikan!

1. Durasi yang Tepat Menurut Aturan Tidur Siang

Durasi waktu tidur siang yang baik yakni antara 10 sampai dengan 30 menit saja. Tidur siang dalam waktu yang lama justru hanya akan merusak kondisi emosi dan mood menjadi tak karuan.

2. Tidur Siang bukan Sore

Menurut ahli kesehatan tidur siang yang baik yaitu pada waktu tengah hari, karena tidak akan mempengaruhi atau mengganggu waktu tidur Anda pada malam hari.

3. Aturan Tidur Siang Melarang Berlebihan

Sesuaikan durasi dan waktu tidur siang dengan kebutuhan.

Saat berada di kondisi tertentu, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan tidur siang dengan kebutuhan serta kondisi tubuh yang ada.

4. Perhatikan Tempat Tidur

Dalam melakukan tidur siang Anda harus memperhatikan tempat yang hendak Anda gunakan untuk tidur.

Tempat tidur siang yang paling standar ialah tempat mempunyai kondisi tenang, gelap, suhu adem, dan jauh dari kebisingan atau keributan.

5. Beri Jeda Ketika Bangun Tidur

Hal yang penting yaitu ketika Anda baru saja bangun tidur siang, sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk melakukan aktifitas.

Anjuran dari para ahli kesehatan mengatakan setiap bangun tidur siang sebaiknya memberikan waktu jeda sebelum melakukan sebuah aktifitas, supaya otak dan tubuh bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada.

Cobalah untuk mempraktekkan beberapa aturan tidur siang yang ada di atas dalam kehidupan sehari-hari. Pasti Anda akan merasakan efek dan manfaat tidur siang yang lebih maksimal dan tentunya akan membantu mendongkrak produktifitas Anda!

***

Itulah beberapa aturan tidur siang yang wajib Anda perhatikan dalam sehari-hari.

Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi mengenai kapan waktu yang tepat untuk tidur siang dan beberapa aturan dalam tidur siang. Terimakasih...