Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Bangun Pagi Sangat Penting Untuk Kesehatan Tubuh Serta Membuat Anda Lebih Fokus dan Produktif!

Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk yaitu sering tidur larut malam dan bangun selalu kesiangan? Cobalah untuk merubah kebiasaan buruk itu. Karena dengan bangun pagi mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, loh!

Mempunyai kebiasaan bangun pagi bukanlah yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang hobi begadang dan tidur saat larut malam.

Anda bisa merubah kebiasaan tersebut dengan membiasakan diri untuk tidur paling malam pada pukul 22.00 dan usahakan pasang alarm pukul 05.00.

Pasalnya dengan membiasakan diri untuk bangun pada pagi hari ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, loh!

Membuat pola supaya dapat bangun pagi memang sangatlah sulit, terlebih bagi Anda yang seringkali tidur larut malam menjelang pagi.

Supaya Anda lebih semangat serta termotivasi untuk tidur lebih awal dan bangun pagi hari. Ayo! Simak beberapa manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan di bawah ini!


7 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

7 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan tidur malam lebih awal serta bangun lebih pagi dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Mengutip pernyataan dari University of Stockholm yang telah melakukan penelitian pada tahun 2010 menyatakan bahwa tidur lebih awal ditemukan hasil yang menarik.

Dari hasil penelitian tersebut, disebutkan bahwa orang yang kurang tidur akan mengalami mudah lelah, kurang atraktif, dan akan terlihat seperti orang yang kurang sehat.

2. Menikmati Udara Pagi yang Segar

Ketika bangun pagi, Anda pastinya akan menghirup udara segar di pagi hari yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Udara segar di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan paru-paru.

Karena udara segar yang Anda hirup di pagi hari mampu untuk membantu membersihkan paru-paru.

3. Mempunyai Waktu Lebih Banyak Untuk Beraktivitas

Saat bangun pagi hari tentunya Anda akan mempunyai waktu yang lebih luang sebelum memulai aktifitas ataupun pekerjaan.

Waktu luang tersebut bisa Anda gunakan untuk me time serta untuk menyiapkan diri sebelum melakukan aktifitas harian, seperti menyiapkan sarapan pagi, olahraga ringan, dan kegiatan positif lainnya.

4. Lebih Bahagia dan Terhindar dari Stress

Menurut penelitian Roehampton University, London yang dipublikasikan pada tahun 2011 terkait dengan tingkah laku pada orang dewasa menemukan bahwa orang yang sering bangun pagi cenderung lebih bahagia.

Selain bahagia, orang yang sering bangun pagi biasanya lebih teliti dan berat badannya cenderung lebih ideal.

Ketika seseorang mempunyai waktu yang luang di pagi hari tentunya bisa menghindari rasa terburu-buru, sehingga setiap aktifitas yang dijalankan akan berjalan dengan baik.

Tak hanya itu saja, mempunyai waktu luang akan membuat pikiran dan suasana menjadi lebih nyaman ketika mengerjakan sesuatu.

Dengan hal itu tentu akan menciptakan suasana yang tenang, nyaman, dan bahagia. Sehingga terhindar dari stress yang dapat menyebabkan suasana hati menjadi berantakan.

Baca juga:

5. Performa Saat Beraktifitas Menjadi Meningkat

Menurut hasil penelitian dari University Of Education, Heidelberg Jerman pada tahun 2010 yang lalu menyatakan bahwa seseorang yang sering bangun pagi akan mempunyai performa kerja yang jauh lebih baik.

Dari penelitian tersebut, orang yang bangun pagi dengan istirahat yang cukup maka dapat meningkatkan beberapa hal antar lain sebagai berikut:

  • Konsentrasi.
  • Memori.
  • Kemampuan dalam mengatasi sebuah masalah.

Jika dibandingkan dengan orang yang bangun siang karena tidur larut malam, orang yang bangun pagi dengan istirahat yang cukup mereka jauh lebih fokus dan produktif dalam menjalani aktivitas

Apabila orang dewasa akan lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya, sedangkan untuk anak-anak yang masih sekolah mereka akan lebih bagus dalam mendapatkan nilai di sekolahnya.

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat selain dengan perawatan, Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara tidur malam lebih awal dan bangun di pagi hari.

Pasalnya, kekurangan tidur bisa mengakibatkan kesehatan tubuh menjadi terganggu, selain itu juga akan membuat kulit menjadi lebih tua dan kusam.

7. Meningkatkan Produktivitas dan Konsentrasi

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dengan bangun pagi akan membuat kita lebih fokus sehingga performa dalam pekerjaan menjadi lebih optimal.

Tak hanya fokus, dengan bangun pagi akan membuat kita lebih produktif karena dapat mengerjakan sesuatu secara tenang dan nyaman, tanpa adanya rasa tekanan karena terburu-buru oleh waktu yang mendesak.

Otak yang masih fresh ketika pagi hari akan lebih fokus untuk digunakan dalam melakukan aktivitas di pagi hari.



***


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat bangun pagi.

Setelah tahu beberapa manfaat bangun pagi, jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan bangun pagi setiap harinya, oke?