Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Paling Efektif Dengan Bahan Alami

Kutu rambut seringkali membuat masalah dengan aktivitas keseharian seseorang, pasalnya tak hanya dapat mengganggu penampilan saja. Ketika kepala dihuni oleh kutu rambut, tentu saja akan menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Namun Anda tak usah khawatir, Yuk ikuti cara membasmi telur kutu paling efektif di bawah ini agar masalah gatal di kepala segera teratasi!

Hal utama yang membuat telur kutu sulit dihilangkan tak lain karena ukurannya yang kecil dan letaknya tepat menempel di setiap batang rambut, jadi tak aneh apabila telur ini sulit disisir dan ditemukan.

Akibatnya, kutu akan terus bertambah di kepala, sehingga akan membuat kulit kepala menjadi terasa sangatlah gatal.

Kutu rambut sangat mudah untuk menular ke orang lain, misalnya terjadi kontak fisik secara langsung dengan sang penderita. Selain itu penularan kutu bisa juga melalui media benda yang dikenakan oleh penderita, misalnya :

  • Topi
  • Sisir
  • Bantal
  • Handuk
Kutu tersebut akan berpindah melalui beberapa benda seperti di atas, kemudian kutu tersebut akan berkembang biak dengan cara bertelur di setiap batang rambut kita.

Tetapi Anda tidak usah khawatir, dengan melakukan perawatan yang tepat kutu beserta telurnya dapat dihilangkan dalam waktu sekitar 2 Mingguan, loh!

Berikut ini adalah cara menghilangkan telur kutu secara alami dan mudah, simak ulasannya!

Cara Menghilangkan Telur Kutu secara Alami

Cara menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan bahan alami yang paling efektif


1. Memakai Sisir Serit

Untuk mengatasi telur kutu pada rambut, Anda bisa menggunakan sisir serit.

Sebaiknya sebelum menyisir rambut menggunakan sisir serit, terlebih dahulu untuk keramas memakai sampo penghilang kutu.

Setelah itu, baru Anda sisir rambut dari kulit kepala sampai dengan ujung batang rambut.

Biasanya, telur beserta kutunya akan ikut menempel pada sisir serit tersebut.

Untuk membersihkan telur beserta kotoran lain yang ikut menempel pada sisir serit. Anda bisa merendam sisir tersebut ke dalam wadah yang berisikan air hangat selama kurang lebih 15 menit, supaya kutu beserta telurnya benar-benar hilang dari permukaan sisir.

2. Gunakan Semprotan Anti Kutu Rambut

Apabila Anda sudah melakukan cara yang pertama, namun selama kurun waktu 17 hari kutu beserta telurnya tidak kunjung hilang dari rambut. Maka Anda perlu mencoba menyemprotkan anti kutu rambut ke bagian kulit kepala.

Setelah melakukan penyemprotan, maka sisir rambut menggunakan sisir serit untuk menangkap kutu beserta telurnya yang berada di kulit kepala.

Lakukan kegiatan ini setiap seminggu sekali, hal ini supaya dapat mencegah timbulnya kutu beserta telurnya yang baru.

4. Oleskan Perasaan Lemon

Apabila Anda lebih menyukai cara alami untuk menghilangkan telur kutu rambut, maka Anda bisa menggunakan perasaan lemon untuk dioleskan ke rambut.

Oleskan air perasan lemon dari kulit kepala hingga pangkal batang rambut, kemudian diamkan dan tunggu sampai kurang lebih 10 menit.

Kandungan yang terdapat pada buah lemon bisa untuk menghilangkan zat pelekat telur kutu, sehingga dengan hal demikian telur kutu yang menempel pada batang rambut akan mudah lepas.

Setelah 10 menit, segera untuk membilas rambut memakai sampo supaya telur kutu yang ada di kepala cepat hilang.

4. Gunakan Sampo Tea Tree Oil

Senyawa yang terkandung dalam pohon teh dipercaya dapat membunuh dan menghilangkan kutu beserta telur-telurnya yang ada pada kepala.

Anda bisa memanfaatkan sampo minyak pohon teh, untuk keramas secara teratur supaya dapat membantu menghilangkan masalah kutu beserta telur-telurnya yang terdapat pada rambut.

Pastikan saat Anda sedang keramas menggunakan sampo ini untuk memijat seluruh bagian meliputi kulit kepala hingga rambut.

Baca juga:

5. Gunakan Semprotan Cuka

Untuk mengatasi masalah telur kutu rambut, Anda bisa memanfaatkan larutan cuka apel yang disemprotkan pada rambut, kemudian Anda bisa meratakannya dengan cara memijat lembut ke seluruh bagian kulit kepala agar terkena larutan cuka apel secara menyeluruh.

Setelah dirasa cukup rata, maka diamkan sampai kurang lebih setengah jam. Selanjutnya Anda bisa menyisir rambut menggunakan sisir serit.

Tak hanya cuka apel saja, cuka putih bisa Anda gunakan untuk mengatasi telur kutu pada bagian rambut.

Untuk cara membuat larutan cuka, Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih atau apel dengan air bersih. Kemudian larutan tersebut sudah siap untuk digunakan.

6. Oleskan Minyak Kelapa

Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa ternyata dapat membantu mengatasi masalah kutu rambut beserta telurnya.

Oleskan minyak kelapa pada seluruh bagian rambut secara merata, lalu diamkan selama setengah hari.

Selanjutnya, Anda bisa keramas dan pastikan sampai benar-benar bersih. Kemudian untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya, Anda bisa menyisir dari pangkal rambut sampai ke ujung rambut menggunakan sisir serit.

7. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut beserta telurnya menggunakan bahan alami yang terakhir adalah menggunakan minyak zaitun.

Untuk cara penggunaannya terbilang cukup mudah dan simpel, kok!

Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kulit kepala beserta rambut dari pangkal sampai ujung, setelah keramas pada waktu pagi hari.

Tutuplah rambut menggunakan penutup kepala dan diamkan selama satu hari, kemudian bilas menggunakan sampo.

Telur-telur kutu yang berada di rambut akan segera mati serta hilang dari kulit kepala dan batang rambut Anda.


***

Semoga informasi tentang cara membasmi kutu rambut beserta telurnya dengan bahan alami dapat membantu mengatasi masalah kutu rambut yang begitu gatal di kepala Anda. Terimakasih...