Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Cara Menanam Dan Merawat Bunga Keladi Agar Cepat Tumbuh Subur

Bagi Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias bunga keladi, bukan? Tanaman bunga ini seringkali menghiasi depan rumah. Lantas, apakah Anda juga tertarik untuk menanam bunga keladi di depan rumah? Apabila tertarik, silahkan baca cara menanam dan merawat bunga keladi disini!

Untuk saat ini banyak beranekaragam jenis tanaman keladi yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari tanaman keladi berdaun merah, hijau, atau bahkan yang berdaun hitam.

Banyak orang-orang yang menanam tanaman bunga keladi karena bentuk dan motif ataupun corak pada daunnya yang terkesan begitu unik dan menarik.

Dengan melakukan penanaman beserta perawatan yang baik tentu tanaman ini akan tumbuh dengan subur dan pastinya akan menjadi penghias rumah yang memberikan kesan keindahan.

Lalu, bagaimana cara menanam dan merawat bunga keladi yang baik dan benar?

Yuk, baca caranya di bawah ini!


Cara Menanam Bunga Keladi

Cara merawat dan menanam bunga keladi

Supaya mendapatkan tanaman bunga keladi tumbuh subur dan tampak lebih indah, maka Anda harus menanam dengan cara yang benar.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menanam mulai dari waktu penanaman, media tanam, pemberian pupuk dan yang paling tidak kalah penting yaitu kualitas bibit.


1. Menyiapkan Media Tanam Bunga Keladi

Media tanam bunga keladi

Pada umumnya tanaman ini seringkali ditanam menggunakan media tanam pot, supaya lebih mudah untuk dipindahkan.

Anda bisa memilih jenis beserta bentuk pot sesuai dengan selera Anda. Akan tetapi usahakan untuk membeli pot dengan ukuran sedang atau ukuran besar jauh lebih bagus, karena tanaman hias keladi dapat tumbuh cukup besar.

Setelah menyiapkan pot sebagai wadah atau tempat media tanam, maka tahap selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam beserta pupuk dasar.

Cara menyiapkan media tanam untuk satu tanaman bunga keladi dalam pot yaitu pertama-tama menggelar karung untuk dijadikan alas saat pencampuran media tanam.

Tuangkan tanah dan pasir ke atas karung yang sudah di gelar dengan perbandingan 3:1, selanjutnya tuangkan 100 gram Granule Bio Organic GDM Same.

Campurkan ketiga bahan tersebut hingga benar-benar tercampur secara merata, selanjutnya masukan media tanam yang sudah tercampur ke dalam pot.


2. Menyiapkan Bibit Bunga Keladi

Bibit bunga keladi

Bibit bunga keladi bisa Anda dapatkan dengan membeli di toko bunga terdekat atau bisa juga membeli di toko online.

Usahakan saat memilih bibit dengan ukuran sedang, yaitu tidak terlalu besar dan terlalu kecil.

Pastikan untuk memilih bibit dalam kondisi sehat dengan ciri-ciri memiliki warna daun cerah mengkilat, tidak cacat, serta tidak terjangkit penyakit maupun hama.

Dengan memilih bibit bunga keladi seperti ciri-ciri di atas supaya ketika tanaman bunga keladi saat di tanam dapat tumbuh subur dan sehat.


3. Tahap Penanaman Bunga Keladi

Cara menanam bunga keladi

Cara menanam bunga keladi tidak serumit yang Anda bayangkan. Untuk cara menanamnya bisa Anda simak sebagai berikut :

  • Buatlah lubang pada media tanam dengan kedalaman sekitar 2 sampai dengan 3 cm.
  • Masukan bibit bunga keladi kedalam lubang yang sudah di buat.
  • Tutup kembali lubang tersebut menggunakan tanah disekitar media tanam, kemudian tekan sampai padat agar tanaman tidak roboh saat di siram.
  • Siram tanaman bunga keladi dengan air yang sudah dicampur dengan GDM Black Bos dengan perbandingan 10 ml GDM Black Bos dan 1 liter air.
  • Langkah selanjutnya yaitu taruh tanaman tersebut di tempat yang teduh dan terbebas dari pancaran sinar matahari langsung, agar tanaman tidak layu kemudian mati.


Baca juga :

Cara Merawat Tanaman Bunga Keladi Supaya Dapat Tumbuh Subur

Cara merawat bunga keladi

Untuk melakukan perawatan bunga keladi sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dibilang cukup mudah.

Berikut ini beberapa cara merawat tanaman bunga keladi supaya dapat tumbuh dengan subur, antar lain sebagai berikut:


  • Letakkan tanaman bunga keladi ke tempat yang sesuai dengan karakter tanaman bunga tersebut. Karena ada beberapa jenis tanaman bunga keladi yang sangat menyukai tempat dengan pancaran sinar matahari langsung, akan tetapi ada beberapa jenis bunga keladi yang tidak menyukai sinar matahari secara langsung.
  • Siram tanaman bunga keladi sehari dua kali yakni pada waktu pagi dan sore hari.
  • Ketika tanaman masih berusia 0-1 tahun sejak ditanam. Pupuk tanaman bunga keladi tersebut menggunakan pupuk organik cair dengan takaran 20 ml dicampur menggunakan air kemudian siramkan ke tanaman tersebut. Lakukan penyiraman setiap seminggu sekali.
  • Buanglah daun yang sudah kering atau sudah terlalu tua agar tanaman tetap tampak indah dan supaya terhindar dari serangan hama ataupun penyakit yang disebabkan karena kelembapan yang tinggi.
  • Apabila tanaman bunga keladi yang Anda tanam sudah mengeluarkan anakan baru, maka Anda bisa memindahkan anakan tersebut untuk dijadikan bibit tanaman keladi baru.

Selamat mencoba untuk menanam dan merawat bunga keladi semoga tanaman yang Anda tanam dapat tumbuh dengan subur dan indah.

Jangan lupa untuk tetap semangat dalam mencoba serta tetap optimis dalam berfikir, dan jangan lupa berdoa saat berusaha. Terimakasih...