Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Paling Ampuh Dan Dapat Memanjakan Mata!

Tanaman hias merupakan salah satu pilihan alternatif sebagai penambah keindahan dan penyejuk lingkungan sekitar rumah. Selain diambil sebagai sarana dekorasi untuk mempercantik suasana dirumah, ternyata ada beberapa jenis tanaman hias yang mampu menciptakan suasana sekitar rumah menjadi lebih sehat, yaitu tanaman hias pembersih udara.

Terdapat beberapa jenis varian tanaman hias pembersih udara yang dapat diletakkan di dalam maupun diluar ruangan. Sehingga dapat menciptakan suasana sejuk dengan kualitas udara yang sehat di setiap sudut ruangan dalam rumah secara menyeluruh.

Lalu, jenis tanaman hias apa yang bisa dijadikan pembersih udara?

Yuk, simak beberapa jenis tanaman hias di bawah ini yang mampu menjaga kualitas udara yang baik.

Rekomendasi Tanaman Hias Pembersih Udara

Jenis-jenis tanaman hias pembersih udara

1. Tanaman Hias Lidah Buaya

Tanaman hias lidah buaya sebagai pembersih udara

Tanaman hias pembersih udara yang pertama adalah lidah buaya.

Lidah buaya atau Aloe Vera tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Tanaman hias lidah buaya selain mempunyai tampilan fisik yang unik dan menarik, tanaman lidah buaya juga tidak sulit dalam perawatannya.

Selain itu tanaman lidah buaya juga mampu menyerap benzena, formalin, dan bahan kimia berbahaya lainnya yang terkandung di udara sekitarnya.

Tanaman hias lidah buaya juga mempunyai beberapa khasiat lain seperti dapat menyembuhkan luka yang disebabkan oleh sengatann matahari.

2. Tanaman Hias Pakis

Tanaman hias pakis dapat dijadikan sebagai pembersih udara

Tanaman hias pembersih udara selanjutnya yaitu tanaman hias pakis.

Tanaman hias penyerap racun ini berasal dari daerah Amerika, Meksiko, dan Afrika.
Meskipun tanaman jenis ini bukan berasal dari Indonesia ternyata tanaman hias pakis dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

Tanaman hias pakis tidak suka dengan pancaran sinar matahari secara langsung, sehingga Anda dapat menempatkan tanaman hias ini dalam ruangan untuk dijadikan dekorasi dalam rumah.

Selain bisa dijadikan sebagai hiasan dalam rumah, tanaman hias pakis juga dapat menciptakan suasana yang segar dan terbebas dari polusi udara. Karena pada dasarnya tanaman pakis dapat menyerap racun yang ada di dalam udara.

3. Tanaman Hias Bunga Krisan

Tanaman hias bunga Krisan dapat digunakan sebagai pembersih udara

Bagi Anda yang menyukai beranekaragam ragam warna yang indah pada tanaman hias, namun bisa membersihkan udara menjadi lebih sehat dan segar maka tanaman bunga Krisan adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Tanaman bunga Krisan merupakan bunga yang berasal dari negeri Jepang. Bunga Krisan sendiri memiliki beberapa jenis warna yang indah diantaranya merah muda, merah, dan kuning.

Apabila Anda hendak menjadikan bunga Krisan sebagai dekorasi rumah dan pembersih udara dalam ruangan. Maka sebaiknya Anda jangan langsung menanam dalam ruangan.

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan yaitu menanam bunga Krisan dalam sebuah pot dan pelihara lah sampai tumbuh bunga. Barulah bunga Krisan dan Anda pakai sebagai hiasan ruangan dan menetralisir racun dalam udara di dalam ruangan rumah Anda.

Tanaman ini dapat menyerap polutan berbahaya meliputi benzena, formalin, amonia, dan xyline.

4. Tanaman Hias Suplir

Tanaman hias bunga Suplir digunakan sebagai pembersih udara

Suplir merupakan salah satu tanaman hias jenis tanaman paku hias modern yang dapat membersihkan udara dalam ruangan.

Meskipun tanaman hias Suplir sangat efektif membersihkan udara dalam ruangan, akan tetapi dari segi perawatannya cukup merepotkan.

Pasalnya Anda harus mengeluarkan tanaman ini setiap tiga hari sekali guna memenuhi kebutuhan asupan cahaya matahari pada tanaman hias ini.

5. Tanaman Hias Daun Ivy atau English Ivy

Tanaman hias daun Ivy dapat digunakan sebagai pembersih udara

Tanaman hias penghisap polusi udara yang berbahaya selanjutnya yaitu tanaman hias daun Ivy atau bisa dikenal dengan sebutan English Ivy.

Tanaman hias ini berasal dari daerah Eropa dan Asia Barat, tanaman hias satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Daun Ivy terkenal dengan kemampuannya yang dapat menyerap formalin yang sangat ampuh.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat menanam tanaman hias gantung ini ialah jangan sampai tanaman daun Ivy tersebut tumbuh merambat pada tembok rumah Anda. Karena bisa membuat tembok menjadi rapuh jika tanaman jenis ini dibiarkan merambat begitu saja.

Baca juga :

6. Tanaman Hias Hebras

Tanaman hias hebras dapat digunakan sebagai pembersih udara

Tanaman hias hebras terkenal dengan tampilan yang indah dan mempesona. 

Selain itu tanaman hias hebras mampu membersihkan trichloroethylene yang terkandung dalam udara secara optimal.

Sehingga tanaman hias jenis ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan dan penetralisir polusi udara dalam ruangan.

Tanaman hias herbras dapat Anda letakkan didalam ruangan sebagai tanaman pembersih udara dalam rumah. 
Akan tetapi jika Anda meletakkan tanaman ini di dalam rumah, maka hal yang perlu Anda lakukan yaitu untuk sesekali mengeluarkan tanaman hias satu ini ke luar ruangan guna untuk mencukupi kebutuhan asupan sinar matahari pada tanam hias hebras.

7. Tanaman Hias Peace Lily

Tanaman hias bunga peace lily dapat digunakan sebagai pembersih udara

Tanaman hias peace lily mampu membersihkan senyawa kimia yang terdapat pada udara antara lain meliputi formalin, benzena, dan zat VOCS.

Selain memiliki kemampuan dapat menyerap beberapa partikel-partikel berbahaya dalam udara. 
Tanaman hias peace lily juga mempunyai penampilan yang indah. 

Apabila Anda menaruh tanaman hias ini dalam sebuah ruangan, maka senantiasa akan menghadirkan kesan yang anggun karena warna putih pada bunga peace lily sangat menonjol. Sehingga ruangan tersebut akan tampil lebih elegan.

8. Tanaman Hias Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading dapat digunakan sebagai pembersih udara

Tanaman hias penyerap racun dalam udara selanjutnya yaitu tanaman hias sirih gading.

Tanaman hias sirih gading mempunyai batang yang menjuntai panjang, sehingga tanaman ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung, tanaman hias sirih gading paling jago dalam urusan membersihkan udara yang terkontaminasi oleh kandungan formalin.

Sehingga tanaman hias sirih gading dapat anda jadikan sebagai tanaman hias gantung yang dapat Anda manfaatkan khasiatnya untuk membersihkan udara sekitar rumah Anda.

9. Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua dapat digunakan sebagai pembersih udara

Selain mempunyai nama yang unik ternyata tanaman hias lidah mertua juga memiliki kemampuan yang tak kalah unik, yakni dapat membersihkan karbondioksida, nikotin, diloksin, formalin, benzena, dan masih banyak lagi beberapa partikel-partikel yang terkandung dalam udara.

Tak sampai disitu saja kehebatan dari tanaman lidah mertua. Salah satu kemampuan yang lebih ajib lagi yakni 5-6 lembar daun lidah mertua yang sudah dewasa dapat membersihkan udara ruangan sekitar dengan radius mencapai 100 m³, hebat bukan?

***

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Jenis-jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Paling Ampuh Dan Dapat Memanjakan Mata!. 

Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam menentukan pilihan tentang tanaman pembersih udara terbaik. Terimakasih.