Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Memulihkan Tanaman Hias Dalam Rumah Yang Layu. Terbukti Ampuh Mengembalikan Tanaman Layu Kembali Segar

Apakah Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengembalikan tanaman yang layu dalam rumah, akan tetapi tak kunjung berhasil?

Biasanya tanaman layu bisa terjadi lantaran beberapa hal, diantaranya bisa disebabkan oleh buruknya cuaca dan kesalahan ketika melakukan perawatan pada tanaman tersebut.

Namun, tak jarang juga ketika tanaman hias dalam pot yang baru saja dibeli bisa langsung layu dalam rentang waktu yang terbilang cukup sebentar.

Meskipun, Anda sama sekali tidak melakukan kesalahan apapun dalam cara perawatan tanaman hias dalam ruangan tersebut.

Tentu saja dengan hal ini membuat Anda semakin pusing dan bingung kan?

Namun, Anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi!

Berikut ini merupakan 5 tips mudah merawat tanaman hias dalam ruangan yang sudah dalam kondisi sekarat.

5 Cara Mengembalikan Tanaman Yang Layu Dalam Ruangan

Cara mengatasi Tanam hias dalam ruangan yang layu

1. Mengganti Pot Tanaman

Mengganti Pot Tanaman hias yang layu

Memindahkan tanaman dalam ruangan yang sudah layu atau sudah tidak segar lagi ke media tanam yang baru, ternyata hal tersebut dapat membantu tanaman untuk mendapatkan kehidupan yang baru.

Untuk mengganti Pot, maka carilah pit dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran pot sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya akar tanaman tersebut bisa tumbuh dan bisa lebih tahan lagi.

Dalam pergantian pot tersebut, hal yang perlu Anda perhatikan yaitu adalah bagian media tanam dengan sifat yang mudah menyerap air.

Apabila ada beberapa bagian yang membusuk seperti batang tanaman yang sudah membusuk serta daunnya sudah layu. Alangkah baiknya Anda memotong bagian tersebut agar tanaman tersebut tampak seperti baru lagi.

2. Cukupi Kebutuhan Asupan Sinar Matahari

Cukupi asupan Kebutuhan sinar matahari tanaman hias dalam ruangan

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari sangatlah penting bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Oleh sebab itu, tanaman yang layu bisa diakibatkan kekurangan sinar matahari dalam ruangan, atau bisa juga karena sinar matahari terhalangi oleh benda ataupun tanaman lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan pemotongan batang ataupun daun yang rimbun pada tanaman lain yang berpotensi menghalangi sinar matahari, supaya tanaman yang tidak mendapatkan asupan cahaya matahari tidak menjadi layu.

Apabila penghalang tanaman untuk mendapatkan asupan sinar matahari adalah tembok atau kanopi, maka dengan terpaksa Anda harus memindahkan tanaman tersebut ke tempat yang dapat paparan sinar matahari secara langsung.

3. Taruh Tanaman Di Tempat Yang Teduh

Letakkan tanaman hias layu ditempat yang teduh

Sinar matahari memang bagus untuk tanaman, akan tetapi bila berlebihan juga tidak begitu baik.

Apalagi untuk jenis tanaman hias dalam rumah yang tidak begitu membutuhkan asupan sinar matahari secara berlebihan.

Hal tersebut justru bisa menyebabkan tanaman hias indoor tersebut menjadi mati.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meletakkan tanaman hias tersebut ke tempat yang lebih teduh.

Taruhlah tanaman hias tersebut sampai benar-benar dalam kondisi segar dan tampak sehat dan jangan sekali-kali untuk menjemur tanaman pada saat sinar matahari sangat terik.

Baca juga :

4. Perhatikan Cara Penyiraman Tanaman

Perhatikan rutinitas penyiraman tanam hias

Tanaman yang layu bisa juga disebabkan karena Anda lupa untuk menyiram tanaman tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama, karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Umumnya tanaman disiram dua kali dalam sehari yaitu setiap pagi dan sore hari.

Tetapi, untuk sekarang ini ada banyak tanaman yang hanya membutuhkan penyiraman satu atau dua kali dalam seminggu yaitu dengan cara memodifikasi media tanam sedemikian rupa agar dapat menyimpan cadangan air.

Namun, hal yang paling utama yaitu Anda harus mengenali sifat dan karakteristik dari tanaman yang Anda tanam. Sehingga Anda tidak melakukan penyiraman secara berlebihan yang akan berdampak mati pada tanaman kesayangan Anda.

5. Pangkas Dan Berilah Pupuk

Lakukan pemupukan pada tanaman hias dalam ruangan

Tanaman hias dalam ruangan juga sangat membutuhkan perawatan yang ekstra dari segi penampilan.

Setelah Anda bisa menjaga penampilan dari tanaman hias yang ditanam, selain itu Anda juga harus memperhatikan kerapian tanaman hias tersebut.

Seperti halnya saat ranting tanaman mulai tumbuh panjang dan daun sangat rimbun, lakukanlah segera pemangkasan supaya tidak terlalu lebat dan dapat menganggu pemandangan dalam ruangan.

Cara tersebut selain dapat menjaga tampilan supaya tetap indah ketika dipandang, namun siapa sangka hal tersebut juga bisa untuk menghindari tanaman dari serangan hama yang menyerang tanaman.

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu Anda harus memperhatikan asupan nutrisi pada tanaman hias dalam ruangan kesayanganmu supaya tetap tumbuh dengan subur.

Untuk pemberian pupuk sendiri Anda harus memberikan pupuk yang mengandung kandungan nitrogen dan kalium.

Pasalnya kandungan nitrogen dalam pupuk sangatlah penting untuk keseimbangan pada tanaman. 

Sedangkan kandungan kalium pada pupuk berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tanaman ketika terserang penyakit maupun hama. 

Selain itu kandungan kalium yang terdapat pada pupuk juga berfungsi untuk menguatkan batang pada tanaman hias dalam rumah.

***

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan mengenai cara memulihkan tanaman hias dalam ruangan yang sudah layu. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung bagaimana cara mengatasi tanaman hias indoor yang layu.

Selamat mencoba dan semoga sukses...