Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Micin Untuk Tanaman Yang Belum Anda Ketahui dan Cara Menggunakan Micin Untuk Tanaman

Micin yang biasa dikenal sebagai bahan penyedap rasa, namun siapa sangka memiliki kaya akan manfaat bagi tanaman. Micin juga bisa dijadikan sebagai pupuk ramah lingkungan yang bisa membuat tanaman menjadi subur.

Micin atau Monosodium Glutamate(MSSG) yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap rasa pada masakan.

Micin mempunyai kandungan gula dan garam yang mampu menguatkan rasa makanan.

MSG atau Micin sendiri adalah jenis garam natrium atau sodium yang berbahan dasar dari asam glutamat yang berbentuk kristal kecil.

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan Micin secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya mengonsumsi untuk penyedap masakan dalam sehari-hari sebenarnya tidak apa-apa, asalkan dengan takaran yang wajar dan tidak berlebihan.

MSG selain berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, ternyata bermanfaat untuk tanaman. Seperti tanaman dengan postur tubuh yang kecil misalnya seperti tanaman sayuran dan buah-buahan.

Penasaran, apa sajakah manfaat Micin untuk tanaman?

Yuk, simak lebih lanjut mengenai manfaat Micin sebagai penyubur tanaman sebagai berikut :

5 Manfaat Micin Untuk Tanaman

Manfaat Micin Untuk Tanaman

1. Meningkatkan Kadar Air Pada Tanaman

MSG atau Micin dapat meningkatkan kadar air pada tanaman. Tentu saja hal ini dapat mencegah tanaman mengalami kekurangan air.

Hal itu bisa terjadi karena kandungan senyawa natrium yang terdapat pada Micin.

2. Dapat Mempercepat Pertumbuhan Bunga Pada Tanaman

Kandungan senyawa natrium yang terdapat pada Micin dapat mempercepat proses pembungaan pada tanaman khususnya tanaman sayur dan tanaman hias.

Apabila bunga yang tumbuh pada suatu tanaman, maka secara otomatis akan menghasilkan buah yang banyak juga.

Dalam hal ini yang perlu Anda ingat jangan pernah memberikan Micin pada tanaman yang sedang berbuah.

3. Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Micin juga dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman. Hal ini bisa terjadi karena kandungan nitrogen yang terdapat Micin dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman seperti pertumbuhan pada daun, cabang, dan batang tanaman.

Sedangkan waktu yang terbaik untuk memberikan Micin pada tanaman yaitu ketika tanaman berusia 2 Minggu setelah masa tanam.

Apabila Anda memberikan Micin pada tanaman yang sedang berbuah, maka hal ini dapat mempengaruhi rasa buah ketika di panen.

Akibatnya, rasa buah tersebut jadi kurang segar karena rasa buah tersebut menjadi sedikit gurih atau asin.

4. Tanaman Lebih Tahan Dari Penyakit

Micin juga bermanfaat pada tanaman supaya dapat lebih tahan terhadap penyakit yang menyerang.

Karena kandungan kalium yang terdapat pada Micin dapat meningkatkan pertahanan serta kekuatan untuk menahan penyakit atau hama yang menyerang pada tanaman tersebut.

Selain itu, kandungan kalium pada Micin dapat berfungsi untuk mengatur pembukaan serta penutupan stomata pada tanaman, meningkatkan fotosintesis, dan metabolisme pada tanaman.

5. Micin Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Selain berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, Micin juga dapat digunakan sebagai pupuk pada tanaman yang ramah lingkungan.

Micin dengan bentuk kristal apabila dilarutkan ke dalam air dan digunakan untuk menyiram tanaman maka tidak akan mempengaruhi serta merubah warna pada tanah.

Tanaman yang diberikan Micin akan tampak lebih sehat, segar dan berdaun lebat.

Hal itu bisa terjadi karena kandungan senyawa C, H, O dan Na yang terdapat pada Micin.

Baca juga :

Cara Pemberian Micin Pada Tanaman

Anda bisa memberikan Micin sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat Micin pada tanaman yang Anda budidayakan sendiri.

Untuk pemberian Micin pada tanaman sendiri terbilang cukup mudah, yuk simak cara penggunaan nya.

Cara penggunaan Micin pada tanaman:

  • Bubuhkan Micin sebanyak 5 gram pada ember kecil.
  • Tuangkan 1 liter air bersih.
  • Selanjutnya, aduklah air dalam ember tersebut hingga Micin kristal sepenuhnya larut kedalam air.
  • Selanjutnya, gunakan larutan tersebut untuk menyiram tanaman yang baru berusia 2 Minggu. Larutan tersebut digunakan untuk satu tanaman.
  • Apabila Anda mempunyai banyak tanaman, maka Anda harus membuat larutan tersebut dengan jumlah lebih banyak dengan kelipatan jumlah tanaman yang Anda miliki.
  • Cara alternatif untuk membuat daun pada tanaman menjadi lebat dan tampak berwarna hijau segar, maka Anda bisa menggunakan larutan tersebut untuk menyemprot bagian daun tanaman.

Manfaat Micin Sebagai Pupuk Tanaman

Seperti halnya yang sudah kami jelaskan diatas. Menggunakan Micin sebagai pupuk jauh lebih ramah lingkungan dan dapat menyuburkan tanaman.

Selain itu, tanaman yang diberikan pupuk Micin akan lebih sehat dan kuat terhadap serangan hama ataupun penyakit tanaman. Sedangkan buahnya dapat tumbuh dengan bagus.

Yuk, simak bagaimana cara membuat pupuk dari Micin sebagai berikut.

Cara pembuatan pupuk menggunakan Micin :

  • Larutkan Micin kedalam segelas air sebanyak antara 1 sampai dengan 2 gram.
  • Setelah Micin terlarut pada air, kocorkan larutan tersebut pada akar tanaman dengan dosis antara 50 sampai dengan 100 cc per tanaman. Hal ini dapat disesuaikan dengan ukuran dan usia tanaman.
  • Sedangkan rasio pemberian kocoran larutan Micin dapat dilakukan setiap 7 hari sekali. Alangkah baiknya apabila sedang melakukan pengocoroan tanaman menggunakan larutan Micin usahakan jangan mencampur dengan pupuk kimia lainnya, supaya Anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan tanaman tersebut.
Sedangkan untuk penyemprotan daun memakai larutan Micin dengan dosis 1gram/300 cc air bersih. Untuk jarak penyemprotan yaitu setiap 5 hari sekali.

Khusus tanaman hias, apabila tanaman sudah tumbuh dengan subur, maka sebaiknya untuk penggunaan pupuk Micin di hentikan saja kemudian gantilah menggunakan pupuk kompos.

Selamat mencoba menggunakan micin sebagai pupuk tanaman semoga sukses. Jangan lupa tetap semangat dalam mencoba serta tetap optimis dalam berfikir, dan jangan lupa berdoa ketika berusaha. Terimakasih...