Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Blogdaffa.com - Buah nangka merupakan buah yang sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia, baik masyarakat desa maupun perkotaan. Hal ini di karenakan buah nangka sangat mudah kita temukan di pasar tradisional maupun super market, tak hanya itu saja pohon buah nangka sangat mudah tumbuh dan sangat mudah di jumpai di pedesaan.

Buah nangka memiliki aroma yang khas ketika sudah matang, daging buah berwarna kuning, dan memiliki rasa yang manis. Buah nangka yang masih muda bisa juga untuk di sayur, misalnya gudeg. Gudeg sendiri merupakan kuliner khas kota Yogyakarta yang sangat di kenal hingga mancanegara. Selain itu buah nangka yang sudah matang bisa di campur dengan aneka olahan makanan antara lain : es campur, kolak, es buah, es teler dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda, selain banyak cara penyajian buah nangka entah itu buat topping sebuah makanan, atau dimakan secara langsung, ternyata buah nangka ini mengandung manfaat karena nutrisi yang dikandungnya untuk kesehatan seperti serat, karbohidrat yang kompleks, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C hingga mineral.

Dengan banyaknya kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral, protein, kaya akan serat, dan protein, tentunya buah nangka sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Lantas apa saja manfaat buah nangka untuk menjaga kesehatan tubuh kita?
Yuk simak ulasan di bawah ini:

7 Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh Manusia yang jarang anda ketahui.

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh kita

1. Mengurangi Resiko terkena Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mengeringkan bukan?
Banyak di belahan dunia manapun berusaha untuk menghindari tumbuhnya sel kanker dalam tubuhnya.

Untuk antisipasi tumbuh nya sel kanker dalam tubuh, maka tak ada salahnya mencegah dengan mengonsumsi buah nangka, karena buah nangka bisa dijadikan obat alami sebagai pencegahan terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Karena dalam buah nangka mengandung kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C yang berperan sebagai anti penuaan serta anti kanker. Sehingga ketika mengonsumsi buah nangka nutrisi yang terkandung dalam buah nangka tersebut akan diserap oleh tubuh maka secara alami akan menjadi antibodi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang membahayakan tubuh kita.

Serta kandungan antioksidan dalam buah nangka mampu menangkal efek negatif radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu saja manfaat antioksidan dalam buah nangka dapat berperan sebagai meregenerasi sel yang telah rusak diakibatkan oleh radikal bebas dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit berbahaya lainnya termasuk kanker.

Selain dengan mengonsumsi buah nangka, kami merekomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengatur pola makan yang kaya akan nutrisi serta rajin berolahraga agar tubuh sehat baik dari luar dan dalam.

2. Mencegah Anemia

Selain dikenal sebagai buah yang bernutrisi dan kaya akan kandungan antioksidan yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit kanker, ternyata buah nangka mempunyai manfaat untuk mencegah Anemia atau kekurangan darah.

Untuk pencegahan anemia khasiat dan manfaat buah nangka tidak perlu di ragukan lagi kemanjurannya, karena kandungan zat besi yang terdapat pada buah nangka sangat efektif untuk mencegah terjadinya anemia.

Apabila buah nangka dikonsumsi baik secara langsung atau disajikan dengan berbagai macam jenis olahan dalam jumlah wajar alias tidak berlebihan tentu saja buah nangka akan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kebutuhan tubuh. Buah nangka yang dikonsumsi akan dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu dan menjaga sirkulasi aliran darah menjadi lebih baik, dan gejala atau penyebab Anemia yang akan menyerang tubuh tentunya akan teratasi dengan mudah, berkat buah nangka.

3. Membantu menjaga serta merawat kesehatan tulang

Tulang merupakan bagian penting dari tubuh untuk melakukan aktifitas setiap harinya. Tentu saja kesehatan tulang wajib kita perhatikan. Karena dengan mempunyai tulang yang sehat dan kuat akan mempermudah kegiatan yang kita lakukan setiap saat.

Dengan memakan buah nangka maka secara tidak langsung Anda telah membantu menjaga serta merawat kesehatan tulang dalam tubuh anda, hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium yang terdapat pada buah nangka mampu membuat tulang anda menjadi lebih sehat dan kuat sehingga tulang Anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Selain dapat membantu merawat tulang khasiat buah nangka juga memberikan sumber energi bagi tubuh. Karena kandungan gula alami yaitu sukrosa dan fruktosa yang terdapat pada buah nangka merupakan salah satu sumber energi alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Karena kandungan gula yang alami tentu anda tidak perlu mengkhawatirkan dalam mengonsumsi buah nangka akan menyebabkan kolesterol dan gula darah menjadi naik. Karena dalam buah nangka tidak mengandung kolesterol tinggi, atau lemak jenuh sehingga aman apabila anda konsumsi untuk setiap harinya.

4. Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit

Khasiat buah nangka selanjutnya dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan tubuh.

Sembelit memang sebuah hal yang sangat menjengkelkan, selain rasa sakit yang tak tertahankan sembelit juga dapat menghambat aktifitas lainnya.

Oleh karena itu dengan mengonsumsi buah nangka baik secara langsung atau disandingkan dengan aneka olahan lainnnya masalah sembelit akan mudah teratasi. Dalam setiap buah nangka mengandung serat dan karbohidrat kompleks sehingga dapat berfungsi sebagai prebiotik yang dapat memicu pertumbuhan bakteri baik yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Manfaat buah nangka lainnnya yang mungkin sangat jarang orang ketahui yakni mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan kulit dan mata.

Hal itu disebabkan dalam satu buah nangka mengandung vitamin A dan sumber energi alami. Sehingga secara tidak langsung akan membantu menjaga, memelihara kelembutan kulit dan kesehatan pada mata.

Sehingga mata Anda menjadi lebih terawat dan sehat secara alami, maka dengan mengonsumsi buah nangka mampu mencegah gangguan dan masalah penglihatan anda seperti rabun dekat, rabun, senja dan degenerasi makula.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nangka, maka tubuh akan mampu menghasilkan kolagen yang dapat membuat kulit lebih kencang dan anti penuaan dini.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan supaya dapat terhindar dari berbagai serangan virus yang menimbulkan beraneka ragam jenis penyakit bahaya.

Untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka buah nangka merupakan salah satu pilihan alternatif alami yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Saat mengonsumsi buah nangka dengan jumlah yang tepat maka nutrisi antioksidan yang terkandung dalam buah nangka akan membantu membentuk imun tubuh yang berfungsi sebagai anti bodi.

Hal ini secara tidak langsung, anda telah melindungi diri anda dari berbagai jenis bakteri dan infeksi virus dalam tubuh anda.

7. Membentuk berat badan yang ideal

Buah nangka dapat disajikan dengan beranekaragam jenis olahan sehingga mampu menciptakan aneka cita rasa yang baru dan menggoda selera makan.

Apabila anda sedang memakan buah nangka baik langsung atau dengan olahan lainnnya. Maka yang perlu anda ingat adalah perut anda akan merasakan cepat Kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini diakibatkan oleh kandungan tinggi akan serat dan protein. Sehingga buah nangka ini sangat cocok untuk anda yang sedang berusaha membentuk tubuh ideal, karena kadar kalori buah nangka terbilang cukup rendah. 

Wel, itulah ulasan tentang manfaat buah nangka untuk menjaga kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga artikel diatas memberikan sedikit informasi dan Manfaat untuk anda. Jangan lupa klik tombol share dibawah agar teman atau kerabat dan sanak saudara anda tahu tentang khasiat dan manfaat buah nangka yang baik untuk kesehatan tubuh.