Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Jenis Kura Kura Jinak Yang Dapat Dijadikan Peliharaan Di Rumah

Bagi Anda yang mempunyai hobi memelihara binatang khsusnya reptil, maka tak ada salahnya untuk mencoba memelihara kura-kura. Ada beberapa jenis kura-kura jinak yang dapat Anda jadikan teman bermain dirumah.

Tak hanya bisa dijadikan binatang peliharaan saja, ternyata corak dari cangkang kura-kura memiliki beberapa motif dan corak yang sangat unik apabila dijadikan sebagai dekorasi di rumah Anda.

Walaupun ada beberapa jenis kura-kura yang berpenampilan sangar dan terlihat menyeramkan, akan tetapi hewan ini dapat Anda pelihara dengan aman.

Untuk cara memelihara kura-kura sendiri tidaklah sulit, bahkan tergolong cukup mudah yaitu Anda hanya perlu mempersiapkan kandang dan makanannya saja.

Inilah rekomendasi jenis kura-kura yang dapat dijadikan peliharaan di rumah antara lain, sebagai berikut :

Jenis Kura Kura Peliharaan

1. Red Ear Slider

Kura-Kura Brazil

Red ear slider atau sering kali disebut dengan kura-kura RES atau kura-kura brazil.

Kura-kura ini berasal dari Amerika Utara, dan kura-kura brazil sangat populer di Indonesia karena sangat mudah dijumpai di pedagang ikan ataupun akuarium. 

Selain mudah dijumpai, kura-kura ini cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga dapat dengan mudah untuk beradaptasi pada tempat barunya, dan untuk harga kura-kura brazil yang masih ukuran baby kisaran Rp. 35.000 - Rp. 100.000.

Ciri-ciri kura-kura brazil yaitu mempunyai garis merah pada bagian telinganya, dari sinilah kura-kura ini dinamai dengan Red Ear Slider (RES).

2. Kura-Kura Pardalis (Leopard Tortois)

Kura-Kura Pardalis (Leopard Tortois)

Kura-kura Pardalis atau sering disebut leopard tortois yang memiliki ciri-ciri pada bagian batoknya bercorak layaknya seperti macan tutul. 

Kura-kura ini berasal dari Afrika, dan masuk kedalam kategori kura-kura darat. Maka dari itu kura-kura ini sangat menyukai tempat yang kering dan suhu yang cukup panas.

Apabila Anda minat untuk memelihara kura-kura jenis ini, maka yang perlu Anda persiapkan yaitu wadah yang hangat. Untuk memberikan nuansa hangat Anda bisa membeli lampu UV A dan UV B.

3. Kura-Kura Aldabra

Kura-Kura Aldabra

Aldabra merupakan kura-kura yang berasal dari afrika. Pada habitat aslinya kura-kura Aldabra hidup di semak belukar, rerumputan dan hutan bakau.

Ciri-ciri kura-kura aldabra yaitu mempunyai tempurung berwarna hitam, corak tidak mencolok, dan leher tidak panjang.

Kura-kura ini masuk kategori kura-kura terbesar di dunia. Untuk harganya sendiri terbilang cukup fantastis, hal ini dikarenakan belum ada breeder di Indonesia yang berhasil untuk ternak. Umumnya kura-kura aldabra yang dijual merupakan kura-kura hasil import dari Afrika, jadi sangat wajar jika harganya mahal.

4. Kura-Kura Indian Star Tortois

Kura-Kura Indian Star Tortois

Kura-kura jenis ini memiliki corak berbentuk seperti bintang.

Kura-kura Indian Star Tortois dapat tumbuh besar hingga panjang mencapai 38 cm dan untuk beratnya bisa mencapai 8 kg ketika usianya telah menginjak dewasa.

5. Kura-Kura Sulcata

Kura-Kura Sulcata

Kura-kura sulcata adalah kura-kura yang berasal dari Afrika yang hidup pada padang pasir.

Meskipun pada habitat aslinya pada daerah gurun yang cukup panas, namun kura-kura ini dapat dipelihara pada darah yang mempunyai iklim tropis seperti di Indonesia.

Kura-kura ini termasuk hewan herbivora yang berarti dia makan tumbuh-tumbuhan, meskipun banyak juga yang memberinya makan pelet.

Untuk kura-kura sulcata dapat tumbuh menjadi sangat besar dan tentu berat tubuhnya akan sangat berat.

Baca Juga :

6. Kura-Kura Ambon

Kura-Kura Ambon

Kura-kura ini sangat mudah untuk dipelihara. Selain itu kura-kura ini harganya sangat terjangkau.

Kura-kura ambon terdapat 2 jenis yaitu kura-kura ambon batok dan kura-kura ambon ceper.

7.  Kura-kura Aligator Snapping 

Kura-kura Aligator Snapping

Kura-kura ini sering disebut dengan kura-kura AST (Aligator Snapping Turtle).

Untuk jenis kura-kura ini selain mempunyai bentuk tubuh yang menyeramkan, kura-kura ini termasuk jenis kura-kura predator yang memakan daging.

Bagi Anda yang hendak memilhara kura-kura ini haruslah berhati-hati karena kura-kura ini akan menggigit apapun yang berada di dekatnya, termasuk tangan Anda.



Itulah 7 Jenis kura-kura yang dapat dijadikan peliharaan di rumah.

Apabila Anda hendak membeli kura-kura pastikan untuk tidak membeli jenis-jenis kura-kura yang dilindungi. Karena tindakan tersebut dapat dipidanakan.