Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri-Ciri Murai Medan Asli Dengan Kualitas Terbaik Yang Harus Kicau Mania Tahu !

Ciri-ciri burung Murai Batu Medan bagi para senior burung kicauan, tentunya sudah sangat paham bagaimana ciri-ciri burung Murai Batu Medan bukan?

Akan tetapi bagi penghobi yang masih baru mulai terjun ke dunia kicauan mungkin masih mengalami kesulitan untuk menentukan bagaimana ciri-ciri murai batu Medan asli dengan kualitas yang terbaik.

Murai Batu Medan adalah satu jenis burung yang memiliki kicauan merdu oleh sebab itu burung ini seringkali jadi buruan bagi para pecinta burung kicauan. Burung Murai Batu Medan mempunyai bentuk tubuh yang eksotis dengan ekor yang panjang.

Selain itu, kualitas suara kicauan sangat merdu yang khas dan istimewa merupakan salah satu ciri-ciri Murai Batu Medan. Oleh sebab itu, burung ini mempunyai harga jual yang tinggi, apabila dibandingkan dengan burung dari keluarga murai lainnya.

Jadi, bagi para penghobi yang masih belum begitu paham betul tentang bagaimana ciri-ciri burung Murai Batu Medan yang asli dengan kualitas baik dan bagus.

Maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan ini, karena kami akan kupas tuntas mengenai ciri-ciri burung murai batu Medan asli yang tentunya dengan kualitas yang bagus.

Adapun ciri-ciri murai batu Medan asli akan kami uraikan sebagai berikut ini :

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Dengan Kualitas Terbaik

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli yang berkualitas tinggi

Apabila Anda hendak membeli burung Murai Batu, namun belum mengetahui bagaimana ciri-ciri burung murai batu Medan asli serta memiliki kualitas yang bagus.

Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan nya dengan sedetail mungkin.

Pada dasarnya saat memilih burung murai batu supaya mendapatkan burung dengan kualitas yang bagus dapat kita ambil 9 poin yang dapat dijadikan sebagai patokan.

Apabila dari semua kriteria tersebut memenuhi, maka bisa dipastikan murai batu tersebut berkualitas bagus. Akan tetapi, jika hanya setengah saja yang masuk kriteria, atau bahkan kurang maka Itu tandanya murai batu tersebut jauh dari kata berkualitas.

1. Ciri-Ciri Fisik Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu Medan yang pertama dapat dinilai dari postur dan bentuk tubuhnya. Fisik serta postur tubuh burung murai batu Medan umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan jenis murai batu lainnya.

  • Meskipun burung murai batu Medan memiliki postur tubuh yang besar, tetapi dari segi tampilan burung tersebut tetap ideal. Hal ini karena diimbangi dengan ekor panjang menjuntai, sehingga burung ini terlihat lebih ideal.
  • Selian memiliki postur tubuh yang besar dapat memberi kesan terlihat menjadi lebih gagah. Ternyata dengan ukuran tubuh yang lebih besar dapat menghasilkan suara kicauan yang lebih berkualitas jika dibandingkan dengan murai batu jenis lainnya.

2. Bentuk Kepala dan Postur Murai Batu Medan

Ciri-ciri murai batu Medan berkualitas bagus yang kedua dapat dilihat dari segi bentuk kepalanya. Bentuk kepala dari burung murai batu Medan akan terlihat jauh lebih indah apabila dibandingkan dengan burung murai jenis lainnya.

  • Apabila burung murai batu Medan yang berkualitas bagus ketika saat berdiri kepalanya akan selalu ditegakkan. Dengan pose demikian maka akan terlihat tingkat kematangan serta keindahan burung murai batu yang sangat mempesona.
  • Kepala yang mendongak akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sehingga hal ini perlu Anda pertimbangkan, terlebih lagi jika burung tersebut akan di jadikan pajangan maupun diturunkan ke perlombaan.

3. Bentuk Ekor dan Gerakan Ekor burung Murai Batu Medan

Ekor murai batu Medan memang lebih panjang dari burung jenis murai lainnya. Akan tetapi, pada ekor tersebut ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa burung murai batu tersebut berkualitas atau tidak, diantaranya :

  • Panjang ekor burung murai batu Medan antara 26 cm - 35 cm.
  • Ketika berkicau ekornya akan terangkat keatas secara sempurna.

4. Kombinasi Warna Burung Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu Medan asli selanjutnya terletak pada bagian warna bulunya.

Warna bulu murai batu Medan pada umumnya berwarna coklat tua, atau hitam abu-abu yang cukup dominan pada bagian dada. Sedangkan untuk bagian badan lainnya seperti bagian kepala, leher, dan sayap berwarna hitam pekat.

  • Perpaduan warna coklat tua dan hitam yang ada pada murai batu Medan dapat Anda lihat dengan cukup jelas. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam melihat serta membedakan mana murai batu Medan asli atau palsu.
  • Khusus untuk burung murai batu Medan yang berkualitas bagus akan mempunyai bulu yang rapi, tidak rontok dan untuk dari segi warnanya berkilauan. Apabila Anda hendak mencari burung murai batu yang akan diikutsertakan lomba atau mau dijadikan sebagai indukan maka pilihlah dengan ciri-ciri kombinasi warna seperti diatas.

5. Kicauan Khas Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu Medan yang berkualitas selanjutnya dapat dinilai dari kicauan yang dihasilkan.

Burung murai batu Medan terkenal dengan suara kicauan yang sangat khas dan merdu. Dari segi inilah yang membuat harga jual burung murai batu Medan menjadi tinggi.

Apabila suara kicauan burung murai batu Medan terdengar lebih keras, panjang, dan jernih, maka bukanlah hal yang tidak mungkin apabila harganya dibandrol lebih mahal.

  • Jenis suara dari burung murai batu Medan sangat mudah untuk dikenali karena memiliki intonasi suara yang sangat jelas dan juga keras.
  • Dari segi kicauan murai batu Medan cukup banyak variasi yang unik dan dapat berkicau berulang dan terus menerus.
  • Burung murai batu memang memiliki banyak variasi jenis suara kicauannya, sehingga burung ini dapat dijadikan burung kontes dan master burung lain. 
  • Untuk menghasilkan suara yang jernih dan ngekek dengan durasi panjang, hal tersebut dapat dilatih. Akan tetapi harus diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi.
  • Untuk memberikan pakan yang bergizi Anda bisa memberikan seperti ulat Hongkong dan kroto. Ulat ini dapat dibeli di toko pakan burung terdekat, atau Anda bisa membudidayakan ulat Hongkong sendiri di rumah.
Baca juga :

6. Motif dan Corak Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu selanjutnya dapat di lihat dari bagian ekornya. Biasanya burung murai batu Medan memeliki 4 pasang bulu ekor yang berwarna putih pada bagian kanan dan kiri.

  • Apabila Anda hendak membedakan burung murai batu Medan asli atau bukan dapat dilihat dari bagian ekornya. Pada bagian ekor burung murai batu Medan terdapat corak putih yang menyerupai huruf "U" dan pada bagian tengahnya terlihat seperti terpotong. Selain itu, terdapat corak hitam berupa strip panjang hingga pangkal ekor.
  • Meskipun ciri khas dari burung murai batu Medan terlihat sekilas sama saja dengan burung murai lainnya. Akan tetapi, dengan ciri khas inilah yang akan membantu Anda untuk mempermudah membedakan antara burung murai batu Medan asli atau bukan.
  • Apabila Anda mencari burung murai batu Medan untuk digunakan dalam kompetisi perlombaan maka saran saya untuk memilih burung murai batu dengan corak yang terlihat jelas.
  • Selain itu pilihlah bagian ekor berwarna putih bersih dan nampak terlihat berkilau. Sedangkan untuk jumlah motif nya terhitung sama banyak nya atau presisi dan identik antara kanan dan kiri.

7. Bulu Hitam Murai Batu Medan Terlihat Berkilauan

Ciri-ciri burung murai batu Medan selanjutnya yang tak kalah penting yakni pada bagian warna hitam terlihat lebih mengkilap. 

  • Warna pada burung murai batu akan terlihat bagus apabila pada bagian warna hitam tersebut terlihat berkilauan, terlebih lagi apabila terkena sinar matahari maka akan terlihat lebih jelas warna hitam mengkilap yang nampak agak kebiru-biruan.
  • Warna yang mengkilap seperti ini tentu saja akan menambah daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung kicauan. Karena sangat memanjakan mata, oleh sebab itu apbila Anda mencari burung murai batu Medan carilah yang bercorak demikian.

8. Warna Kaki Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu Medan asli selanjutnya yakni warna pada kaki burung murai tersebut. Pada umumnya burung murai batu Medan memiliki warna pada bagian kaki yaitu merah kecoklatan, akan tetapi ada beberapa burung murai batu Medan yang mempunyai warna kaki hitam.

  • Bagi Anda yang ingin membeli burung murai batu Medan jangan lupakan corak warna ini.
  • Anda bisa memilih sesuai karakter dan minat pribadi Anda. Apabila Anda menyukai keindahan maka pilihlah burung murai batu Medan dengan warna kaki merah kecoklatan, dan apabila Anda menyukai burung murai batu Medan supaya nampak garang dan sangar maka pilihlah warna kaki yang hitam.

9. Bentuk kaki Murai Batu Medan

Ciri-ciri burung murai batu Medan yang dapat menjadi tolak ukur usia burung tersebut merupakan pada bagian kaki nya.

Burung murai batu Medan yang telah berumur sudah cukup tua tentunya akan mengalami perubahan bentuk kaki yang akan terlihat menonjol layaknya lekukan yang terdapat pada buah belimbing.

  • Biasanya burung murai batu Medan yang sudah muncul ciri khas pada kaki seperti buah belimbing menandakan usia yang sudah siap untuk dijadikan indukan. Apabila Anda hendak ternak burung murai batu maka sebaiknya untuk memilih dengan kriteria tersebut. Karena Anda tidak menunggu indukan usia matang lagi.
Nah, jadi itu pembahasan mengenai 9 ciri-ciri burung murai batu Medan asli dengan kualitas yang terbaik. 
 
Sekian, Terimakasih dan semoga bermanfaat.