Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Hamster Serta Cara Merawat Hamster Supaya Tetap Sehat Dan Tidak Mudah Mati

Hamster merupakan salah satu jenis binatang peliharaan yang sangat rentan mengalami kematian. Supaya hamster yang Anda pelihara tetap tumbuh dengan sehat dan tidak mudah mati, alangkah baiknya simak cara merawat hamster di bawah ini, oke!

Sejatinya hamster merupakan bintang dengan umur yang terbilang cukup pendek.

Pada umumnya hamster dapat bertahan hidup dengan umur antara 4 sampai dengan 8 tahun saja.

Akan tetapi, Anda bisa memperpanjang umur hamster, apabila Anda tahu bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar.

Tips ini ditujukan untuk jenis-jenis hamster yang memang sudah umum dikembangbiakkan dalam ruangan.

Berikut ini merupakan tips dan cara merawat hamster agar cepat tumbuh besar dan selalu sehat!

Jenis-jenis Hamster Yang Ramah di Dalam Rumah

Cara merawat hamster agar tidak mudah mati

Sebelum Anda melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar, maka alangkah baiknya Anda harus mengetahui beberapa jenis hamster yang cocok untuk dijadikan binatang peliharaan Anda.

Masalahnya, tidak semua jenis hamster bisa bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama di dalam sebuah ruangan.

Hal ini dikarenakan kurangnya jumlah asupan udara segar dan sinar matahari yang dibutuhkan oleh hamster tersebut.

Jadi, apabila Anda ingin memelihara binatang imut dan lucu satu ini di rumah, berikut ini adalah rekomendasi jenis-jenis hamster yang cocok untuk dijadikan peliharaan dalam rumah.

1. Hamster Winter White

Hamster Winter white

Winter white adalah salah satu jenis hamster terfavorit di kalangan masyarakat luas.

Tak hanya karena memiliki bulu yang tebal dan halus, hamster jenis winter white ternyata dapat berubah warna tergantung dari cuaca dilingkungan sekitar.

Warna bulu hamster Winter White dapat berubah warnanya yang semula berwarna abu-abu berubah menjadi coklat keemasan.

Perubahan dari warna bulu hamster jenis ini dikarenakan oleh pigmen rambut yang terdapat pada bulu hamster terdapat sebuah hormon prolaktin dan genetik.

2. Hamster Syrian Long/Short Hair

Hamster Syirian Long Hair

Apabila Anda tertarik untuk memelihara dengan ukuran yang besar. Maka pilihlah yang tepat yaitu pilihlah hamster jenis Syrian.

Tidak hanya memiliki ukuran badan yang lebih besar dari hamster umumnya, ternyata hamster Syrian memiliki sifat yang sangat mudah untuk beradaptasi pada lingkungan tertutup. Dengan kata lain hamster jenis ini dapat berumur panjang jika dipelihara dalam rumah.

Kelebihan dari hamster Syrian lainnya yakni tidak agresif alias jinak, gampang untuk dipegang, dan hamster ini tidak mudah mengalami stres.

3. Hamster White Face Roborovski

Hamster White Face Roborovski

Jika Anda tidak menyukai hamster dengan ukuran jumbo, maka hamster Roborovski warna putih sangat cocok untuk dijadikan peliharaan mu dirumah.

Hamster jenis ini merupakan salah satu jenis hamster yang banyak disukai orang. Meskipun demikian, jika Anda hendak memelihara hamster jenis ini, hal yang perlu Anda perhatikan ialah memberikan tempat untuk bermain di dalam kandangnya, karena hamster ini cukup lincah dan aktif.

Sedangkan ciri-ciri dari hamster White Face Roborovski yaitu memiliki bulu yang tebal dengan corak yang tidak begitu banyak.

Walaupun tidak terlalu banyak memiliki corak warna, hamster jenis akan tetap tampak lucu karena mempunyai pipi yang cukup besar.

Akan tetapi, bagi Anda yang memilih untuk memelihara hamster jenis ini, maka sebaiknya tidak terlalu sering untuk memegang serta mengelusnya. Karena dapat membuat ia stress.

Sedangkan untuk kandang dari hamster Roborovski memiliki ukuran yang cukup luas, jika kandangnya terlalu sempit dapat mengakibatkan hamster ini mengalami stress.

4. Hamster Campbell

Hamster Campbell

Jenis hamster yang cocok untuk dipelihara dalam rumah yang terakhir yaitu hamster Campbell.

Hamster Campbell merupakan hamster yang paling mudah Anda jumpai di pasaran, karena para pelaku budidaya dari hamster satu ini sudah sangat banyak.

Selain dari banyaknya pembudidaya hamster jenis Campbell, hamster satu ini memiliki sifat yang mudah berkembangbiak serta perawatannya yang terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan hamster jenis lainnya.

Hamster Campbell tidak manja layaknya hamster jenis lain.

Apabila hamster ini merasa terancam maka dia tidak akan segan-segan untuk menggigit dan kemudian akan bersembunyi dalam waktu yang cukup lama.

Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar

1. Pilihlah Kandang Yang Tepat

Hal yang paling utama dalam merawat hamster yang baik dan benar yaitu dengan mengetahui jenis kandang yang dibutuhkan.

Pada dasarnya setiap hamster memerlukan kandang yang berbeda-beda.

Tetapi, semua jenis hamster tentunya akan membutuhkan tempat yang luas untuk bertahan hidup.

Untuk ukuran kandang hamster yang paling ideal yaitu kurang lebih sekitar 0.24 m² (60 x 30 cm).

Kandang untuk hamster sebaiknya terbuat dari bahan kaca atau bisa juga yang berbahan plastik yang tebal. Sedangkan untuk bagian tutup atas berilah beberapa buah lubang yang digunakan untuk ventilasi udara.

Apabila, Anda malas untuk melubangi bagian atasnya, maka Anda bisa menggantinya menggunakan kawat ram supaya sobat kecil mu bisa bernafas dengan leluasa.

2. Kebutuhan Kandang

Tak hanya ukuran kandang saja yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan pada hamster, akan tetapi Anda harus memperhatikan beberapa perlengkapan dalam kandang.

Perlengkapan ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup hamster dalam kandang.

Perlengkapan dalam kandang yang perlu Anda persiapkan seperti tempat makan, pipa air minum, serta tempat bermain. Hal ini bertujuan supaya hamster yang dipelihara tidak mudah mengalami stress.

Sedangkan untuk alat atau tempat bermain sebenarnya hal ini merujuk kepada sifat dan jenis dari hamster itu sendiri. Jika hamster yang dipelihara memiliki sifat pasif dan pemalas seperti jenis Syirian. Maka tempat bermain itu tidak dibutuhkan dalam kandang hamster.

Sedangkan untuk hamster yang banyak tingkahnya, tentu saja tempat bermain seperti roda berputar sangatlah diperlukan.

3. Ketahui Naluri Hamster

Cara merawat hamster yang satu ini merupakan hal yang terpenting. Sebab jika diabaikan begitu saja, bukan hal tak mungkin apabila hamster yang dipelihara akan mengalami kematian.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua hamster yang jinak dapat disatukan atau tinggal bersama dalam satu kandang.

Karena sifat alamiah dari hamster itu sendiri yaitu hewan teritorial yang akan terus menjaga wilayah kekuasaannya.

Jika hamster tersebut disatukan dengan hamster lainnya, hasilnya mereka akan berkelahi hingga mati demi mempertahankan daerah teritorialnya.

Namun, untuk jenis hamster kerdil seperti winter white dan Roborovski dapat dicampurkan dengan hamster lainnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menyatukan beberapa hamster dalam satu kandang, yaitu dengan cara memasukan hamster tersebut kedalam kandang yang disekat dan lihatlah sampai beberapa waktu dalam kandang sekat hamster tersebut terlihat akrab dan tidak saling menyerang. 

Maka hamster tersebut dapat Anda gabungkan dalam satu kandang.

Baca juga:

4. Alas Kandang

Cara merawat hamster yang selanjutnya yaitu dengan memilih alas kandang yang pas.

Alas kandang yang dimaksud bukan yang seringkali Anda lihat di pasaran seperti karpet maupun kardus bekas, akan tetapi serbuk atau serutan kayu.

Serutan kayu berfungsi sebagai tempat pijakan dari hamster serta untuk tempat istirahat dari hamster yang Anda pelihara.

Sedangkan untuk ketebalan dari alas kandang hamster sendiri yaitu paling tidak 5 cm.

Serutan kayu biasanya berasal dari Aspen.

Usahakan untuk menghindari serutan kayu yang berasal dari bahan seperti kayu Pinus dan cedar, karena dapat mengganggu kesehatan hamster yang Anda pelihara.

Alasannya jenis kayu tersebut tidak baik untuk pernafasan hamster, karena dalam serutan kayu itu mengandung butiran halus yang beterbangan di dalam kandang hamster.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dari hamster yang dipelihara, sebaiknya alas kandang dibersihkan setiap dua hari sekali supaya kandang terbebas dari bakteri.

5. Beri Makan Secara Rutin

Hamster layaknya seperti bintang peliharaan pada umumnya, yaitu butuh diberi makan agar tumbuh sehat.

Anda harus menyediakan sekitar 15 sampai 20 gram per hari untuk satu hamster.

Salah satu masalah dalam pemberian makan hamster ialah kebiasaan hamster yang sangat sering memendam dan menyembunyikan makanan.

Hal yang paling sering dilakukan oleh pemilik hamster yaitu membuang makanan yang mereka simpan karena sudah tidak segar.

Sebaiknya, Anda jangan melakukan hal tersebut.

Karena dengan membuang makanan yang disimpan oleh hamster dapat menyebabkan ia merasa kehilangan dan stress.

Alangkah baiknya, Anda melakukan pengecekan secara berkala, apakah makanan yang ditimbun sudah berbau dan basi atau belum.

Jika makanan tersebut sudah basi, sebaiknya ganti dengan makanan yang baru dan segar, kemudian timbun lagi di tempat semula.

Sedangkan untuk suplemen dari hamster, Anda bisa membelinya di pet shop terdekat dari rumah.

Anda bisa membeli beberapa vitamin seperti vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin B untuk kesehatan badan dan tulang hamster supaya dapat tumbuh gemuk dan menggemaskan.

Usahakan untuk tempat makan hamster yang terbuat dari bahan besi atau logam, supaya ketika digigit tidak pecah dan pecahannya ditelan.

6. Air Bersih

Sediakan makanan segar dan air bersih yang berdekatan.

Umumnya air bersih hamster ditempatkan di wadah air minum yang mempunyai pipa air.

Tempat minum hamster biasanya berbentuk seperti DOT bayi, apabila hamster sedang haus maka akan menyedot pipa tersebut untuk meminum air.


Sebaiknya Anda perlu mengganti air minum hamster setiap sehari sekali, untuk menjaga kualitas dan suhu air yang bisa berubah seketika.

Hamster sangat tidak menyukai air dengan temperatur yang hangat.

Hamster sangat menyukai air segar, maka sebaiknya Anda menyediakan air minum dalam wadah dalam keadaan segar.

7. Ajak Bermain

Hamster akan merasa tidak nyaman apabila Anda kurung dalam kandang dengan waktu yang cukup lama. Sebaiknya Anda ajak dia bermain, meskipun hamster tidak selincah kucing maupun anjing yang memerlukan waktu bermain yang rutin.

Pada saat inilah Anda memerlukan tempat untuk bermain dengan hamster kesayangan Anda.

Untuk tempat bermain hamster sendiri tidak mengharuskan tempat yang mewah. Anda bisa memakai akuarium dengan ukuran 80 x 80 cm yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis permainan.

Mainan hamster bisa berupa roda putar ataupun terowongan plastik untuk menjelajah.

Namun, bagi Anda yang ingin lebih simpel. Anda bisa membeli bola jogging hamster.

Dengan alat ini akan membuat hamster yang Anda pelihara menjadi lebih aktif dan nyaman di rumah.

Anda tidak perlu khawatir kesusahan mencari hamster, karena dengan menggunakan alat ini, hamster imut mu akan sangat mudah untuk ditemukan karena bola ini memiliki ukuran yang besar dengan warna yang mencolok.

8. Penempatan Rumah Hamster

Cara merawat hamster yang tak kalah penting selanjutnya yakni penempatan posisi kandang hamster.

Untuk peletakan posisi kandang yang bagus yaitu di bagian sudut rumah yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Hamster dengan posisi kandang yang sering terkena sinar matahari langsung, sehingga secara tidak langsung akan membuat hamster seperti sedang di jemur secara terus-menerus dapat mengakibatkan susah untuk tumbuh karena mengalami kepanasan.

Apabila hamster mengalami kepanasan maka ia akan bersembunyi di dalam kandang dan mogok makan.

Ketika hamster mogok makan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan resiko kematian yang tinggi.

9. Pastikan Hamster Tidak Kabur

Hamster merupakan hewan kecil yang sangat lincah.

Sekali dia kabur dari kandangnya, maka dia akan berlarian di area sekitar rumah tanpa terlihat.

Jika sudah demikian, tentu bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda akan mengalami kesukaran untuk menemukannya.

Kondisi di luar kandang tentu sangat berbahaya bagi keamanan serta kesehatan dari hamster itu sendiri.

Apabila Anda ingin mengeluarkan hamster dari kandangnya, usahakan mereka selalu dalam pengawasan mu.


***


Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis hamster dan cara merawat hamster yang baik agar tidak mudah mati yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Terimakasih...