Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam dan Merawat Bunga Tulip Sampai Panen dengan mudah

Blogdaffa.com - Untuk waktu sekarang, apabila Anda mempunyai pekarangan yang cukup luas atau bahkan Anda memiliki sebuah ruangan dengan ukuran yang lumayan besar, maka rasanya akan terasa hambar apabila Anda membiarkan tetap kosong tanpa memberikan sebuah hiasan entah itu berupa tanaman hias atau hal lainnya yang dapat memanjakan mata kita saat menatap sekeliling rumah.

Dengan menanam bunga bisa menjadi opsi pilihan tepat untuk Anda yang mencintai seni serta keindahaan alami sehingga secara tidak langsung dapat memanjakan setiap mata yang sedang memandangi lingkungan sekitar. Bagi Anda yang sedang kebingungan menentukan tanaman hias apa yang dapat mengisi pekarangan rumah yang kosong, maka Anda dapat memilih tanaman bunga tulip. Bunga tulip sendiri memiliki ragam warna yang banyak, sehingga dengan menanam bunga tulip dapat mewujudkan keindahan lingkungan sekitar rumah.

Bunga tulip memiliki nama latin Tulipa Pulchella, bunga ini sangat terkenal di negeri Belanda, akan tetapi sebenarnya asal bunga tulip sendiri bukan dari negara tersebut melainkan dari Kawasan Pegunungan Hindu Kush dan Pegunungan Pamir yang terletak di negara Kazakhtan, Asia Tengah.

Untuk bunga tulip sendiri mempunyai warna yang beraneka ragam, dan bisa dipastikan yang melihat bunga tulip pasti akan terpesona oleh keindahan warna yang disajikan oleh bunga tulip, baik itu pria maupun wanita.

Tanaman bunga tulip memiliki ciri-ciri fisik yang tumbuh menjulang tinggi seperti tanaman jagung, sehingga tanaman bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias pekarangan rumah Anda, akan tetapi tanaman bunga tulip tidak disarankan untuk ditanam menggunakan media tanam pot dengan ukuran sedang atau bahkan dengan ukuran kecil. 

Karena bunga tulip bukan tanaman yang berasal dari Indonesia yang beriklim tropis, jadi tidak aneh apabila tanaman bunga tulip dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan atau daerah yang memiliki suhu yang dingin.

Oleh sebab itu apabila Anda ingin menanam di daerah dataran rendah, maka akan memerlukan perlakuan khusus dan spesial supaya tanaman bunga tulip dapat tumbuh dengan baik.

Sedangkan untuk harga bibit tanaman bunga tulip sendiri terbilang cukup mahal. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda yang hendak menanam atau malah ingin membudidayakan bunga ini bisa menjadi sebuah peluang usaha maupun bisnis yang cukup menghasilkan. Apabila kita menilik harga bibit tanaman bunga tulip sudah tinggi, tentu saja bisa dipastikan ketika bunga tulip sudah mekar akan mempunyai harga jual yang jauh lebih tinggi.

Cara Menanam Bunga Tulip

Cara Merawat dan Menanam Bunga Tulip dengan mudah

Deperti yang sudah kami singgung sebelumnya diatas, bahwa menanam tanaman bunga tulip memeliki cara dan langkah-langkah serta perlakuan khusus tentunya berbeda jika dibandingkan dengan cara menanam tanaman bunga lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir, karena dibawah ini kami merangkum bagaimana cara menanam bunga tulip yang baik dan benar dengan mudah, diantaranya sebagai berikut;

1.Cold Treatment Benih Bunga Tulip

Proses Cold Treatment pada umbi bunga tulip

Untuk tahap awal dalam cara menanam bunga tulip ini sangat berbeda jika dibandingakan dengan cara menanam tanaman bunga lainnya, yaitu Anda harus melakukan yang namanya cold treatment.

Cold treatment merupakan metode mendinginkan bibit umbi tulip terlebih dahulu sebelum melakukan penyemaian. Untuk melakukan cold treatment sendiri Anda bisa menggunakan kulkas untuk mendinginkan umbi bunga tulip dengan cara menaruh benih bunga tulip tersebut dalam kulkas atau freezer.

Proses cold treatment sangat dibutuhkan agar benih yang akan ditanam bisa tumbuh dengan baik, karena pada dasarnya tanaman bunga tulip merupakan tanaman yang berasal dari daerah yang mempunyai suhu yang dingin, sehingga pendinginan benih bunga tulip sangat dibutuhkan.

Jika Anda melakukan penanaman bibit atau umbi bunga tulip secara langsung tanpa melalui tahap cold treatment terlebih dahulu maka bisa dipastikan benih tanaman bunga tulip yang Anda semai tidak akan tumbuh. Walaupun sudah Anda siram setiap harinya.

Ada beberapa langkah ketika Anda ingin melakukan proses cold treatment sebagai berikut;
  • Langkah pertama sebelum Anda melakukan cold treatment, maka sebaiknya yang harus dilakukan ialah mencuci sampai bersih bibit umbi bunga tulip, setelah itu keringkan umbu tersebut dan kemudian Anda bungkus menggunakan plastik.
  • Langkah yang kedua, masukan umbi bunga tulip yang sudah terbungkus menggunakan plastik kedalam kulkas atau freezer dengan pengaturan suhu antara 1.8 sampai 12 derajat celcius.
  • Selanjutnya Anda tinggal menunggu benih bunga tulip yang sedang dalam proses pendinginan selama 1.5 sampai dengan 4 bulan lamanya sebelum Anda tanam.
  • Dalam melakukan pendinginan umbi bunga tulip usahakan penyimpanan umbi tersebut jangan dicampur dengan makanan atau buah-buahan lain.
  • Tahap selanjutnya yaitu melakukan pengecekan umbi yang sedang Anda dinginkan. Apabila ditumbuhi jamur maka sebaiknya yang perlu Anda lakukan ialah mengambil umbi tersebut kemudian dicuci hingga bersih lalu Anda keringkan terlebih dahulu sebelum dibungkus menggunakan plastik, setelah itu baru masukan kedalam kulkas atau freezer kembali. Untuk pengecekan keadaan umbi bunga tulip sendiri alangkah baiknya dilakukan secara rutin. Umumnya jamur akan mulai tumbuh pada umbi bunga tulip ketika mulai muncul tunas setelah berusia kurang lebih 1.5 bulan keatas.
Untuk mendapatkan bibit umbi bunga tulip sendiri bisa Anda dapatkan di toko bunga ataupun pertanian baik toko online maupun offline. Akan tetapi jika Anda sedang berlibur ke Belanda maka apa salahnya meluangkan waktu sebentar untuk membeli bibit bunga disana.

2. Menentukan Lokasi serta Persiapan Lahan untuk Menanam Tanaman Bunga Tulip

Menentukan lokasi tanam bunga tulip

Selagi Anda menunggu proses cold treatment pada umbi bunga tulip, kalian bisa memanfaatkan waktu senggang tersebut untuk menentukan lokasi yang sesuai dengan syarat tumbuh dengan tanaman bunga tulip. Simak uraian berikut ini mengenai apa saja syarat tumbuh dan penentuan lokasi yang cocok dengan tanaman bunga tulip, antara lain sebagai berikur;
  • Disarankan untuk mencari lokasi pada daerah dataran tinggi, karena pada umumnya lokasi yang berada didataran tinggi mempunyai suhu yang cukup dingin, dan sangat tidak direkomendasikan untuk menanam bunga tulip di daerah dataran rendah serta bersuhu panas.
  • Usahakan lokasi penanaman memiliki tanah yang gembur, mengandung banyak unsur hara dan dekat dengan sumber mata air.
  • Usahakan tanah tanah pada lokasi yang ditentukan mempunyai tekstur sedikit kering dan terdapat kandungan pasir, untuk tingkat keasaman tanah sendiri antara 5.5 sampai dengan 7.5 pH.
  • Usahakan lokasi tersebut jauh dari pantai supaya tidak terkontaminasi dengan asinnya air laut.
Apabila lokasi yang Anda tinggali pada daerah dataran rendah, serta mempunyai suhu cenderung panas, maka kalian bisa mengakalinya dengan beberapa trik sebagai berikut;
  • Cara mensiasati agar tanaman bunga tulip dapat tumbuh pada dataran rendah yang pertama yaitu dengan cara menanam umbi bunga tulip ditempat yang teduh, rindang dan tenang. Maksud dari tempat yang tenang adalah dimana tempat untuk menanam terbebas dari hembusan angin yang kencang. Sedangkan untuk lokasi penanaman yang dirasa cukup pas dan cocok di daerah dataran rendah adalah Anda membuat tempat tanam seperti layaknya rumah kaca yang diberi pendingin ruangan air conditioner dengan pengaturan suhu 16 derajat celcius, hal ini dilakukan unuk menyesuaikan media tanam seperti pada habitat aslinya tanaman tersebut. Sehingga tanaman bunga tulip dapat tumbuh dengan baik dan bisa maksimal. Tentu saja hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi hal ini dapat tergantikan dengan hasil panen bunga tulip yang mempunyai harga tinggi dipasaran. Karena bunga tulip sendiri di Indonesia masih sangat jarang atau sedikit yang menanam atau membudidayakan, karena kebanyakan bunga tulip yang ada di pasaran Indonesia didapat dari import langsung dari negara Belanda.
  • Untuk cara mensiasati media tanam bunga tulip selanjutnya ialah dengan cara memasang alat penyiraman otomatis yang di setel dengan durasi penyiraman antara 20 sampai dengan 40 menit sekali. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suhu udara pada lingkungan sikitar menjadi dingin dan untuk membuat tanaman bunga tulip menjadi lembab. Karena sejatinya bunga tulip dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang memiliki suhu dingin.
  • Langkah yang terakhir Anda dapat membuat sejenis air mancur yang menyembur dan mengalir di dekat area sekitar lokasi tanam sehingga dapat berfungsi untuk menyerap suhu udara dan menciptakan kelembapan yang tinggi pada area lingkungan sekitar.

3. Persiapan Media Tanam Bunga Tulip

Cara menanam dan merawat bunga tulip

Tahap selanjutnya dalam metode penanaman bunga tulip supaya memperoleh hasil yang bagus adalah menyiapkan media tanam.

Saat melakukan persiapan media tanam, hal yang perlu Anda ingat yakni bunga tulip adalah jenis tanaman bunga yang tidak tahan pada lingkungan yang panas, sudah pasti kalau tanaman bunga ini sangat menyukai suhu lingkungan yang rendah, tetapi yang perlu Anda ketahui bahwa tanaman bunga ini juga tidak dapat hidup pada lokasi yang memiliki kelembapan yang tinggi.

Oleh sebab itu dalam menyiapkan media tanam untuk tanaman bunga tulip Anda perlu pertimbangan dan memperhatikan tingkat porositas tanah serta drainase secara teliti. Berikut ini adalah langkah-langkah persiapan media tanam dengan proposional untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga tulip, antara lain;
  • Jika Anda mempunyai lahan yang cukup luas serta berada di dataran tinggi dengan memiliki suhu yang rendah, tentu hal ini sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu repot-repot membuat semacam rumah kaca dengan pendingin ruangan, dalam hal ini sudah dipastikan akan menghemat kocek yang harus Anda keluarkan. Yang perlu Anda lakukan hanya cukup mengolah lahan dengan cara membuat semacam gundukan tanah memanjang atau biasa disebut dengan nama bedengan yang akan dijadikan sebagai tempat penanaman bunga tulip. Pada samping kiri dan kanan bedengan Anda bisa memanfaatkan bekas galian untuk dibuat sebagai parit yang berfungsi sebagai drainase.
  • Untuk tahap kedua, buatlah lapisan paling bawah pada media tanam menggunakan kerikil kecil dengan ukuran ketebalan kurang lebih 3 cm.
  • Tahap selanjutnya, buatlah lapisan diatas batu kerikil tersebut menggunakan campuran tanah topsoil, pupuk kompos dan pasir dengan rasio perbandingan 3 : 2 : 1, dengan ketebalan 25 cm.
  • Buatlah lapisan lagi pada bagian atas campuran tanah yang tadi menggunakan pasir kasar dengan tingkat ketebalan 1 cm.
  • Selanjutnya sebagai poin terakhir, lapisan media tanam yang sudah Anda buat sebelumnya tinggal di letakan pada bagian atas bedengan yang telah Anda siapkan sebelumnya.
Baca juga :

4. Pemupukan Tanaman Bunga Tulip

Cara Pemupukan Bunga Tulip

Tahap selanjutnya dalam menanam tanaman bunga tulip yakni melakukan pemupukan pada media tanam yang Anda siapkan sebelum melakukan proses penanaman.

Akan tetapi, jika tanah yang terdapat pada media tanam mempunyai kandungan unsur hara yang cukup bagus, tentu saja Anda tidak memerlukan pemupukan. Untuk pemupukan ini harus dilakukan apabila tanah di lokasi media tanam rendah akan kandungan unsur hara.

Dalam tahap pemupukan awal, Anda dapat memakai pupuk jenis organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos atau butiran-butiran organik. Sedangkan untuk proses pemupukan sendiri terdapat beberapa langkah-langkah sebagai berikut;
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggali tanah pada media tanam sesuaikan dengan alur bedengan yang dijadikan media tanam yang sebelumnya telah Anda gemburkan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya isi alur galian tersebut menggunakam pupuk yang sebelumnya sudah Anda siapkan.
  • Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menutup kembali alur galian yang telah di isi dengan pupuk organik menggunakan tanah.
  • Langkah terakhir siram media tanam tersebut menggunakan air supaya pupuk dapat terurai dengan cepat dan dapat meresap dengan maksimal.

5. Cara Menanam beserta Cara Merawat Tanaman Bunga Tulip

Cara menanam bunga tulip dengan mudah

Langkah berikutnya yaitu proses menanam tanaman bunga tulip, setelah bibit siap tanaman.

Harap diperhatikan dengan cermat karena dalam proses penanaman tanaman bunga tulip tidak boleh dilakukan dengan cara yang asal-asalan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik maka akan membutuhkan tingkat ketelitian dan ketekunan yang ekstra.

Berikut ini merupakan proses langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam tahap penanaman bunga tulip, antara lain sebagai berikut;
  • Pertama-tama Anda lubangi media tanam yang sudah diolah, kemudian pada bagian dasar lubang di isi menggunakan pasir.
  • Selanjutnya Anda tinggal memasukan umbi tanaman bunga tulip dengan tingkat kedalaman antara 2 sampai dengan 3 cm saja, sehingga ujung bagian atas umbi dapat terlihat dari permukaan tanah media tanam. Hal yang perlu Anda ketahui dalam menanam bunga tulip tidak perlu menanam dengan cukup dalam apabila hawa di lingkungan sekitar media tanam dalam keadaan dingin.
  • Dalam menanam umbi tanaman bunga tulip berilah jarak, usahakan jangan terlalu berdekatan. Untuk jarak antara tanaman satu dengan lainnya bisa menyesuaikan luas dan panjang media tanam.
  • Tahap selanjutnya setelah melakukan penanaman bibit bunga tulip yaitu penyiraman. Dalam proses penyiraman bibit, usahakan Anda menyiram pada media tanam saja, dan jangan menyiram dari bagian atas umbi yang ditanam. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembusukan umbi yang telah Anda tanam sebelumnya.
  • Awasi tingkat kelembapan umbi bunga tulip yang Anda tanam, hindari keadaan media tanam terlalu kering dan terlalu lembap. Pada bagian ini perlu ketelitian dan ketekunan.
  • Jika Anda menanam tanaman bunga tulip saat musim hujan, inilah fungsi parit pada samping bedengan yang Anda buat sebelumnya sebagai alat pembuangan air yang berlebih.
Cara merawat bunga tulip dengan benar

Tahap selanjutnya yakni perawatan tanaman bunga tulip yang sudah Anda tanam. Berikut di bawah ini merupakan tips dan trik cara merawat tanaman bunga tulip agar cepat berbunga dan mekar sempurna, sebagai berikut;

1. Penyiraman

Untuk perawatan bunga tulip yang pertama yaitu penyiraman tanaman bunga tulip yang sudah Anda tanam. Untuk penyiraman tanaman bunga tulip dapat Anda lakukan secara berkala, tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan penyiraman. Jika terlalu sering melakukan penyiraman hal yang dikhawatirkan akan terjadi pembusukan pada bagian akar, sehingga dapat menyebabkan tanaman bunga tulip yang ditanam mengalami kematian.

2. Penyiangan

Seperti tanaman pada umumnya tanaman bunga tulip juga membutuhkan penyiangan, supaya tanaman terhindar dari gulma yang tumbuh pada area sekitar batang tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Lakukan penyiangan pada tanaman secara berkala, Anda bisa melakukan penyiangan setiap satu bulan sekali.

3. Menyejukan lokasi tanam

Perawatan tanaman bunga tulip selanjutnya yakni menciptakan suasana sejuk di area sekitar lokasi tempat penanaman. Hal ini perlu dilakukan apabila Anda menanam bunga tulip di daerah dataran rendah yang notabene nya sangat tidak cocok untuk tanaman bunga tulip. Penyejukan lokasi penanaman merupakan salah satu perlakuan khusus dengan menggunakan alat yang mempunyai sistem penyemprotan secara otomatis setiap 15 menit sekali akan menyemburkan cairan yang mengandung zat aerosol. Zat ini berfungsi untuk menciptakan hawa sejuk pada lokasi tempat penanaman bunga tulip.

Kalian bisa memakai alat penyemprotan otomatis yang tersedia di toko online.

4. Perawatan ketika muncul bunga

Tahap selanjutnya yakni merawat bunga yang baru muncul pada tanaman bunga tulip ketika tanaman sudah menjulang tinggi dengan usia 8 minggu, dari masa tanam maka akan muncul bakal bunga.
Supaya bunga tulip bisa mekar dengan sempurna, hal yang harus Anda lakukan  adalah menjaga suhu di lingkungan sekitar dalam keadaan tetap sejuk dan dingin.

6. Cara Memanen Bunga Tulip

Cara memanen bunga tulip dengan benar

Langkah terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu yakni ketika musim panen datang.
Masa panen bunga tulip sendiri pada umumnya ketika tanaman berusia 8 bulan setelah tanam. Apabila tanaman yang anda tanam telah menginjak usia 8 bulan, namun belum muncul bunga, maka ada yang salah dalam proses dan cara penanamannya.

Ada cara untung merangsang pertumbuhan bunga pada tanaman bunga tulip, dengan cara memberi pancaran sinar matahari, baik di tempat terbuka ataupun ruangan tertutup seperti rumah kaca. Anda bisa mensiasati dengan memberi semacam naungan seperti rumah jaring, kenapa tidak membero sinar matahari secara langsung saja?
Tentu hal ini sangat tidak bagus, karena dapat membuat suasana panas dan terjadinya penguapan pada waktu siang hari.

Jika Anda membudidayakan tanaman bunga tulip yang bertujuan mengambil bunga nya untuk dijual demi mendapatkan keutungan yang banyak. Maka saran kami untuk segera memotong tangkai bunga tulip, kemudian pindahkan ke dalam suatu ruangan untuk melakukan pengawetan. Sehingga pada saat Anda jual ke pasaran maka bunga tulip dalam keadaan tetap segar dan indah.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menanam tanaman bunga tulip di negara yang mempunyai iklim tropis seperti di megara kita ini. Apabila Anda menanam tanaman bunga tulip dengan tujuan sebagai bisnis, maka hal itu merupakan hal yang sangat tepat, karena di negara Indonesia masih tergolong sedikit yang mebudidayakan, selain itu harga jual bunga tulip di pasaran terbilang cukup mahal.

Selamat menanam serta mencoba melakukan budidaya tanaman bunga tulip yang indah serta mempesona.
Semoga hasilnya dapat memuaskan, jangan lupa berdoa dan selalu optimis serta semangat dalam mencoba apabila belum menuai keberhasilan, semangat!