Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bunga Mawar dengan mudah

Blogdaffa.com - Bagi Anda yang mempunyai pekarangan di sekitar rumah yang masih kosong tanpa adanya hiasan, atau sedang bingung ingin memberikan tanaman hias jenis apa, maka bunga mawar ini merupakan solusi untuk mempercantik sekitar tempat Anda tinggal agar tidak nampak gersang lagi.

Cara Menanam Tanaman Bunga Mawar dengan  Mudah

Bunga mawar sendiri seringkali ditanam oleh kalangan masyrakat luas di Indonesia dengan tujuan untuk memperindah serta mempercantik area pekarangan rumah mereka. Namun, bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang banyak menanam bunga mawar, tetapi masyarakat mancanegara juga memanfaatkan kecantikan serta keindahan yang terpancar dari bunga mawar untuk menghiasi sekitar rumah mereka.

Sedangkan bunga mawar yang seringkali ditanam di Indonesia sebagian besar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa bagian Timur. Sementara itu untuk jenis-jenis bunga mawar yang seringkali ditanam oleh masyarakat di Indonesia sebagai tanaman hias adalah jenis bunga mawar Hybrid Tea dan Medium yang tentunya mempunyai beraneka ragam warna yang unik dan beragam.

Mulai dari warna putih sampai berwarna merah pekat. Tanaman bunga mawar sendiri masuk dalam kategori tanaman semak yang memiliki duri atau tanaman memanjat tinggi dengan jarak ketinggian bisa mencapai antara 2 sampai dengan 5 meter.

Tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan subur pada daerah yang mempunyai iklim sedang, meskipun ada beberapa kultivar yang dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim subtropis sampai dengan daerah yang memiliki iklim tropis biasanya bunga matahari tersebut merupakan hasil dari metode penyambungan (grafting).

Selain dapat diguanakan sebagai tanaman hias serta tanaman bunga potong yang diikat menjadi satu bucket bunga mawar yang cantik dan indah. Tentunya bunga mawar masih memiliki manfaat lain seperti anti depresan, antiviral, anti bakteri, anti peradangan dan juga mempunyai banyak kandungan vitamin C yang bisa Anda gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat lain dari bunga mawar yaitu dapat diambil minyaknya yang bisa Anda gunakan sebagai parfum atau minyak wangi dengan proses penyulingan serta penguapan daun-daun beserta mahkota bunga mawar tersebut. Sedangkan untuk dijadikan bahan pangan, tanaman bunga mawar bisa diolah menjadi teh, jelly, dan juga selai.

Setelah Anda mengetahui beranekaragm kegunaan serta manfaat dari tanaman bunga mawar, tentu saja bunga mawar sangat dibutuhkan dipasar sehingga sangat mempengaruhi harga jual bunga mawar yang bisa dikatakan cukup lumayan mahal mengingat banyaknya kebutuhan serta permintaan pasar. Dalam hal ini bagi Anda yang mempunyai hobi menanam tanaman hias tak ada salahnya apabila Anda memulai menanam serta budidaya bunga mawar yang dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha atau bisnis rumahan.

Namun, apabila Anda hendak menanam bunga mawar hanya sekedar untuk hobi atau sebagai hiasan rumah saja, maka kami rekomendasikan untuk menanam menggunakan media tanam pot atau polybag, karena mempunyai keuntungan diantaranya tidak perlu membutuhkan lahan yang luas serta tidak menguras banyak tenaga dan waktu yang terbuang.

Akan tetapi, jika Anda hendak menanam bunga mawar dengan tujuan budidaya atau dalam skala besar dengan tujuan bisnis maka hal ini tentu saja Anda harus menanam pada lahan yang luas dan tidak membutuhkan media tanam seperti pot dan polybag.

Dibawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana tahap-tahap dalam proses menanam tanaman bunga mawar menggunakan media tanam pada lahan yang luas maupun menanam pada media tanam di dalam pot atau polybag, supaya mendapatkan hasil maksimal yang dapat Anda jual kembali di pasar, antara lain;

1. Persiapan Lokasi Media Tanam Bunga Mawar

Cara Membuat Media Tanam Bunga Mawar


Tahap paling awal ketika Anda hendak menanam tanaman bunga mawar adalah menentukan lokasi tempat menanam yang cocok sehingga tanaman bunga mawar yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan bisa menghasilkan bunga mawar yang lebat, indah, dan mempesona. Dalam menentukan lokasi untuk penanaman tanaman bunga mawar dalam skala besar atau lahan luas, tentu saja mempunyai syarat yang perlu Anda penuhi, antara lain;
  • Ciri-ciri yang pertama ialah, pastikan lingkungan memiliki curah hujan yang baik setiap tahunnya antara 1500 sampai 3000 mm per tahun.
  • Ciri-ciri lahan yang bagus ialah lahan yang terbuka sehingga dapat menerima pancaran sinar matahari langsung, serta lingkungan mempunyai suhu normal antara 18 sampai dengan 26 derajat celcius dan memiliki tingkat kelembapan suhu antara 70 sampai 80 persen.
  • Ciri-ciri tanah lahan yang bagus selanjutnya ialah lokasi lahan untuk penanaman tanaman bunga matahari struktur tanah mengandung bahan-bahan dengan unsur organik serta berpasir dan gembur. Untuk tingkat keasamaan tanah antara 5 sampai dengan 7 pH.
Persiapan Media Tanam Bunga Mawar

Sementara itu bagi Anda yang ingin menanam tanaman bunga matahari menggunakan media tanam pot atau polybag, maka yang perlu Anda siapkan sebagai berikut :
  • Langkah pertama siapkan tanah dengan jenis latosol atau andosol, pupuk kandang dan pasir. Ketiga bahan tersebut dicampur hingga rata dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  • Usahakan hindari menggunakan tanah yang memiliki tingkat keasaman tinggi, karena tingkat keasaman yang tinggi dapat menghambat pertumbuhan tanaman.
  • Langkah selanjutnya, siapkan polybag, jika Anda menggunakan pot bunga berbahan dasar tanah liat dan usahakan pot tersebut jangan dicat. Usahakan Anda menggunakan pot atau polybag dengan ukuran diameter 25 cm dan usahakan jangan memakai dengan ukuran yang terlalu kecil.
  • Langkah yang terakhir siapkan bahan untuk penunjang pertumbuhan tanaman antara lain seperti pecahan genting atau bisa juga menggunakan pecahan batu bata, dan arang sekam, bahan-bahan tersebut yang nantinya memiliki fungsi atau kegunaan  sebagai drainase air dalam pot ataupun polybag.

2. Pengolahan Tanah untuk Media Tanam Tanaman Bunga Mawar

Cara Mengolah Lahan Media Tanam Bunga Mawar

Setelah Anda memenuhi syarat-syarat media tanam untuk tanaman bunga mawar maka tahap selanjutnya yaitu mengolah media tanam yang sebelumnya sudah Anda persiapkan dengan beberapa syarat diatas. Untuk pengolahan media tanam pada media lahan yang luas akan kami uraikan dibawah ini, antara lain;
  • Tahap yang pertama untuk melakukan pengolahan lahan yang akan dijadikan media tanam yaitu membersihkan area lahan dari tumbuhan semak-semak dan tumbuhan gulma lain yang tentu saja dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Tahap selanjutnya yaitu menggemburkan tanah yang dapat Anda lakukan dengan cara mencangkul ataupun menggunakan traktor, hal ini bertujuan agar tanah menjadi gembur dan subur. Setelah melakukan penggemburan tanah kami rekomendasikan untuk menaburkan pupuk kandang atau pupuk kimia secara merata.
  • Tanah yang digemburkan sebaiknya memiliki kedalaman antara 30 hingga 40 cm. Setelah itu diamkan tanah tersebut dengan jangka waktu antara 2 sampai dengan 3 minggu lamanya supaya pupuk yang sebelumnya Anda taburkan atau campurkan selama proses penggemburan sudah meresap dengan sepenuhnya kedalam pori-pori tanah.
  • Setelah tanah didamkan selama 2 sampai dengan 3 minggu tahap selanjutnya yaitu buatlaj bedengan atau gundukan tanah yang akan dijadikan sebagai media tanam dari tanaman dengan ukuruan lebar anatra 100 sampai 120 cm, untuk ukuran ketinggian kisaran 30 cm dan berikan jarak untuk setiap bedengan satu dengan lainnya antara 30 sampai 40 cm. Sementara untuk panjang bedengannya sendiri Anda bisa menyesuakan kondisi luas lahan yang hendak dijadikan tempat penanaman.
  • Langkah selanjutnya Anda bisa memasang mulsa plastik atau bisa juga menggunakan jerami pada setiap bedengan yang telah Anda buat. Pemasangan mulsa atau jerami memiliki fungsi serta tujuan agar tanaman bunga mawar tidak mudah terserang oleh penyakit serta pada area kosong antara tanaman satu dan lainnya tidak ditumbuhi oleh gulma yang berpotensi dapat menganggu tumbuh kembang tanaman bunga mawar yang akan Anda tanam.
  • Untuk langkah terakhir, buatlah lubang yang akan digunakan sebagai tempat menanam, kemudian berikan pupuk organik sebanyak antara 1 sampai dengan 2 kg pada setiap lubang tanam, setelah itu maka sebaiknya Anda diamkan lubanh tersebut antara 1 sampai 2 minggu, barulah lubang tersebut dapat digunakan untuk menanam bibit tanaman.
Cara Menyiapkan Media Tanam Bunga Mawar dalam pot

Sedangkan untuk persiapan mengolah tanah pada media tanam pot bunga ataupun polybag dapat Anda simak tahap demi tahapnya dibawah ini, sebagai berikut;
  • Tahap awal yang perlu Anda lakukan yaitu membasahi pot bunga ataupun polybag dengan mempunyai maksud dan tujuan supaya pot atau polybag menjadi lembab.
  • Setelah membasahi pot atau polybag tahap selanjutnya adalah memasukan pecahan genteng atau pecahan batu bata merah pada bagian dasar pot atau polybag dengan ketebalan kisaran 1 sampai 2 cm.
  • Setelah itu masukan pupuk kandang, apabila Anda tidak memiliki pupuk kandang atau kesusahan mencarinya maka alternatif lainnya dapat Anda gunakan dedaunan kering atau dapat juga menggunakan jerami dengan tingkat ketebalan 1 cm.
  • Tahap selanjutnya, masukan campuran tanah dengan pupuk kandang, dan pasir dengan rasio perbandingan sebesar 1 : 1 : 1, isi pot atau polybag sampai dengan penuh sampai ke permukan media tanam. Setelah memasukan campuran tersebut buatlah lubang pada bagian atas permukaan dengan kedalaman antara 1 sampai dengan 2 cm. Setelah itu Anda biarkan dan tunggu sampai 15 hari lamanya.
  • Setelah itu siram media tanam hingga basah sampai dengan dasar pot atau polybag. Setelah didiamkan selama 15 hari maka media tanam tersebut sudah siap untuk Anda gunakan menanam tanaman bunga mawar.

3. Proses Pembibitan Tanaman Bunga Mawar

Cara Penyemaian Benih Bunga Mawar

Untuk tahap selanjutnya yaitu proses pembibitan tanaman bunga mawar. Jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup luang serta memiliki keinginan untuk langsung menanam bunga mawar, maka solusinya Anda dapat membeli bibit yang sudah siap untuk ditanam di toko penjual bunga ataupun toko online.

Apabila Anda membeli di toko bibit bunga maka sebaiknya Anda memilih bibit tanaman bunga mawar yang memiliki kualitas yang baik dengan tidak memiliki tanda-tanda akan tumbuhnya penyakit ketika ditanam nantinya.

Sementara itu tips untuk membeli bibit bunga mawar secara online maka ssbaiknya Anda mencari seller atau penjual yang mempunyai kredibilitas bagus dalam penjualan bibit secara online. Serta jangan sungkan untuk menanyakan kualitas baik walaupun mempunyai selisih harga namun itu lebih baik daripada membeli bibit dengan kualitas rendah karena sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman tersebut, dan jangan lupa tanyakan garansi apabila tanaman tiba dengan keadaan mati.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan pembibitan sendiri di rumah dari benih bukan dari bibit yang siap ditanam, maka alangkah baiknya simak syarat-syarat dan tips berikut ini, antara lain ;
  • Untuk tahap pertama sebaiknya Anda memilih benih dengan kualitas baik dan sehat dengan cara menyortirnya. Untuk cara penyortiran nya dapat Anda lakukan menggunakan air bersih kemudian masukan benih yang Anda miliki kedalam wadah yang berisi air bersih. Apabila benih tersebut dalam keadaan tenggelam, maka kondisi benih tersebut dalam kondisi yang prima, Apabila terdapat benih dalam keadaan mengambang pada permukaan air, maka alangkah baiknya jangan gunakan benih tersebut karena mempunyai kualitas yang rendah.
  • Setelah melakukan penyortiran benih, maka benih yang terpilih sebaiknya Anda cuci menggunakan air bersih dan tahap selanjutnya letakan pada tempat yang teduh serta bebas dari paparan sinar matahari secara langsung untuk melakukan proses penyemaian pada media semai yang terbuat dari peti kayu dengan jarak antara 5 sampai dengan 10 cm. Setelah itu Anda tinggal menunggu benih tersebut selama 4 minggu, maka benih tersebut akan mengalami proses berekecambah.
  • Selama melakukan proses penyemaian benih maka Anda dapat melakukan perawatan dengan penyiraman secara bertahap antara 1 sampai dengan 2 kali dalam sehari.
  • Langkah terakhir, Anda tinggal menunggu benih yang disemai tumbuh menjadi bibit yang siap untuk Anda tanam baik pada media tanam lahan luas ataupun pot dan polybag. Bibit yang sudah siap untuk ditanam ketika berusia 22 bulan.
Baca Juga :

4. Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Mawar

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

Setelah bibit yang kalian siapkan baik dari penyemaian sendiri ataupun membeli di toko bibit bunga sudah siap tanam, maka tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah memindahkan bibit tersebut pada media tanam lahan luas ataupun pot dan polybag yang sebelumnya sudah Anda persiapkan.

Langkah pertama cara memindahkan bibit tanaman bunga matahari yang sudah siap tanam dengan cara mencongkel bibit dari media semai dengan sangat hati-hati untuk kemudian ditanam pada media tanam baik berupa pot, polybag ataupun media tanam pada lahan luas yang sebelumnya sudah Anda olah dan sudah siap untuk ditanami.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses pencongkelan bibit pada media semai jangan sampai merusak pada bagian akar tanaman. Lalu tahap selanjutnya yaitu masukan bibit yang sudah Anda congkel ke dalam lubang media tanam yang sebelumnya sudah Anda buat, lalu timbun lubang tersebut dengan tanah. Setelah itu siram media tanam tersebut dengan air hingga basah namun usahakan jangan sampai ada genangan air pada media tanam tersebut.

Sedangkan untuk perawatan tanaman bunga mawar yang sudah Anda tanam tergolong cukup mudah dan sederhana yakni, Anda hanya perlu minyiram dua kali sehari pagi dan sore hari, penyiangan gulma yang tumbuh pada sekitar tanaman, pemupukan, dan pengendalian hama beserta penyakit yang menyerang tanaman bunga mawar. Langkah-langkah perawatan tanaman ini dapat Anda lakukan pada media tanam pot, polybag atau pada lahan yang luas yang kami rangkum dibawah ini:
  • Langkah pertama dalam merawat tanaman bunga mawar adalah proses penyiangan, tahap ini juga sering disebut sebagai proses pembersihan tanaman liar yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan, baik pada media tanam pot, dan lahan yang luas.
  • Untuk perawatan tanaman bunga matahari yang kedua yaitu pemupukan. Untuk melakukan pemupukan sebaiknya dilakukan pada setiap 15 sampai dengan 20 hari sekali, sedangkan pupuk yang digunakan bisa memakai pupuk organik maupun pupuk anorganik seperti pupuk kandang dan pupuk NPK. Cara melakukan pemupukan tanaman bunga mawar dengan ditabur pada sekitar batang tanaman dan usahakan jangan sampai pupuk tersebut mengenai batang tanaman karena bisa mengakibatkan kematian.
  • Perawatan tahap selanjunya ialah penyiraman tanaman. Untuk penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari secara rutin. Akan tetapi saat musim penghujan tiba, maka Anda tidak perlu melakukan penyiraman secara rutin, cukup disiram ketika media tanam dirasa kering.
  • Untuk langkah terakhir dalam hal perawatan bunga mawar yaitu penanggulangan serta pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman bunga mawar. Penanggulangan hama dan penyakit merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena penyakit dan hama yang menyerang dapat merusak tanaman sehingga akan berakibat gagal panen. Untuk menanggulangi serangan hama dan penyakit pada tanaman bunga mawar Anda dapat menyemprotkan insektisida supaya terhindar dari serangan serangga yang mengganggu seperti tungau, kumbang, nematode dan serta serangga lain yang berpotensi merusak tanaman bunga mawar. Sedangkan untuk pengendalian dari serangan penyakit seperti bercak daun, karat daun, embun tepung, dan beberpaa penyakit lainnya, maka Anda dapat menyemprotkan cairan fungsida, belerang, dan bahan aktif pirazifos ke tanaman bunga mawar. Hala yang perlu Anda ingat dalam melakukan penyemprotan cairan fungsida dan insektisida harus memakai dosis yang sesuai pada keterangan obat tersebut. Jangan menggunakan secara overdosis atau berlebihan karena yang berlebihan tentu tidak baik dan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman bunga mawar.

5. Cara Pemanenan Tanaman Bunga Mawar

Cara Memanen Bunga Mawar

Langkah terakhir dan paling ditunggu-tunggu dalam melakukan budidaya tanaman bunga mawar yaitu adalah pemanenan baik yang menanam menggunakan media tanam pot dan lahan luas.

Masa panen dari tanaman bunga mawar sendiri tergantung pada varietas bunga mawar yang Anda tanam. Namun, biasanya tanaman bunga mawar dapat Anda panen ketika umur setelah 4 hingga 5 bulan setelah proses penanaman dilakukan.

Untuk cara pemanenan bunga mawar sendiri dapat dilakukan dengan cara memotong pada bagian tangkai bunga, namun untuk melakukan pemanenan sebiknya dilakukan dengan sangat hati-hati karena pada bagian batang bunga tumbuh duri-duri yang cukup tajam yang dapat melukai tangan Anda. Setelah melakukan pemanenan maka hasil panen tersebut dikumpulkan pada satu tempat penyimpanan dengan menggunakan media lain layaknya air supaya bunga mawar tidak cepar layu dan mati.

Kesimpulan :

Pada intinya penanaman tanaman bunga mawar dapat Anda lakukan dimana saja, semua itu tergantung pada diri Anda sendiri ingin memakai cara yang membutuhkan waktu yang cukup lama atau menggunakan cara yang cepat.

Meskipun cara menanam beserta merawat tanaman bunga mawar cukup mudah. Akan tetapi Anda tidak boleh menganggap remeh atau sepele. Karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bagus maka dibutuhkan keseriusan, ketelitian, dan keuletan dalam menanam dan merawat bunga mawar.

Selamat mencoba bagi kalian yang hendak menanam maupun membudidayakan baik menggunakan media pot ataupun bedengan pada lahan yang luas. Semoga berhasil dan hasil panen yang maksimal sehingga dapat memuaskan. Jangan lupa optimis dan tetap semangat !