Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Merawat Bayi Labi-labi untuk Pemula Supaya Tidak Mudah Mati!

Blogdaffa.com - Tidak sedikit bagi penghobi pemula yang mengeluhkan bahwa mereka mengaku sangat kesulitan untuk merawat labi-labi yang ukurannya masih bayi (anakan). Untuk ukuran labi-labi masih anakan memiliki ukuran sangat kecil dengan diameter tempurung sekitar 2 sampai dengan 3 cm saja. Saat umur labi-labi masih bayi tentu saja daya tahan tubuhnya masih sangat lemah, sehingga bukan hal yang tidak mungkin kalau kura-kura dengan ukuran bayi jika dipelihara gampang sekali mengalami kematian. Supaya labi-labi tersebut tetap hidup dalam kondisi yang sehat sehingga dapat dengan cepat tumbuh menjadi besar dan terhindar dari mati secara mendadak maka dalam perawatan kura-kura dengan ukuran bayi diperlukan perawatan yang super ekstra dan hati-hati.

Alasan Kenapa banyak penghobi yang membeli Labi-labi dengan ukuran masih baby

Cara mudah merawat dan memelihara labi-labi ukuran bayi

Banyak sekali di kalangan penghobi kura-kura yang pada umumnya memilih membeli anakan labi-labi yang ukurannya masih terbilang masih bayi. Kenapa demikian?
Berikut di bawah ini alasan sebagian penghobi memilih membeli labi-labi dengan ukuran masih bayi, diantaranya sebagai berikut ;
  1. Alasan yang pertama kenapa sebagian besar penghobi memilih membeli labi-labi dengan ukuran masih bayi adalah harga beli labi-labi lebih murah. Apabila dibandingkan dengan harga kura-kura ukuran dewasa, harga anakan labi-labi bisa mencapai separuh harga lebih.
  2. Alasan yang kedua kenapa membeli bayi labi-labi adalah bentuk fisik. Pada umumnya kura-kura dengan ukuran bayi memiliki bentuk tubuh yang mungil di tambah lagi dengan raut muka serta mempunyai mimik yang lucu. Sehingga tak aneh jika sebagian penghobi lebih tertarik membeli kura-kura dengan ukuran masih baby.
  3. Alasan selanjutnya kenapa membeli kura-kura masih bayi yakni ketika seseorang memelihara dari bayi memiliki kesan serta kenangan tersendiri dan tentunya memiliki ikatab hubungan batin yang berbeda jika dibandingkan membeli kura-kura dengan ukuran sudah dewasa.
  4. Alasan selanjutnya kenapa memilih labi-labi dengan ukuran masih bayi adalah keamanan. Seperti pada umumnya labi-labi atau bulus memiliki sifat agresif dan suka menggigit kepada siapapun termasuk pemiliknya. Jadi jika memelihara dari ukuran masih bayi pasti akan lebih aman ketika di pegang, apabila tergigit bayi labi-labi tentu rasanya tidak begitu sakit jika dibandingkan dengan bulus yang dewasa.
  5. Alasan selanjutnya ialah tempat pemeliharaan tidak membutuhkan media yang luas. Anda bisa memelihara bayi labi-labi dengan wadah yang kecil seperti baskom atau aquarium dengan ukuran kecil.

Cara Memelihara dan Merawat Bayi Labi - labi 

Bagi Anda yang ingin memelihara bayi labi-labi namun takut karena mudah mati. Alangkah baiknya simak beberapa tips dan cara perawatan labi-labi sebagai berikut ;

1. Pelihara di tempat yang sesuai

Tempat memelihara yang cocok untuk bayi labi-labi

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa labi-labi termasuk dalam kelompok kura-kura air. Seperti pada umumnya kura-kura air yakni selama masa hidupnya sebagian besar berlangsung di air. Pada habibtat alamanya kura-kura jenis labi-labi atau sering disebut dengan nama bulus sering terlihat beberapa kali naik ke daratan untuk berjemur, atau bertelur. Setelah itu kura-kura ini akan bergegas masuk ke dalam air. Jadi jika Anda ingin memelihara labi-labi sebaiknya menggunakam tempat yang sepenuhnya berisi dengan air. Sedangkan untuk wadah yang akan di jadikan sebagai tempat pemeliharaan Anda bisa menggunakan bahan yang dapat dengan mudah di temukan di sekitar rumah seperti : Baskom plastik, akuarium, sterofoam bekas kulkas, ember dan lain sebagainya. Isilah wadah yang akan dijadikan sebagai media pemeliharan labi-labi menggunakan air dengan ukuran ketinggian sekitar 3/4 dari tinggi media atau wadah yang Anda gunakan.

2. Tidak Perlu Menghias Kandang

Aquarium labi-labi bayi tidak perlu hiasan

Tak sedikit dari penghobi yang ingin menambah kesan keindahan serta daya tarik pada tempat pemeliharaan labi-labi dengan memasukan beranekaragam aksesoris ke dalam tempat pemeliharaan, seperti menambahkan tanaman atau tumbuhan air palsu, bebatuan, patung, dan pasir. Sebenarnya boleh-boleh saja Anda memasukan hiasan-hiasan aksesoris ke dalam tempat pemeliharaan labi-labi untuk menambah kesan mewah dan indah. Akan tetapi untuk akuarium tempat pemeliharaan labi-labi yang masih bayi sebenarnya tidak membutuhkan itu semua. Kenapa demikian?
Karena dengan beranekaragam jenis aksesoris hiasan pada akuarium dapat menyebapkan bayi labi-labi mengalami sulit adaptasi pada tempat barunya. Alangkah baiknya Anda memelihara dengan wadah berisi air saja sudah cukup bagus.

3. Menjaga Kebersihan Tempat Pemeliharaan

Cara memasang filter aquarium untuk labi-labi

Sama halnya ketika kita memelihara ikan yang perlu di perhatikan ialah kualitas air yang baik dan bersih merupakan hal yang wajib. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda memelihara labi-labi ataupun jenis kura-kura air lainnya. 

Ketika Anda memelihara binatang air hal yang paling wajib di perhatikan ialah kualitas air dan tingkat kebersihan air tersebut, karena air merupakan tempat tinggal bagi hewan yang Anda pelihara tentunya sangat berpengaruh dengan kesehatan hewan yang ada di dalamnya termasuk labi-labi.

Air yang bersih akan membuat labi-labi terbebas dari berbagai jenis penyakit yang disebapkan oleh air kotor, karena dalam air kotor terdapat amoniak yang berasal dari kotoran labi-labi yang mengumpul, bakteri dan bibit penyakit lainnya. Untuk menjaga kualitas air supaya tetap bersih Anda bisa menggunakan filter yang di pasang pada media pemeliharaan. Untuk filter yang digunakan sebaiknya menyesuaikan kemampuan filter tersebut dengan kapasitas media pemeliharaan usahakan jangan terlalu deras atau kencang karena dapat membuat labi-labi stres dan sulit beradaptasi.

Untuk mengganti air pada tempat pemeliharaan labi-labi dapat dilakukan setiap 2 sampai dengan minggu sekali ( menyesuaikan kondisi air). Sedangkan untuk membersihkan labi-labi dapat Anda lakukan ketika bagian tempuring labi-labi terlihat sudah cukup kotor.

4. Berikan Makanan yang di sukai

Makanan untuk labi-labi

Hal yang perlu Anda ketahui dalam memelihara labi-labi ialah mengetahui makanan yang di sukai oleh labi-labi. Labi-labi merupakan kura-kura yang gemar memakan daging, sehingga tidak aneh apabila labi-labi yang masih bayi tidak mau Anda kasih pakan menggunakan sayuran, karena sifat alaminya ialah pemakan daging. Sedangkan makanan yang cocok untuk bayi labi-labi sendiri antara lain seperti; cacing darah, cacing sutra, daging ikan, daging ayam, jangkrik kecil, dan ulat hongkong.

Apabila Anda memberikan makan pelet pasti labi-labi ini tidak akan merespon nya meskipun itu pelet khusus untuk kura-kura air. Hal yang perlu Anda lakukan supaya labi-labi mau makan pelet ialah dengan cara melatih nya secara bertahap agar di kemudian hari bayi labi-labi tersebut dapat menyukai pelet.

5. Jangan Sering di Pegang

Jangan terlalu sering memegang labi-labi yang masih bayi

Informasi tambahan ini untuk di tujukan bagi Anda yang baru saja memelihara kura-kura. Anda tidak boleh memegang labi-labi atau jenis kura-kura lainnya terlalu sering dan dengan waktu yang cukup lama. Karena hal itu dapat membuat kura-kura menjadi stres. Selain itu akan membuat kura-kura tersebut menjadi sulit beradaptasi pada lingkungan barunya, hal ini di karenakan Anda terlalu sering mengganggunya. Apabila kura-kura mengalami tingkat setres yang cukup tinggi hal ini akan berdampak pada kesehatan kura-kura tersebut, mulai dari mogok makan dan kemudian akan mati. Alangkah baiknya cukup Anda biarkan labi-labi tetap berada dalam akuariuam atau tempat pemeliharaan lainnya. Anda cukup memandangi atau melihat keindahan dan kelucuan bayi labi-labi tersebut dari luar kandang pemeliharaan, jika Anda ingin melakukan interaksi cukup dengan cara hand feeding atau memberikan makan menggunakan tangan Anda secara langsung.

Itulah informasi mengenai cara merawat dan memelihara labi-labi yang masih bayi dengan baik dan benar yang dapat kami berikan, cukup mudah bukan? 

Selamat mencoba memelihara labi-labi dari ukuran baby semoga sukses. Jangan lupa tetap semangat dalam mencoba serta tetap optimis dalam berfikir, dan jangan lupa berdoa ketika berusaha. Terimakasih...