Cara Paling Efektif Meredakan Radang Tenggorokan Pada Anak

Blogdaffa.com - Radang tenggorokan seringkali menimpa anak-anak usia di bawah 10 tahun. Radang tenggorokan yang umumnya terjadi pada saat musim kemarau atau pancaroba, seringkali menjadi penghambat anak untuk bermain dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada anak

Penyebab radang tenggorokan pada anak dapat disebabkan oleh alergi, virus, atau bakteri yang sangat rentan menimpa sang anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Oleh sebab itu, Bunda harus memperhatikan baik dari kesehatan, dan asupan makanan sehari-hari dengan mencukupi kebutuhan imun anak-anak.

7 Cara Efektif Mrengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Apabila si kecil terserang radang tenggorokan, bunda tidak buru-buru langsung panik ya!!
Ternyata radang tenggorokan bisa diatasi dengan cara alami, kok Bund..

Nah, simak ulasan di bawah ini mengenai cara alami menyembuhkan radang tenggorokan pada anak-anak:

1. Minum Madu

Tips meredakan radang tenggorokan pada anak yang pertama adalah memberikan madu. Pada sebuah penelitian dinyatakan bahwa madu yang dicampurkan dengan teh atau air hangat dapat meredakan nyeri radang tenggorokan yang diakibatkan oleh iritasi.

Kenapa demikian? Karena madu dapat meredakan batuk terutama pada malam hari. Nah, hal ini bisa dijadikan alternatif yang alami sebagai obat pereda sakit tenggorokan pada anak-anak. Baca juga : Manfaat Mengonsumsi Madu Lebah untuk Kesehatan Tubuh.

2. Berkumur dengan air garam

Salah satu penangan anak terkena radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Mengapa air garam? Karena dengan berkumur menggunakan air garam mampu meredakan sakit tenggorokan yang di deritanya sang anak dan mampu memecah sekresi. Berkumur dengan air garam diketahui juga dapat membunuh bakteri yang bersarang di mulut maupun di tenggorokan anak.

Anda bisa memberikan air garam pada anak dengan membuatnya sendiri yaitu menjadikan air asin dengan setengah sendok teh garam yang dicampurkan segelas air hangat. Kemudian, suruh sang anak berkumur menggunakan air asin yang dibuat, untuk mengurangi pembengkakan dan membantu menjaga agar tenggorokan sang anak tetap bersih. Hal ini bisa dilakukan setiap tiga jam sekali ya!

3. Meminum Jus Lemon

Meminum jus atau air lemon bisa dijadikan sebagai obat alami penawar radang tenggorokan pada anak. Anda juga dapat menambah madu pada air atau jus lemon untuk mengurangi rasa asam buah lemon. Lemon sendiri bertindak sebagai melawan spektrum luas mikroba penyebab penyakit.

Nah, dalam sebuah studi tabung percobaan, minyak atsirinya bisa menghancurkan bakteri, termasuk strep, dan berbagai virus, dan beberapa  hal yang menyebabkan flu dan mengeringkan dahak. Anda bisa memberikan ramuan ini dengan mencampurkan kedalam teh hangat hangat. 

4. Minum-minuman yang dingin

Tips mengatasi radang tenggorokan pada anak selanjutnya adalah meminum minuman yang dingin. Anak sesekali boleh meminum minuman yang dingin, untuk melegakan nyeri pada tenggorokan, akan tetapi jangan terlalu sering apalagi kondisi anak dalam keadaan tidak fit diakibatkan oleh flu dan batuk.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu penyebabnya, kemudian bertindak. Mengapa boleh meminum minuman yang dingin? Karena dengan meminum minuman yang dingin dapat membunuh bakteri-bakteri yang menempel pada permukaan tenggorokan anak. Akan tetapi, pemberian minuman dingin tidak boleh terlalu sering, cukup berikan maksimal dua kali dalam sehari.

Baca juga :

5. Rajin Gosok Gigi dan Cuci Tangan

Perhatikan, jangan melalaikan kebersihan tangan dan gigi anak, pastikan anak-anak anda selalu rajin menyikat gigi dan mencuci tangan dengan bersih. Hal kecil ini mampu menghindari dari penyakit dan mampu membantu mengeluarkan bakteri yang bersarang di mulut serta tenggorokan yang menjadi penyebab terkena radang tenggorokan pada anak.

Karena menjaga kebersihan, mampu menjaga serta mencegah virus atau bakteri lain yang dapat mengundang penyakit lainnya datang pada anak. 

6. Hindari dehidrasi dan berikan makan yang mudah dicerna

Pada saat anak-anak terkena radang tenggorokan, maka tubuhnya sangat membutuhkan banyak cairan. Jangan biarkan anak anda merasa dehidrasi. Karena cairan mampu membantu sekresi tipis dan menenangkan tenggorokan yang terkena radang.

7. Konsultasi ke Dokter

Nah, cara atau tips mengobati radang tenggorokan pada anak yang terakhir adalah memeriksanya ke dokter. Hal ini dilakukan apabila tak ada perubahan yang membaik menggunakan cara alami menyembuhkan radang tenggorokan pada anak-anak.

Ketahui penyebabnya, dan datang ke dokter maka anak anda akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. 

Nah, itulah ulasan sederhana tentang 7 Cara Efektif Mrengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak, Semoga bermanfaat. Jangan lupa Share ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel