Tips Paling Efektif Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

Blogdaffa.com - Musim hujan sudah tiba. Untuk sebagain orang hujan merupakan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa. Dengan adanya hujan bisa menyuburkan tanaman, dan untuk petani bisa mulai bercocok tanam di kebun dan sawah mereka. Namun tak sedikit orang yang mengeluhkan akan datangnya hujan, karena tubuh mereka rentan terkena penyakit. Eitts... Ada loh cara menjaga kesehatan pada musim hujan agar tubuh tetap fit.
Tips menjaga kesehatan saat musim hujan

Cara Menjaga Kesehatan yang paling efektif saat musim hujan

Ada beberapa tips sederhana agar badan tetap fit saat musim hujan tiba. Tips ini sangat mudah dan simpel, lantas bagaimana caranya menjaga kesehatan saat musim hujan? Yuk simak ulasan berikut ini;

Baca juga : Tips Ampuh Meredakan Gusi Bengkak.

1. Rajin Mencuci Tangan

Tips menjaga kesehatan pada saat musim hujan pertama ialah rajin mencuci tangan. Hal ini dikarenakan pada musim hujan bakteri dan kuman yang menempel pada tangan, seperti kuku jari-jemari dan sela-sela lainnya saat anda beraktivitas baik diluar rumah ataupun didalam rumah sangat mudah berkembang dan menimbulkan penyakit.
Alangkah baiknya apabila anda setelah melakukan kegiatan baik hendak makan atau minum dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan lupa saat mencuci tangan gunakan sabun dan air hangat, usahakan ketika mencuci tangan menjangkau seluruh permukaan tangan termasuk sela-sela jari dan kuku.

2. Hindari Kubangan

Saat musim hujan tiba, hal yang perlu anda hindari ialah beraktivitas diluar ruangan. Terkadang menghindari aktivitas di luar ruangan bagi beberapa orang merupakan hal yang sulit, entah itu faktor pekerjaan atau aktivitas lain yang mewajibkan harus berada diluar ruangan, misalnya hendak berangkat sekolah atau pergi ke kantor. Ketika musim hujan jalanan akan banyak air yang menggenang ataupun kubangan air. Seperti yang kita ketahui genangan air dalam kubangan merupakan sumber dan tempat berkembang nya bibit-bibit penyakit misalnya; seperti influeza, diare, kolera hingga infeksi kulit yang di sebabkan oleh jamur. Untuk menghindari genangan air agar tidak terjangkit penyakit saya rekomendasikan untuk menggunakan sepatu boots, atau bisa juga menggunakan sendal jepit yang berbahan dasar karet. Walaupun sendal jepit lebih terbuka, tetapi sendal jepit lebih mudah dicuci dan cepat kering.

3. Hindari Menyentuh Bagian Muka atau Wajah

Saat musim hujan virus influenza sangat mudah menyerang ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Untuk mengantisipasi terserang nya influenza hindari menyentuh bagian wajah, seperti mengucek mata, mengusap kening menggunakan tangan . Seperti yang kita ketahui tangan merupakan tempat yang  mengandung bakteri. Apabila hendak membasuh wajah lebih baik menggunakan sapu tangan yang bersih.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan di pinggir jalan

Ketika kita melintasi jalan pasti sangat tergoda dengan aneka menu masakan yang ada di pinggir jalan. Walaupun tampilannya sangat menggiurkan untuk dicicipi, alangkah baiknya anda menahan godaan tersebut. Pasalnya pada saat musim penghujan datang, makanan yang dijajakan di pinggir jalan sangat mudah terkontaminasi oleh udara  yang mengandung air hujan yang sudah terjangkit virus dan bibit penyakit. Usahakan selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi untuk menjaga kesehatan tubuh anda pada saat musim hujan.

5. Minum Teh Herbal

Tips sehat dikala musim hujan salah satunya dengan mengonsumsi teh herbal. Teh herbal sendiri di percaya mampu menjaga kesehatan tubuh, dan menyembuhkan batuk, demam, dan flu. Anda juga bisa menambah ramuan lain seperti daun mint dan jahe untuk menambahkan sensasi hangat pada tubuh.

Baca juga : 

6. Basmi Nyamuk

Di saat musim hujan banyak genangan air, hal ini yang menjadikan sumber bibit berkembangnya nyamuk. Apabila banyak genangan air disikitar rumah anda bisa dipastikan rumah anda banyak nyamuk. Seperti yang kita ketahui nyamuk adalah sumber penyakit bagi manusia, diantara nya penyakit demam berdarah dan malaria. Untuk mencegah perkembangan nyamuk agar tidak berkembang pesat anda bisa melakukan fogging atau menyemprotkan obat pembasmi nyamuk, dan menguras bak air, dan menutup genangan air agar tidak dijadikan tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

Baca juga : Rekomendasi makanan untuk. penderita tipes

7. Tetap Aktif Dalam Ruangan

Musim hujan biasanya sangat cocok untuk bermalas-malasan, eiits... Walaupun suasana malas, anda harus lebih aktif. Karena dengan anda melakukan aktifitas didalam ruangan itu akan menjaga sirkulasi tubuh agar tetap stabil.


Nah, itulah tips mudah menjaga kesehatan saat musim hujan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi dan edukasi bagi semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel