6 Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

Blogdaffa.com - Radang tenggorokan merupakan sebuah iritasi, nyeri yang disertai rasa gatal pada tenggorokan, oleh karena itu menyebabkan anda susah untuk menelan baik itu makanan maupun minuman. Dalam kondisi ini tentu sangat membuat anda tidak nyaman bukan?

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

Apabila dalam kondisi ini dibiarkan begitu saja maka bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius dan menyebabkan efek yang lebih parah.

Berikut ini adalah ulasan makanan yang cocok untuk penderita radang tenggorokan.

Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan


1. Pisang

Pisang merupakan salah satu rekomendasi makanan untuk penderita radang tenggorokan yang pertama, hal ini dikarenakan tekstur pisang yang lembut dan halus sehingga dapat mengurangi serta melegakan rasa gatal pada tenggorokan.
Tekstur lembut dan halus yang dimiliki oleh pisang membuat anda mudah untuk mengunyah dan menelan. Tak hanya itu kandungan vitamin C, B6, dan kalium dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang gatal.

2. Wortel

Wortel merupakan makanan alami untuk penderita radang tenggorokan. Kebanyakan orang-orang mengetahui wortel baik digunakan untuk kesehatan mata seperti mata minus, namun tahukah Anda bahwa wortel juga sangat bagus untuk dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, K, dan C ditambah kandungan potassium yang bisa melegakan rasa nyeri pada tenggorokan.
Sehingga mengonsumsi wortel dapat dijadikan sebagai obat pereda sakit tenggorokan.

3. Sup Ayam

Sup ayam merupakan makanan yang direkomendasikan untuk penderita penyakit radang tenggorokan. Hal ini sesuai dari beberapa sumber penelitian bahwa sup ayam dapat menjadi anti inflamasi yang dapat membantu respon biologis pada tubuh, untuk menghindari serangan seperti virus dan bakteri.
Tak hanya itu beranekaragam campuran rempah-rempah yang dibubuhkan pada sup ayam seperti bawang putih, bawang merah, daun seledri, bunga brokoli, dan wortel semakin membantu meningkatkan dan melegakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh Radang Tenggorokan apabila disajikan dalam keadaan hangat.

4. Telur

Telur merupakan makanan rekomendasi ketika sedang radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan dalam satu butir telur memiliki kandungan protein yang lumayan banyak sekitar 12% dan lemak sekitar 1%. Seperti yang kita ketahui bahwa protein mampu meregenerasi sel-sel jaringan yang telah rusak. Dengan mengonsumsi telur rebus dapat menekan kadar lemak, sehingga iritasi pada tenggorokan akan segera membaik.

5. Oatmeal

Oatmeal sangat cocok dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Oatmeal sendiri terbuat dari gandum yang kaya akan serat dan kadar protein yang tinggi.
Cara penyajian oatmeal untuk penderita radang tenggorokan dalam keadaan hangat, agar tenggorokan yang sedang iritasi menjadi lebih nyaman. Selain itu mengonsumsi oatmeal dalam keadaan hangat dapat menghilangkan senyawa anti-bakteri dan membunuh bakteri yang terdapat pada gandum. Namun tidak menghilangkan dan merusak kandungan protein, sehingga oatmeal sangat baik untuk meregenerasi sel-sel dan jaringan  yangrusak.

6. Sagu

Sagu merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk radang tenggorokan. Sagu sendiri dipercaya sebagai ramuan obat tradisional yang mempunyai sifat penyembuhan beranekaragam penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. 
Kandungan asam flenolat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan berbagai  macam enzim yang dapat membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh dan kandungan sagu lainnya adalah flavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sajikan sagu sebagai campuran pada sup untuk melegakan radang tenggorokan.

Nah itulah ulasan mengenai rekomendasi makanan untuk penderita radang tenggorokan. Semoga bermanfaat jangan lupa share ya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel