Inilah Rekomendasi Makanan Untuk Penderita TIPES Agar Cepat Sembuh

Khusus untuk penderita penyakit tipes harus selektif dalam mengonsumsi makanan yang hendak di konsumsi. Pasalnya untuk penderita tipes yang diderita adalah bagian pencernaan khusunya usus halus. Maka dari itu ada banyak anjuran dan pantangan yang harus dihindari oleh penderita penyakit tipes. Selain jenis obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter, lantas apa sajakah makanan yang baik untuk penderita penyakit tipes?
Yuk simak ulasan artikel berikut ini.
Manfaat puding untuk penderita penyakit tipes

Pedoman dalam memilih makanan untuk penderita penyakit tipes adalah memilih makanan yang mengandung kalori tinggi. Kenapa demikian?
Karena makanan yang mengandung kalori tinggi dapat dengan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, hal ini membantu dengan cepat untuk memulihkan energi tubuh, sehingga berat badan agar tetap stabil.

Tak hanya makanan yang mengandung kalori tinggi, makanan rekomendasi lainnya adalah makanan yang mempunyai protein tinggi dan memiliki kandungan kaya akan serat halus. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi, makanan pedas, dan berlemak tinggi, karena makanan tersebut sulit untuk dicerna dan dapat mengakibatkan iritasi usus yang sedang radang.

Berikut Rekomendasi Makanan untuk penderita tipes agar cepat sembuh:

1. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan yang sering direkomendasikan untuk orang yang menderita tipes. Karena bubur mempunyai tekstur yang lembut, halus dan mudah untuk dicerna. Sehingga tidak memberatkan kinerja pencernaan, terutama bagian usus yang masih meradang.

Agar tidak mudah bosen ketika memakan bubur, bisa dikonsumsi dengan kuah kaldu ayam, dengan kecap manis, dan suwiran daging ayam rebus. Baca juga: 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.

2. Nasi

Apabila yang menderita tipes enggan, atau bosan dengan bubur. Maka bisa mengonsumsi nasi, karena nasi mempunyai kandungan karbohidrat sederhana uang tentunya mempunyai kandungan tinggi akan kalori sehingga dapat menyuplai energi secara simpel untuk penderita penyakit tipes.

Untuk cara penyajian nasi, alangkah baiknya memasak dengan tekstur yang lebih lembut dari yang biasanya. Sangat dianjurkan mengolah nasi menjadi nasi tim, yang dituangi kaldu ayam, telur rebus, dan jamur merang, bawang putih, bawang Bombay, dan ditambah potongan daging ayam rebus yang dipotong dadu agar penderita penyakit tipes mendapatkan asupan gizi lengkap.

3. Mashed Potato

Mashed Potato atau kentang tumbuk sangat cocok untuk disajikan bagi orang yang menderita tipes. Kandungan didalam kentang terdapat banyak kandungan karbohidrat tinggi, untuk melengkapi nutrisi dan gizi anda juga dapat menambahkan seperti sayuran dan susu.

4. Puding

Agar makanan yang dikonsumsi oleh si penderita penyakit tipes lebih berfariasi, anda bisa memberikan puding. Puding adalah makanan yang mudah dicerna, rasa manis dari gula merupakan pemasok sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai sumber tenaga. Untuk menggugah selera dan nafsu makan untuk penderita penyakit tipes bisa ditambahkan susu dan buah-buahan seperti alpukat dan cranberry, sehingga nutrisi dan vitamin sangat lengkap untuk si penderita.

5. Ikan

Kandungan protein hewani yang terdapat pada ikan mampu menyuplai kebutuhan tubuh untuk menghasilkan energi, selain itu ikan sangat mudah dicerna sehingga tidak perlu khawatir dapat memperparah peradangan pada usus. Jenis-jenis ikan laut seperti makarel, salmon, dan tuna kaya akan kandungan omega-3 yang mampu digunakan untuk mengurangi peradangan. Sehingga akan sangat berpengaruh untuk penyembuhan penyakit tipes.

6. Telur

Telur adalah makanan kaya akan protein tinggi, tak hanya itu selain telur mudah untuk kita dapatkan. Kandungan telur lainnya adalah kalsium, mineral, asam amino esensial, zat besi, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. 

Dari banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, dan cara yang sangat mudah untuk mendapatkan telur maka telur masuk daftar makanan yang direkomendasikan untuk penderita penyakit tipes. Untuk cara penyajian telur bisa disajikan dengan cara direbus saja, atau diorak-arik dengan di bubuhkan sedikit minyak zaitun atau minyak wijen. 

7. Dada Ayam

Apabila dibandingkan dengan daging sapi, daging ayam memiliki serat yang lebih halus, dan lebih rendah akan kandungan lemak. Oleh karena itu sangatlah cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. 
Dada ayam rebus yang disuwir atau dipotong seperti dadu sangat cocok untuk dijadikan toping bubur ayam, atau kentang tumbuk.

Dalam satu porsi dada ayam mengandung protein kurang lebih 25 gram, kalori 17o kkal, dan kandungan zat besi  yang mampu mencukupi kebutuhan 4% zat besi yang direkomendasikan.

8. Pisang

Kandungan senyawa penting yang terdapat pada pisang mampu meredakan gejala demam dan diare yang dirasakan oleh penderita tipes. Selain pisang juga dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang berkat kandungan potassium yang ada dalam buah pisang.

9. Cranberry

Buah cranberry adalah buah dari keluarga beri-berian. Kandungan buah ini terdapat senyawa antioksidan dan berbagai nutrisi penting dalam buah ini bersifat sebagai anti-bakteri alami. Oleh karena itu buah ini bisa dipakai untuk menjaga kekebalan tubuh secara alami untuk penderita penyakit tipes.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung dengan rasa segar, dan juga dibuat jus sebagai minuman.

10. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah superfood, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan lemak baik didalamnya. Buah ini umumnya dianjurkan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit termasuk penyakit tipes.

Menambahkan buah alpukat sebagai makanan tambahan merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan pada penderita penyakit tipes.

11. Wortel

Kandungan betakaroten yang terkandung dalam wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, namun wortel juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah kekebalan tubuh sehingga dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan penderita penyakit tipes. Tak hanya itu kandungan falcarinol dalam wortel dikabarkan mampu membantu melawan sel kanker terutama sel kanker dalam usus.

Silahkan coba sajikan wortel dengan cara memanggang, karena wortel panggang jauh lebih tinggi kadar kandungan antioksidan 3x lipat lebih banyak dari wortel mentah.

12. Buncis

Buncis memiliki kandungan serat yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terlalu membebani kinerja usus dan organ pencernaan lainnya. Tak hanya itu buncis juga mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh karena dalam buncis mengandung flavonoid dan karatenoid yang berguna sebagai senyawa antioksidan.


Itulah 12 makan yang dapat disajikan untuk penderita penyakit tipes, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Rekomendasi Makanan Untuk Penderita TIPES Agar Cepat Sembuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel