Inilah Fakta Unik Tentang Bersin Yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap orang pasti pernah mengalami bersin, baik saat santai maupun sedang kerja. Bersin seringkali datang secara tiba-tiba tanpa melihat sedang apakah kita. Lantas hal apa sajakah pemicu terjadinya bersin?

Mari kita simak proses terjadinya bersin dan beberapa hal yang menyebabkan bersin, dan sejumlah fakta menarik yang terjadi disaat kita bersin.
Fakta unik dan menarik ketika sedang bersin.

Mekanisme Bersin

Bersin merupakan sebuah mekanisme tubuh secara alami untuk membersihkan hidung dari sebuah partikel asing yang masuk kedalam hidung. Ketika sebuah partikel masuk kedalam hidung entah itu berupa debu, kotoran, serbuk sari, atau iritan lainnya, maka benda asing tersebut akan berinteraksi dengan rambut halus yang berada pada selaput lendir hidung tersebut.

Disaat itulah, rangsangan untuk bersin timbul. Reseptor yang ada pada lapisan  kulit hidung akan mengirimkan impuls melalui saraf kranial kelima menuju pusat bersin di medula oblongata sebagai sinyal atau kode adanya benda yang harus dikeluarkan oleh saluran pernapasan melalui bersin.

Maka tubuh secara otomatis akan mempersiapkan diri untuk melakukan sebuah kontraksi. Mata dan kerongkongan akan dipaksa menutup, kemudian lidah akan menekan langit-langit pada mulut dan otot-otot yang terdapat di dada, perut dan diafragma akan menguat. Akhirnya udara, lendir dan ludah yang bercampur akan keluar melalui hidung dan mulut, dan terjadilah sebuah kontraksi atau refleksi yang dinamakan bersin.

Bersin sendiri merupakan sebuah bentuk cara tubuh mempertahankan diri dari serangan virus dan bakteri yang akan menimbulkan penyakit pada tubuh, misalnya apabila seseorang yang terkena penyakit influenza maka secara tidak langsung dia akan sering bersin-bersin, hal ini bertujuan untuk membuang virus dan bakteri yang berada dalam organ pernapasan seseorang tersebut.

Selain itu perubahan iklim secara tiba-tiba, baik secara suhu yang berubah-ubah secara mendadak, polusi, dan berbagai macam bau-bauan yang memancing refleks untuk bersin misalnya bau kosmetik.

Apakah Bersin dapat berubah menjadi sebuah penyakit yang serius?

Bersin merupakan hal wajar pada tubuh, hal itu disebabkan oleh reflek tubuh untuk mempertahankan diri dari virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit, hal ini tidak perlu dicemaskan lagi. Namun apabila keseringan bersin akan menyebabkan migrain dan mimisan. 

Apabila bersin yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu berbulan-bulan hal itu bisa terindikasi sebuah gangguan dalam fungsi organ pernapasan pada tubuh.  Misalnya rhinitis alergi, apabila tidak ditangani dan dikontrol dengan baik maka akan menimbulkan gejala-gejala penyakit lain, misalnya sinusitis, polip hidung atau menderita infeksi pada saluran telinga.

Alangkah baiknya apabila ada seseorang yang mengalami bersin-bersin secara terus-menerus dalam kurun waktu yang cukup lama, sebaiknya periksakan ke dokter untuk menghindari masalah serius dan untuk mendapatkan penangan yang efektif. Baca juga: 14 Makanan Untuk Penderita TIPES Agar Cepat Sembuh.

Hal yang perlu diingat apabila anda merasakan ingin bersin janganlah sekali-kali untuk menahannya, hal ini bertujuan untuk menghindari masalah serius bagi kesehatan tubuh yang akan terjadi apabila menahan bersin.

Menutup mulut dan menjepit hidung untuk menghindari terjadinya bersin, merupakan hal yang amat berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena ketika menjepit hidung dan menutup mulut secara rapat-rapat dapat menekan aliran darah menuju otak menjadi terhambat, dan akan menimbulkan rasa nyeri pada kepala. Disaat itu aliran darah yang tertekan pada syaraf dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga, hingga pecahnya pembuluh darah.

Kebiasaan buruk seperti menutup mulut dan hidung akan menyebabkan bakteri atau virus akan kembali masuk ke jaringan pernapasan melalui rongga hidung dan kanal telinga sehingga bukan hal tidak mungkin apabila terindikasi infeksi pada saluran pernapasan maupun saluran pendengaran. Baca juga: Manfaat Susu Kedelai sangat bagus bagi Ibu Hamil Muda.

Fakta Unik Tentang Bersin yang anda alami

Bersin tak hanya sebuah bentuk imun dalam tubuh untuk melawan penyakit, namun diantara nya ada beberapa fakta menarik yang belum anda ketahui, antara lain sebagai berikut;

  1. Pada beberapa orang, bersin dapat dipicu oleh orgasme dan datangnya sinar matahari.
  2. Kecepatan bersin bisa mencapai 160 Kilometer per jam.
  3. Ketika anda tidur tidak akan mengalami bersin hal ini dikarenakan otot mata dan hidung dilumpuhkan oleh otak.
  4. Dalam sekali bersin terdapat setidaknya 40.000 butir air yang berisi ratusan ribu kuman.
  5. Kebanyakan orang menyadari apabila sedang bersin akan membuat detak jantung nya melambat secara alami.


Tak perduli kapanpun, di manapun dan sedang apapun bersin dapat terjadi, hal ini seperti yang kita ketahui bahwa bersin merupakan sebuah imun untuk tubuh yang wajib kita syukuri, seperti yang disunnahkan dalam agama Islam apabila anda sedang bersin, setelahnya anda disunahkan untuk mengucapkan hamdalah.

Baca juga: Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Supaya Tetap Sehat.

Untuk menghindari penyebaran virus, kuman dan penyakit, alangkah baiknya apabila anda bersin tutuplah hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan.
Apabila anda tergesa-gesa untuk mengambil tisu dianjurkan mengambil tisu yang bersih menggunakan lengan tangan, hal ini untuk menghindari virus yang sudah menempel di telapak tangan, yang barusan digunakan untuk menutup mulut dan hidung.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Fakta Unik Tentang Bersin Yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel