6 Cara Paling Efektif Meredakan Sakit Tenggorokan Ketika Bangun Tidur

Blogdaffa.com - Musim hujan sering mengakibatkan daya tahan tubuh kita menjadi menurun, maka tak heran apabila tubuh kita sangat rentan terkena flu, demam, dan bantuk.
Salah satu gejala awal flu biasanya ditandai dengan datangnya rasa sakit pada tenggorokan.

Cara Paling Efektif Meredakan Nyeri tenggorokan saat bangun tidur

Apabila anda mengalami rasa sakit pada tenggorokan ketika bangun tidur, maka hal yang perlu anda hindari antara lain adalah; merokok, mengonsumsi makan-makanan yang mengandung minyak goreng, minuman bersoda, dan olahraga.
Kenapa olahraga perlu dihindari?
Yap.. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi kelelahan, dan proses pemulihan stamina tubuh akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Yuk, coba cara alami menyembuhkan sakit tenggorokan pada saat bangun tidur sebagai berikut :

1. Berkumur

Tips alami mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang pertama adalah berkumur. Berkumur merupakan cara paling efektif untuk menyembuhkan rasa nyeri pada tenggorokan.
Cobalah berkumur dengan segelas air dengan sedikit garam. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah disekitar faring supaya dapat mencuci bersih bagian-bagian yang terinfeksi.
Saat bagian yang infeksi menghilang maka radang yang diakibatkan oleh infeksi akan berkurang dan lendir yang sebelumnya menumpuk akan dengan mudah dikeluarkan akan lebih mudah melalu air yang dipakai untuk berkumur.

2. Minum minuman yang hangat

Ketika tenggorokan mu terasa nyeri sebaiknya anda meminum minuman yang hangat, seperti; teh kayu manis, teh jahe, teh lemon madu yang bisa membantu meredakan nyeri pada tenggorokan.

Minuman hangat dapat membuat rileks bagian tenggorokan yang terasa nyeri yang diakibatkan oleh radang.

3. Makanan yang lembut

Mengonsumsi makanan ringan namun mempunyai tekstur yang lembut, misalnya bubur untuk dijadikan menu sarapan pagi hari. 
Selain mudah dikonsumsi ketika sedang merasakan nyeri, bubur yang disajikan hangat akan meredakan rasa sakit pada tenggorokan.


4. Diuapi

Menguapi wajah dan bagian kepala, merupakan cara lain yang efektif untuk meredakan nyeri pada tenggorokan.
Menguapi bagian wajah bisa membantu membuka bagian nasal atau hidung beserta daerah tenggorokan agar bisa bernapas dengan lega.

5. Pelega Tenggorokan

Kita bisa mengemut pelega tenggorokan seperti permen.
Hal ini untuk menghindari tenggorokan kering, pasalnya saat tenggorokan kita sakit, maka bagian tenggorokan akan menegang serta menyebabkan kering pada area tenggorokan.

6. Kompres dengan air hangat

Pada saat tenggorokan kita sakit entah itu diakibatkan karena memakan makanan yang keras, atau karena otot pada bagian tenggorokan yang mengejang.

Pada saat inilah kamu bisa meredakan rasa sakit pada tenggorokan dengan mengompres pada area leher dan sekitarnya untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Apabila sudah 5 hari rasa nyeri pada tenggorokan tak juga kunjung sembuh, silahkan periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel