10 Tips Sederhana Membuat Perut Tetap Langsing Setelah Melahirkan

Blogdaffa.com - Fenomena perut buncit setelah melahirkan memang bukan suatu hal aneh yang dialami oleh bunda. Perut buncit pasca persalinan memang suatu hal yang sangat sulit untuk dihindari.

Berbagai upaya untuk mendapatkan perut langsing layaknya sebelum mengandung, terkadang menjadi hal yang sangat mustahil bagi bunda.

Terkadang terlintas dibenak bunda untuk melakukan diet keras, dan mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan pelangsing untuk mendapatkan tubuh ideal seperti waktu sebelum melahirkan buah hati tercinta. Sebenarnya, bunda dapat membuat Perut langsing dengan mudah.
Lantas bagaimana caranya?

Jika bunda memilih trik cepat melangsingkan perut dengan cara diet yang keras, dan mengonsumsi beraneka obat pelangsing untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, hal ini merupakan cara yang keliru. Pasalnya para ahli diet diluar sana memaparkan pendapat sebaliknya. Hal ini dikarenakan pada saat bunda melakukan diet dapat menganggu proses menyusui buah hati, karena pada saat bunda melakukan diet maka kalori dalam tubuh akan banyak yang hilang. Alangkah baiknya, bunda melangsingkan perut usai melahirkan dengan metode alami secara tradisional dan melakukan aktifitas yang baik dalam sehari-hari.

Tidak banyak orang yang mengetahui khasiat dan manfaat bahan alami dari alam, yang sangat bermanfaat dalam proses melangsingkan tubuh seperti sediakala sebelum melahirkan. Walaupun bunda sudah melahirkan setelah 3 tahun, 1 tahun, 7 bulan, bahkan yang mempunyai riwayat Caesar sekalipun. Jangan pernah ragu dan khawatir Insyaallah bisa seperti sedia kala dengan tips menurunkan berat badan usai melahirkan sebagai berikut:

Cara membuat Perut Langsing setelah Melahirkan dengan Cepat


Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

1. Perhatikan Asupan Lemak dan Kalori

Jenis makanan yang bunda konsumsi sangat mempengaruhi kondisi tubuh dan perut bunda. Apabila bunda benar-benar serius ingin mengecilkan perut usai melahirkan usahakan kontrol asupan lemak dan kalori makanan yang hendak bunda konsumsi untuk setiap harinya. Makan makanan yang kaya akan kandungan tinggi nutrisi misalnya; biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan konsumsi makanan lainnya yang kaya akan kandungan protein tapi rendah kadar lemak.

2. Makan dengan porsi sedikit tapi sering

Perubahan hormon akan terjadi pada wanita yang baru saja melahirkan. Seorang ibu pasca persalinan sangat banyak membutuhkan energi, terutama pada masa 6 bulan pertama, hal itu disebabkan sang ibu harus menyusui buah hatinya. Seperti yang kita ketahui seorang ibu yang tengah menyusui bayi, sangat membutuhkan kalori dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu bunda dilarang menunda makan pada saat tiba jam makan, terlebih menahan lapar.

Alangkah baiknya bunda makan dalam porsi yang sedikit misal nya 3 sampai 4 kali dalam sehari, daripada makan dalam porsi banyak namun cuma 2 kali dalam sehari.
Makan sedikit demi sedikit itu lebih baik untuk metabolisme tubuh bunda, maka tak hayal apabila banyak lemak dan kalori yang terbakar dalam tubuh.

3. Menyusui

Kegiatan menyusui buah hati merupakan cara yang alami dan paling efektif untuk membentuk perut bunda lebih langsing setelah melahirkan, tak hanya itu menyusui dapat menurunkan berat badan secara alami. Dalam jangka 6 bulan menyusui maka secara alami akan membuang lemak dalam perut sekaligus. Lama kelamaan akan membuat perut rata dan langsing seperti sedia kala saat sebelum mengandung.

4. Hindari tidur setelah usai makan

Sejak dahulu kala istilah setelah makan lalu tidur memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih untuk ibu yang baru saja melahirkan, hal ini dapat mengakibatkan perut semakin buncit. Selain itu dampak negatif dari seusai makan terus tidur akan menghambat proses pencernaan makanan dalam tubuh sehingga nutrisi dan protein akan semakin lama diserap oleh tubuh bunda. Oleh karena itu kegiatan ini bisa mengakibatkan penumpukan lemak dan kalori dalam perut sehingga akan menyebabkan perut bunda menjadi tambah buncit.

Meskipun bunda tahu tidur yang cukup sangat baik untuk metabolisme tubuh. Akan tetapi sebaiknya bunda perlu mengatur waktu antara jam makan dan tidur dengan tepat. Jika bunda hendak tidur alangkah baiknya menunda sejenak sampai beberapa jam setelah selesai makan. Tentu hal ini akan memberikan dampak positif dari pola hidup sehat bunda pasca melahirkan.

Baca juga :

5. Gunakan Korset

Memakai korset merupakan cara tradisional yang paling efektif untuk mengencangkan otot-otot perut setelah melahirkan. Tak hanya itu saja korset berperan menata perut terutama mendorong rahim dan mengecilkan ukuran perut seperti semula. Selain itu, manfaat mengenakan korset lainnya adalah untuk mengurangi rasa nyeri di pinggang serta mengembalikan postur tubuh yang mungkin mengalami pergeseran waktu hamil dan setelah melahirkan.

6. Melakukan Yoga

Tentunya bunda sudah tidak asing lagi dengan nama olahraga yoga bukan?
Yoga merupakan olahraga ringan yang dapat bunda lakukan kapanpun tanpa perlu keluar rumah dan meninggalkan si kecil. Bunda bisa melakukan olahraga yoga pada saat si kecil sedang tidur. Apabila bunda belum mengetahui bagaimana teknik melakukan yoga, maka bunda dapat mencari referensi di internet, YouTube, atau buku panduan tentang cara yoga. Dengan melakukan olahraga yoga yang ringan maka akan mengembalikan bentuk tubuh bunda kembali langsing seperti waktu masih perawan.

7. Latihan Kegel

Pada dasarnya senam kegel ditujukan untuk melatih dan mengembangkan otot-otot pada area vagina. Selain itu manfaat dari senam kegel lainnya adalah menurunkan kadar lemak dan kalori yang menggumpal pada bagian perut setelah persalinan. Apabila bunda tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke sanggar senam, maka bunda bisa melakukannya sendiri dirumah menggunakan disc Compact atau media online seperti YouTube ikuti setiap pergerakan yang ada pada video tersebut.

Bunda dapat memulai dengan cara berbaring apda matras, kemudian posisikan lutut setengah keatas, setelah itu angkat pinggul sedikit demi sedikit secara perlahan lahan. Lakukanlah 3 kali dalam beberapa waktu luang setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

8. Minum Air Putih

Minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Air putih dapat mengembalikan cairan dalam tubuh, serta air putih dapat membantu menekan kadar lemak dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui metabolisme dalam tubuh. 

9. Minum Teh Hijau

Menurut beberapa penelitian teh hijau mampu membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Jadi teh hijau dapat dijadikan opsi yang baik untuk membakar lemak yang menumpuk dalam perut usai melahirkan. Hal terpenting lainnya dalam meminum teh hijau adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga cocok untuk mempertebal imun atau daya tahan tubuh dari efek radikal bebas.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang banyak dari teh hijau bunda dapat meminumnya setelah usai melakukan senam kegel, yoga, atau olahraga lainnya. Maka hal itu akan memberikan dampak positif dalam melancarkan usaha melangsingkan perut setelah melahirkan.

10. Berjalan kaki

Apabila tubuh bunda masih lemas usai melahirkan buah hati, dan tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga atau senam lainnya. Maka tak ada salahnya mencoba jalan kaki dengan tempo yang lambat terlebih dahulu. Apabila tubuh sudah kuat cobalah tambah ritme dengan sedikit cepat. Lakukanlah jalan santai pada waktu pagi hari secara rutin setiap hari nya Supaya efektif untuk membakar lemak dan kalori dalam perut pasca persalinan, selain itu jalan kaki akan memberikan efek kebugaran tubuh sehingga bunda mampu melakukan olahraga lain seperti bersepeda santai atau senam aerobik.

Ulasan di atas merupakan kumpulan tips paling efektif yang lengkap mengenai cara melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Dengan menerapkan metode alami mengecilkan perut setelah melahirkan tentunya akan lebih aman baik untuk kesehatan bunda dan buah hati tercinta yang sedang mengonsumsi asi. 

Selain menggunakan metode alami mengecilkan perut setelah persalinan, tentunya dibarengi dengan pola hidup sehat misalnya dengan olahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan yang mengandung kaya akan vitamin, nutrisi, protein. Inilah tips mengecilkan perut setelah melahirkan dengan mudah tanpa efek samping yang berbahaya bagi bunda dan bayi. Terimakasih, selamat mencoba dan jangan lupa share ya bunda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel