8 Tips Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Supaya Tetap Sehat

Pasangan suami-istri yang baru saja menikah pasti sangatlah mengidamkan kehadiran buah hati tercinta dalam sebuah keluarga kecil yang mereka bina. Bagaimana bahagianya saat mendapatkan karunia kehamilan pertama yang anda dapatkan untuk pertama kalinya hamil?
Bagi ibu-ibu yang pernah hamil tentunya memiliki tips dan trik sederhana untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga masa persalinan.
Tips menjaga kehamilan trimester pertama agar tetap sehat hingga masa persalinan

Baca juga: 15 Khasiat dan Manfaat buah Semangka untuk Ibu hamil dan Janin.

Masa kehamilan trimester pertama memang sangatlah rentan terhadap keguguran oleh karena itu kandungan dalam usia muda wajib dijaga dengan baik. Ada beberapa tips sederhana tentang menjaga kesehatan janin dalam kandungan yang akan Blogdaffa.com sampaikan di bawah ini.

8 Tips Mudah Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Pertama Agar Tetap Sehat

1. Tetap Beraktivitas

Lakukanlah kegiatan atau aktivitas sehari-hari seperti biasa, karena dengan aktivitas membuat badan tetap segar dan sehat.
Untuk yang bekerja di sebuah perusahaan lakukan aktivitas seperti biasa. Jangan lupa informasikan tentang kandungan kepada atasan supaya tidak mendapatkan pekerjaan yang begitu banyak dan berat seperti angkat beban yang berat. Sedangkan untuk ibu rumah tangga gunakanlah kesehariannya jangan hanya untuk sekedar duduk-duduk saja, karena akan membuat otot menjadi kaku, lakukan kegiatan sehari-hari dalam jumlah wajar, dan hindari kegiatan-kegiatan yang sangat melelahkan seperti mengangkat barang-barang berat.

2. Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan di pagi hari supaya otot tidak kaku dan menyehatkan badan. Menggerakkan badan di pagi hari adalah cara sederhana agar badan tetap segar dan sehat.
Olahraga ringan yang dapat anda lakukan antara lain jalan-jalan pagi di sekitar rumah atau bisa juga melakukan gerakan-gerakan badan yang ringan. Pada masa-masa mengandung diharapkan jangan melakukan lari jarak jauh, lakukanlah joging atau jalan santai di sekitar rumah.

3. Konsumsi Makanan yang sesuai

Ibu hamil bisa dikatakan sangatlah sensitif terhadap makanan, maka dari itu alangkah baiknya mengkonsumsi makanan dengan hati-hati jangan asal-asalan, karena bisa berakibat fatal. Pilihlah makanan yang tidak memicu mual apabila mencium atau setelah memakan makanan tersebut. Hindarilah bau yang menyebabkan rasa mual, apabila sering mual dan muntah hal imi akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Konsumsilah makanan yang disukai dan tidak menyebabkan mual dan pusing.

4. Hindari Stres dan Emosi

Mood seseorang memang kadang selalu berubah-ubah, dan tidak bisa ditentukan agar selalu dalam keadaan baik. Untuk menjaga mood agar selalu baik dan terhindar dari setres, seorang suami berperan sangat penting dalam hal ini. Suami harus menjaga agar sang istri tetap tenang dan tidak mudah marah misalnya dengan menuruti kemauan sang istri. Agar pikiran tak jenuh dan penat maka sesekali berlibur untuk merefresh otak, misalnya pergi ke tempat wisata agar kondisi emosional sang ibu hamil tetap dalam kondisi baik.

5. Istirahat yang Cukup

Agar badan tidak letih dan mudah capek, maka luangkanlah waktu untuk ibu hamil secara cukup. Tidur yang sehat antara 7 sampai dengan 8 jam untuk setiap harinya. Usahakan pada waktu siang hari ibu yang sedang hamil istirahat dengan tidur siang minimal 30 menit sampai dengan 1 jam. Sedangkan untuk malam harinya tidur lebih awal yaitu pukul 21.00 dan bangun pada pukul 05.00 pagi. Dengan istirahat yang cukup maka kinerja otak tidak begitu keras, dan badan terasa segar dan nyaman untuk beraktivitas.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jangan lupa konsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan, serta mengetahui kesehatan ibu yang tengah mengandung. Cara ini agar anda mengetahui kesehatan kandungan dan ibu yang sedang mengandung, serta akan mendapatkan informasi dan tips kesehatan bagi ibu dan janin dalam kandungan. Apabila diberi arahan dan obat maka ikutilah petunjuk dari dokter tersebut agar perkembangan bayi yang dikandung tumbuh dengan sehat.

7. Mengkonsumsi Susu

Seperti yang kita ketahui susu mengandung banyak protein, dengan meminum susu secara otomatis anda telah memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi baik untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Jangan berpatokan dengan susu sapi, apabila dikonsumsi menyebabkan rasa mual, anda bisa mencoba susu kedelai ataupun susu kehamilan lainnya bisa juga minta rekomendasi dari dokter kandungan. 

8. Mengkonsumsi Air Kelapa

Selain meminum air putih untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, cobalah meminum air kelapa.
Ibu hamil terkadang sering merasa lemas, untuk menyegarkan kembali tubuh ibu hamil yang lemas bisa menggunakan air kelapa. Seperti yang kita ketahui dalam air kelapa mengandung Elektrolit yang berguna sebagai pengganti cairan dalam tubuh. Untuk air kelapa sendiri bisa dari memetik sendiri dari kebun ataupun membelinya di kios buah-buahan.

Nah, itulah tips sederhana untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil pada masa trimester pertama agar kondisi bayi dan ibu yang mengandung tetap sehat hingga masa persalinan. Untuk makanan anda bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan seafood sebagai penyuplai nutrisi dan vitamin bagi ibu dan bayi yang tengah dikandung. Dengan menjaga dan memenuhi kebutuhan vitamin, nutrisi, dan protein maka pertumbuhan janin dalam kandungan akan berkembang dengan sehat hingga masa persalinan, tambah satu lagi jangan lupa berdoa kepada Allah SWT semoga dikaruniai anak yang Sholeh dan Sholehah. Amin.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Supaya Tetap Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel