15 Khasiat dan Manfaat buah Semangka untuk Ibu hamil dan Janin

Selain menyajikan rasa yang manis menyegarkan, ternyata buah semangka mempunyai segudang manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh. Beraneka ragam kandungan nutrisi yang tersimpan pada buah semangka sudah terbukti memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Khasiat dan manfaat buah semangka untuk kesehatan ibu hamil

Buah semangka yang kaya akan kandungan air ternyata menyimpan banyak nutrisi yang sangat bermanfaat baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Buah semangka di percaya kaya akan manfaat serta di yakini banyak nutrisi seperti vitamin C, Kalium, Likopen, polifenol, karotenoid, dan Beta karoten. Semua kandungan tersebut sangat baik unyuu tumbuh kembang janin dan mampu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kaum wanita dalam masa kehamilan.

Selain 6 nutrisi di atas, masih ada beberapa nutrisi lain yang terkandung dalam buah semangka yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh, yaitu:
  • Nutrisi dari jenis Mineral: Kalsium, Magnesium, Mangan, dan Zinc.
  • Nutrisi dari jenis Phyto Nutrien: Lutein, Crypto-xanthin-beta, dan Carotene-alhpa.
  • Nutrisi dari jenis Elektrolit: Sodium dan Potassium.
  • Nutrisi dari jenis Vitamin: Vitamin A, Vitamin E, Folat, Niacin, Thiamin, Asam Panthotenic, dan Pyridoxine.

Ragam dan Manfaat Semangka untuk Ibu hamil muda maupun tua.

Berikut ulasan mengenai ragam dan manfaat buah semangka untuk kesehatan ibu hamil muda maupun tua, yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi kan buah semangka sebagai cemilan di masa kehamilan:

1. Baik untuk Kesehatan Ibu hamil dan Janin

Buah semangka juga baik untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil. Hal itu di karena kan dalam buah semangka mengandung vitamin A, yang mana kita ketahui bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

2. Menghaluskan dan Mencerahkan kulit ibu hamil

Buah semangka baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, utamanya pada masa kehamilan awal antara usia kandungan bulan ke-2 hingga ke-4.
Pada bulan-bulan awal pada masa kehamilan umumnya ibu hamil rona wajahnya akan terlihat seperti orang kelelahan dan pucat. Di saat-saat seperti inilah mengkonsumsi buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan wajah agar tampak lebih cerah dan halus seperti saat sebelum hamil.

3. Meredakan Asam Lambung

Buah semangka juga di percayai dapat meredakan Asam Lambung yang biasa dialami oleh wanita hamil muda dan tua, buah semangka juga memiliki efek menenangkan dalam perut. 

4. Memelihara Kesehatan Jantung 

Jantung merupakan organ vital yang terdapat dalam tubuh manusia.
Dengan mengkonsumsi buah semangka yang mengandung kaya akan Likopen yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Maka secara tidak langsung ketika mengkonsumsi buah semangka membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan jantung janin dalam kandungan.

5. Membantu mengurangi Resiko terkena Preklampsia

Tak disangka Buah Semangka mampu mengurangi resiko terkena Preklampsia yang sering terjadi pada ibu hamil.
Apa itu Preklampsia?
Preklampsia merupakan gangguan pada saat kehamilan yang umumnya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar protein dalam urin. Apabila kadar protein dalam urin meningkat, itu berarti ada kerusakan yang terjadi pada ginjal.

Hal ini didasarkan pada penelitian dari International Journal of Gynecology and Obstetrics dimana dengan mengkonsumsi likopen setidaknya 4 mg sehari, dapat mengurangi resiko terkena preklampsia.
Apabila dikonsumsi secara rutin resiko terkena Preklampsia bisa berkurang hingga 50%. Seperti yang kita ketahui dalam buah semangka kaya akan kandungan Likopen, maka semangka sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Mencegah terjadinya Pigmentasi

Perubahan hormon pada masa kehamilan yang terjadi dapat mempengaruhi pigmentasi pada kulit. Untuk mencegah terjadinya Pigmentasi, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit, diantaranya adalah buah semangka.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan Rangka Janin

Manfaat buah semangka berikutnya ialah memaksimalkan pertumbuhan tulang pada janin. Proses pembentukan tulang janin sangat tergantung pada nutrisi mineral yang ada pada tubuh si ibu. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mineral, berupa kalium, kalsium, dll maka dianjurkan ibu hamil memakan buah-buahan yang mengandung kaya akan zat mineral, salah satunya adalah buah semangka.

Dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan magnesium dan kalium yang tinggi, hal ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan rangka pada janin.

8. Mencegah terjadinya Keram pada Otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya ialah mencegah terjadinya Keram pada otot punggung. Ketika usia kehamilan memasuki bulan ke-6 perut ibu Mulai membesar dan terasa berat. Akibatnya otot pada punggung dipaksa bekerja lebih keras, hal inilah yang memicu terjadinya Keram pada otot punggung.

Untuk mengatasi Keram pada punggung ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh, termasuk salah satunya buah semangka.

9. Mencegah terjadinya Dehidrasi

Buah semangka kaya akan kandungan air. Apabila dikonsumsi secara rutin, dapat menghindari ibu hamil dari potensi dehidrasi ataupun kekurangan air.

Namun, apabila memakan buah semangka sebaiknya tidak berlebihan, hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil kelebihan cairan dalam tubuh yang pada akhirnya dapat mengakibatkan ibu hamil sering buang air kecil secara terus menerus.

10. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Khasiat dan manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mengurangi gejala morning Sickness. 
Apa itu Morning Sickness?
Morning Sickness adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh kaum wanita pada masa awal kehamilan.
Meski dianggap umum namun keberadaannya sungguh sangat menggangu.

Untuk mengatasi morning sickness ibu hamil dapat mengkonsumsi buah semangka secara rutin di pagi hari. Dengan kadar nutrisi yang lengkap dan rasa yang nikmat, buah semangka diharapkan dapat membantu mengurangi Resiko morning sickness.

11. Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Perubahan hormon pada masa-masa kehamilan secara tiba-tiba seringkali menyebabkan pelemahan sistem kekebalan tubuh. Apabila hal ini di biarkan begitu saja, ibu hamil akan rentan terserang bibit-bibit penyakit.

Untuk mencegah hal ini ibu hamil harusnya mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C dan zat antioksidan, salah satunya adalah buah semangka.

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah semangka diharapkan apabila dikonsumsi dapat meningkatkan serta menjaga kesehatan kekebalan tubuh.

12. Melancarkan Proses Pencernaan dalam Tubuh

Buah semangka diketahui kaya akan kandungan air dan serat. Apabila dikonsumsi secara rutin kandungan air dan serat pada buah semangka dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

13. Mencegah Konstipasi dan Sembelit

Tak hanya menyebabkan melemahkan sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon terjadi pada masa-masa kehamilan dapat menyebabkan timbulnya beberapa masalah pencernaan seperti konstipasi dan Sembelit.

Nah, karena buah semangka kaya akan kandungan air dan serat yang sangat tinggi.
Buah semangka ini dapat mengatasi masalah terjadinya sembelit dan konstipasi.

14. Melancarkan Aliran Urin

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah melancarkan aliran urin. Semakin banyak volume air yang dikonsumsi oleh tubuh, maka semakin lancar pula aliran air urine dalam tubuh seseorang ( posisi tubuh dalam keadaan normal ).

Karena semangka kaya akan kandungan air maka buah semangka sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh anda dalam masa kehamilan. Harapan nya mengkonsumsi semangka dapat memperlancar aliran air urine.

15. Mengurangi Gejala Bengkak

Selain morning sickness, mual, bengkak, dan muntah itu merupakan hal yang sering dialami oleh wanita dalam masa kehamilan. 

Apabila anda mengalami bengkak pada masa kehamilan, anda bisa mengkonsumsi buah semangka untuk mengurangi gejala bengkak yang terjadi.

Dengan kandungan air yang melimpah dalam semangka diharapkan mampu melancarkan sistem peredaran darah .

Perhatian:

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, sebelum mengkonsumsi buah semangka. Yaitu diantaranya tifti boleh makan buah semangka secara berlebihan. Karena mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan justru akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah semangka:

1. Kadar Glukosa Tinggi

Pertama apabila ibu hamil mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan, maka akan berdampak pada glukosa darah menjadi tinggi dan berakibat mendatangkan penyakit diabetes Gestasional. Alangkah baiknya kurangi konsumsi buah-buahan manis sevars berlebihan sama halnya buah semangka.

2. Menyebabkan Masalah Lambung

Khusus untuk masalah lambung hal ini dapat terjadi karena memakan buah semangka yang telah dibelah atau di kupas dan dibiarkan dalam keadaan terbuka terlalu lama. Karena dapat menyebabkan mual, muntah, dan gangguan pencernaan.
Jadi alangkah baiknya makanlah buah semangka dalam keadaan baru dibuka, atau masih segar.

Mintalah rekomendasi dokter apabila ingin memasukkan buah semangka dalam agenda buah diet anda, karena dokter akan lebih paham mana yang terbaik dan tentunya memberikan masukan .

3. Membersihkan

Buah ini dapat membersihkan zat sisa dalam tubuh, tentu hal ini sangat baik.
Namun nutrisi dalam tubuh ikut juga dibersihkan.
Alangkah baiknya mengkonsumsi buah semangka jangan berlebihan, bisa berdampak negatif pada tubuh dan kesehatan .

Itulah ulasan manfaat buah semangka untuk ibu hamil, meski banyak manfaat dalam buah semangka namun dianjurkan jangan mengkonsumsi berlebihan.

Baca Juga : 8 Tips Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Supaya Tetap Sehat.

Dalam beberapa kasus buah semangka dapat efek negatif bagi kesehatan tubuh.
Apabila setelah mengkonsumsi buah semangka dan merasakan hal aneh pada kandungan segera konsultasikan ke dokter anda untuk mendapatkan informasi yang lebih baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan Janin.

Belum ada Komentar untuk "15 Khasiat dan Manfaat buah Semangka untuk Ibu hamil dan Janin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel