Pusing Setelah Makan Daging Kambing, Tanda Tekanan Darah Langsung Naik?

Blogdaffa.com - Banyak diantara kita atau di sekliling kita berkata dampak terlalu over konsumsi daging kambing dapat memicu tekanan darah mendadak naik, hal itu ditandai dengan rasa yang mendera di kepala berupa pusing-pusing. Hal ini yang mengakibatkan asumsi masyarakat bahwa daging  kambing merupakan sumber kolestrol.

Namun benarkah Opini masyarakat luas ini?
oseng daging kambing

Penyebab Pusing Setelah Makan Daging Kambing


Menurut para pakar ahli penyebab pusing yang datang spontan tanpa aba-aba karena setelah makan daging kambing ternyata adalah kandungan zat besi, tyramine, dan protein di dalam makanan lezat tersebut. Hal ini yang mengakibatkan menurun nya asupan gula ke otak dengan signifikan karena dalam daging kambing terdapat kandungan ini.

Tubuh memang sangat membutuhkan zat besi karena untuk dijadikan bahan baku pembuatan hemoglobin atau sel darah merah.
Hemoglobin sendiri bertanggung jawab mentransfer oksigen yang terkandung dalam darah untuk dikirim ke berbagai organ penting dalam tubuh manusia termasuk otak. Namun, amat di sayangkan apabila zat besi dalam tubuh mengalami lonjakan dengan cepat akibat mengkonsumsi daging kambing maka yang akan terjadi adalah sakit kepala. National Poison Control Center menyebutkan bahwa selain sakit kepala atau pusing-pusing, gejala lain dari kelebihan zat besi dalam tubuh adalah mual, tubuh terasa lemah, dan nafas yang lebih pendek.

Jika anda mengalami kondisi genetik bernama hemochromatosis yang membuat tubuh memproduksi zat besi dengan berlebihan, ada baiknya tidak mengkonsumsi daging dengan frekuensi cukup sering atau mengkonsumsi suplemen zat besi agar tidak mengalami gejala-gejala kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk masalah kandungan yang bernama tyramine yang terdapat pada daging kambing.

Kandungan tyramine sendiri dapat memicu sakit kepala selama kurang lebih 12 jam.
Lantas bagaimana penanggulangan nya, Agar tidak mengalami nyeri kepala 12jam?

Untuk menangani sakit kepala akibat makan daging kambing berlebihan cukup sederhana yaitu dengan membatasi atau mengurangi konsumsi daging kambing.
Ada baiknya memang kita menjaga asupan tyramine yang ada di daging merah ini hanya sekitar 8 hingga 18 mg dalam sehari.

Jadi kesimpulan nya jangan terlalu khawatir berlebih jika kalian ingin memakan daging kambing, terlebih di idhul adha sekarang ini.
Ayo makan, tapi pakai aturan sayangi tubuhmu dan jagalah kesehatanmu sahabat blogdaffa.com.

Sekian info yang mimin Naiya bisa berikan semoga sahabat blogdaffa.com selalu sehat dan lapang rejeki amin . Terimakasih, salam hangat Naiya 😘

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel