Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Pekarangan Rumah

Cara menanam Hidroponik Sederhana - Mempunyai hobi bercocok tanam merupakan suatu hal yang menyenangkan.

Akan lebih menyenangkan lagi apabila menyalurkan hobi memenam tersebut menggunakan cara menanam hidroponik sederhana di area sekitar pekarangan rumah. Selain tak memakan tempat dan banyak waktu, cara menanam hidroponik sederhana ini bisa di jadikan hiasan sekitar rumah layak nya kita menanam bunga.

Selain kita tidak perlu mengotori tangan dengan tanah, hidroponik sederhana ini bisa di tata dan di desain sedemikian rupa agar terlihat rapi dan bisa dijadikan hiasan rumahan.

Tak hanya itu, kita bisa memanfaatkan limbah atau barang bekas yang tidak terpakai dirumah, misal botol bekas, streoform, bak ataupun paralon.

Dalam bercocok tanaman hidroponik memang media tanam nya bisa didapat dari lingkungan sekitar, termasuk memanfaatkan barang-barang bekas yang tak terpakai lagi.

Karena hidroponik merupakan sebuah seni menanam tanaman menggunakan air sebagai media tanam bukan media tanah.

Lalu, bagaimana cara menanam hidroponik secara sederhana itu?

Cara menanam hidroponik di pekarangan rumah
Ilustrasi: Hidroponik di pekarangan rumah.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Rumah

Sebelum memulai berkebun hidroponik di pekarangan rumah. Tahap awal yang perlu disiapkan adalah alat dan bahan-bahan nya terlebih dahulu, misal botol plastik bekas air mineral dengan ukuran besar, gelas plastik, jerigen ukuran besar atau bekas wadah minyak goreng.
Kain bisa menggunakan kain sumbu atau kain panel. Selanjut nya siapkan nutrisi hidroponik dan material seperti rockwool arang sekam, pasir malang, kerikil, dan pecahan batu bata merah untuk dijadikan media tanam hidroponik.

Menanam hidroponik menggunakan cara sederhana menanam hidroponik di area pekarangan rumah bahan-bahan nya mudah didapat bukan?

Proses awal cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan rumah adalah potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian. 

Ambil potongan botol air mineral bagian atas tersebut, kemudian lubangi kecil-kecil.
Lubang tersebut di fungsikan sebagai tempat sumbu. Lubang tersebut juga berguna untuk aliran oksigen bagi tanaman hidroponik yang akan anda budidayakan.

Pasang sumbu pada lubang botol air mineral yang baru saja dilubangi.

Selanjutnya masukan potongan botol bekas air mineral bagian atas yang baru saja dipasang sumbu ke potongan botol bekas bagian bawah dengan cara potongan botol bagian atas pada bagian tutup diarahkan ke bawah, agar sumbu-sumbu yang baru saja di buat masuk ke dalam potongan botol air mineral bagian bawah.

Masukan larutan nutrisi hidroponik di botol bekas air mineral bagian bawah, supaya cairan nutrisi tersebut bisa terserap kain sumbu tersebut.

Selanjutnya pada bagian potongan botol air mineral bagian atas masukan material yang akan di jadikan media tanam misalkan rockwool, arang sekam, kerikil. Dengan memasukan material dibagian atas dan memasukan nutrisi hidroponik pada bagian bawah bisa dipastikan botol tersebut berdiri lebih kokoh dan tegap.

Kemudian ambil bibit yang akan di tanam.
Tanamkan bibit tersebut pada bagian material media tanam pada potongan botol bekas air mineral tersebut.

Bagaimana sampai tahap ini, mudah bukan?

Jenis Tanaman yang bisa di Budidayakan dengan hidroponik sederhana

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan tanaman budidaya hidroponik sederhana ini, antara lain :
  • Tomat.
  • Cabai.
  • Kangkung.
  • Sawi.
  • Seledri
  • Dan masih banyak lagi.
Agar tanaman hidroponik sederhana dalam botol bekas ini bisa berkembang dengan baik dan subur, tempatkan atau taruhlah pada tempat yang terkena paparan sinar matahari.

Bagaimana menurut Sahabat Blogdaffa.com, tertarik untuk mencoba nya bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel