Tips Mudah Cara Memperbanyak Tanaman menggunakan Stek Akar

Cara stek akar tanaman - Penyetekan ini memanfaatkan pangkal selaku fasilitas perbanyakan tumbuhan. Pada setek batang tunas keluar dari mata tunas. Pada setek pangkal tunas keluar dari bagian pangkal yang mula- mula berupa   bintil. Akar jua dapat tercipta dari bekas potongan yang semula berupa kalus. Dari kasus ini berubah sebagai tunas maupun akar. Terdapat sebagian tipe tumbuhan buah yang bisa diperbanyak dengan metode setek pangkal, antara lain jambu biji, sukun, jeruk serta kesemek.
cara stek akar pada tanaman

Cara memperbanyak tanaman dengan stek akar

Dalam melakukan penyetekan akar pada tanaman yang akan di stek, ada hal-hal yang perlu di perhatikan, simak uraian berikut:

1. Cara Mengambil Akar Tanaman

Bahan setek pangkal wajib diambil dengan metode menggali lubang di sekitar pokok tumbuhan induk. Bagian yang dipotong merupakan pangkal lateral, merupakan pangkal yang berkembang kearah samping sejajar dengan permukaan tanah. Memilih pangkal yang berdiameter dekat 1 centimeter. Sehabis pangkal diambil lubang ditutup kembali.

2. Teknik memotong akar tanaman

Akar dipotong- potong dengan panjang antara 5- 10 centimeter. Pada waktu memotong akar bagian pangkal yang dekat dengan tumbuhan maupun pangkal pokok dipotong secara serong. Bagian dekat ujung pangkal dipotong secara datar ataupun lurus. Perihal ini digunakan supaya pada waktu menyemai letaknya tidak terbalik.

3. Cara penyemaian akar

Media penyemaian setek akar dapat dari pasir. Penyemaian dapat dicoba di dalam kotak kayu ataupun di bedengan persemaian. Setek disemaikan dengan metode tegak ataupun berdiri, bisa pula dengan dibaringkan.

Teknik penyemaian stek akar tegak

Untuk penyemaian posisi tegak jarak yang digunakan adalah
5×5 centimeter. Bagian pangkal akar yang dibenamkan ke dalam media kira- kira 3 centimeter ataupun separuh dari panjang setek.

Teknik penyemaian stek akar di baringkan

Apabila penyemaian dicoba dengan metode dibaringkan:

  • Setek disusun dalam barisan. 
  • Jaraknya 5 centimeter antara barisan.
  • Tutup akar yang di stek menggunakan pasir, sehingga setek terletak pada kedalaman 1, 5– 2 centimeter di dasar permukaan media.


Sehabis 3- 4 minggu setek hendak bertunas dan berakar. Setek dapat dipindahkan ke polybag sesudah lebih kurang 2 bulan. Berikutnya setek ditaruh di dasar naungan hingga berusia kurang lebih 6 bulan.

Jenis Tanaman dan Cara perbanyak Tanaman

Sebagian jenis tumbuhan buah- buahan tertentu hingga dikala ini cuma sukses diperbanyak dengan teknik tertentu pula. Terdapat kategori tumbuhan tertentu yang tidak dapat diokulasi sebab banyak memiliki getah. Rambutan senantiasa kandas jika disambung( enten) sebab mempengaruhi asam fenolat yang teroksidasi bisa memunculkan pencoklatan( browning).

Resin serta asam fenolat ini bertabiat toksin terhadap pembuatan kalus. Sebaliknya contoh yang lain merupakan belimbing serta manggis yang tidak mudah sekali berakar apabila dicangkok sebab kalusnya cuma menggumpal serta tidak sanggup membentuk inisiasi( bakal) akar.

Dalam perbanyakan vegetatif tumbuhan buah- buahan, terdapat metode perbanyakan tertentu yang lebih menguntungkan apabila dicoba pada tipe tumbuhan tertentu pula, sehingga metode perbanyakan jadi kilat serta efektif. Tumbuhan manggis serta belimbing bakal lebih menguntungkan apabila diperbanyak dengan metode enten, sebaliknya durian menguntungkan apabila diperbanyak dengan metode okulasi.

Perbanyakan tumbuhan buah- buahan dengan metode penataan meski keberhasilannya besar, namun kurang instan dalam pengerjannya, sehingga bibit yang dihasilkan per satuan waktu jadi sedikit. Sebagai contoh seseorang pekerja yang telah terampil mengokulasi 350- 400 tumbuhan, sebaliknya buat penataan cuma dapat mengerjakan 75- 100 susunan satu hari. Oleh sebab itu perbanyakan dengan metode penataan cuma dianjurkan selaku alternatif terakhir dalam perbanyakan tumbuhan buah- buahan. Contoh pada perbanyakan tumbuhan jenis nangka kandel yang keberhasilannya kurang dari 20% bilamana diperbanyak dengan metode enten ataupun okulasi.

Dengan diketahuinya metode perbanyakan yang lebih menguntungkan buat tiap- tiap tumbuhan buah- buahan, hingga hendak diperoleh efisiensi besar dalam pengadaan bibit buah- buahan secara masal, meski dengan memakai metode konversional.

Sekian artikel tentang Cara mudah memperbanyak tanaman dengan metode stek akar  semoga memberi sedikit pengetahuan dan ada manfaatnya...

Terimakasih salam hangat Blogdaffa.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel