Cara menanam kunyit menggunakan polybag

Cara Menanam Kunyit ara Menanam Kunyit – Siapa sih yang gak kenali bakal bumbu dapur yang satu ini, kunyit ataupun yang kerap disapa kunyit ialah salah satu jenis tumbuhan akar- akaran. Dimana kunyit ini sangat kerap dijadikan sebagai bumbu masakan.

Tidak hanya dijadikan bumbu masakan, kunyit jua memiliki banyak khasiat lain loh, antara lain dapat dijadikan pewarna natural, obat serta jamu herbal yang bisa mengobati sekian banyak penyakit.

Kunyit memiliki salah satu keunggulan ialah dapat mengusir hama yang terdapat disekitar tumbuhan kunyit. Jadi bila kamu bimbang bagaimana triknya mengusir hama pada tumbuhan semacam terong, bawang dan lain- lain. Kalian layak menanam kunyit disekitar tumbuhan terong, bawang serta yang lain.

Karna itulah mengapa saya disini memutuskan untuk membuat ulasan tentang cara menanam kunyit. Karena memiliki khasiat yang banyak sekali tidak cuma untuk kita juga buat tanaman yang terdapat disekitar kunyit.

Supaya tidak penasaran kita langsung saja masuk ke topik ulasan.

Panduan Cara Mudah Menanam Kunyit yang baik dan benar

Sebelum kita merambah tahapan- tahapan menanam kunyit. Terdapat sekian banyak fakta yang wajib kita tahu supaya nantinya tidak jadi hambatan maupun keluhan.

  1. Kunyit merupakan tanaman tahunan, jadi bila kamu mau memanen kamu wajib menunggu antara 8- 12 bulan, baru dapat dipanen tumbuhan kunyit ini.
  2. Ada baiknya menanam kunyit menggunakan polybag, karena nanti bakal lebih gampang dalam pemanenan kunyit. 

Pemilihan dan Penyemaian Bibit Kunyit


Dalam pemilihan bibit yang bermutu terdapat beberapa langkah yang saya sarankan supaya kunyit dapat bertumbuh dengan banyak cabang( tunas).

  1. Pastikan bibit memiliki banyak tunas.
  2. Bibit yang dipakai berasal dari tanaman kunyit yang telah berusia 8 bulan, sebab semaikin tua bibit kunyit maka akan terus menjadi banyak tunas yang berkembang.

Pastikan pula kalau jumlah bibit sesuai dengan polybag yang ada, sebab satu polybag cuma dapat menampung satu bibit. Berikutnya kita tinggal menyemai bibit kunyit. 

Cara penyemaian bibit kunyit :

  • Siapkan rendaman air dengan larutan ZPT, kemudian rendam bibit kunyit selama 3 jam.
  • Pastikan anda meletakkan bibit kunyit ditempat lembap dan teduh yang bersuhu25-27 cecius selama 1-1,5 bulan hingga kunyit tumbuh tunas.
  • Siram tanaman kunyit seperti biasa, dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Pengolahan Tanah dan Media Tanam


Ambilah tanah yang hendak kita gunakan yaitu tanah yang gembur serta banyak cacing kecil di dalam tanah. Kalian dapat membuat tanah dengan kombinasi kompos dan pupuk kandang. dengan perbandingan antara tanah serta pupuk 2: 1.

Sesudah mencampurkan tanah dengan pupuk, saatnya memasukkan tanah yang telah dicampur kedalam polybag maupun pot. Sebelum memasukkan media tanah ada baiknya kalian menyimpan batu maupun genteng yang telah di pecahkan ke dalam polybag maupun pot tepatnya pada bagian dasar.

Ini Bertujuan supaya bibit kunyit pada saat disiram air tidak bakal hanyut terbawa mengikuti arus keluarnya air. 

Cara Menanaman Bibit Kunyit


Berikutnya teknik penanaman yang baik  bibit sesudah disemai dan serta sudah tumbuh tunasnya. Terdapat beberapa langkah yang butuh kita perhatikan supaya hasil bibit kunyit berlimpah, berikut ini kiat penanaman nya: 

  1. Buatlah lubang bundaran pada media tanam yang sudah terletak di polybag dengan kedalaman 8 centimeter.
  2. Masukkan masing- masing bibit kedalam lubang yang telah disiapkan pada polybag.
  3. Kasih tanah yang telah dicampurkan pupuk kompos serta kandang, kemudian tutup lubang tersebut.
  4. Supaya bibit tidak stress sirami sedikit pada bagian lubang tadi. 
Nah Cukup mudah bukan, semoga artikel di atas bisa bermanfaat terimakasih salam hangat Daffa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel