Cara praktis membuat bibit cabai unggul hemat dan mudah

Cabai adalah buah yang beraneka ragam kegunaan nya. Bisa buat lalap bersama gorengan atau cemilan, sambal dan beraneka ragam bumbu masakan.
Cara praktis membuat bibit cabai unggul hemat dan mudah
cara membuat bibit cabai murah meriah
Menanam cabai tak harus menuntut dengan membeli bibit cabai unggul yang harganya cukup lumayan, terlebih kita ingin membeli dalam skala kecil dengan tujuan ingin menanam cabai pengisi lahan kosong, bukan menanam cabai skala besar untuk tujuan bisnis.
Memang benih cabai unggul merupakan faktor utama penunjang kesuksesan dalam hal upaya budidaya cabai di pekarangan rumah, akan tetapi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli bibit cabai yang lumayan mahal dan satu paket itu terlalu banyak jika hanya sekedar pengisi lahan kosong di pekarangan rumah.


Karena kita bisa mensiasati harga bibit cabai unggul dengan cara membuat bibit cabai unggul dengan murah, hemat dan praktis tak hanya itu kita bisa menentukan seberapa banyak kebutuhan benih cabai yang akan kita tanam, berikut cara nya :

Tips Mudah membuat Benih Cabai Unggul Murah dan Berkualitas Tinggi :

Dalam membuat benih cabai unggul kita tidak di tuntut untuk merogoh kocek terlalu mahal, cukup butuh usaha, ketelitian dan kesebaran.

Alat dan Bahan :

  1. Cabai yang akan dijadikan bibit, cabai harus matang (merah merata) sehat dan tidak ada bekas terserang penyakit (hama) cabai.
  2. Wadah digunakan untuk menampung biji cabai.
  3. Pisau.


Langkah Mudah membuat Bibit Cabai Unggul Murah tapi bukan Murahan.

Adapun beberapa langkah yang harus kita lakukan sebelum membuat bibit cabai unggul yaitu :
  1. Ambil cabai yang tua dengan kriteria yaitu: cabai sehat dan masih segar tanpa ada bekas serangan hama atau penyakit yang menyerang cabai, hal ini bertujuan untuk membuat benih yang kita buat itu bisa menjadi bibit unggul.
  2. Potong 3/4 bagian atas dan bawah cabai, karena bagian atas dan bawah cabai tersebut pada umum nya biji yang di hasilkan kurang bagus.
  3. Setelah cabai dipotong, ambil bagian cabai tengah. kupas kulit cabai dengan pisau kemudian pisahkan biji dengan kulit. kumpulkan biji dan kulit dalam wadah (tempat) terpisah, kulit cabai masih bisa kita manfaatkan untuk bumbu atau sambal, sayangkan kalau dibuang :) hehe
  4. Ambil wadah yang berisi biji cabai, kemudian kita jemur dibawah terik matahari dengan durasi kurang lebih 1 - 2 jam. jangan terlalu lama dalam menjemur, hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi bibit cabai yang akan kita hasilkan, bisa berdampak mati ( tidak berkecambah) ketika di semai.
  5. Setelah waktu penjemuran dirasa cukup, angkat benih cabai tersebut. Lalu kita simpan, jangan langsung disemai untuk mendampat bibit cabai yang bagus.



Nah itu penjelasan singkat tentang Cara membuat benih cabai unggul, murah dan mudah yang dapat Blogdaffa.com sampaikan.

Apabila banyak tulisan yang kurang tepat atau sulit dipahami silahkan tuliskan pertanyaan sobat.
Sekian, selamat mencoba salam sukses.

Belum ada Komentar untuk "Cara praktis membuat bibit cabai unggul hemat dan mudah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel