Tips Mudah membuat Rockwool dengan bahan sederhana

Cara membuat rockwoolBercocok tanam memang suatu hal yang asik untuk dilakukan, baik hanya sekedar hobi atau bahkan terjun kedunia usaha budidaya tanaman. Namun untuk memulai menanam tanaman hias sebagai penghias rumah atau ingin berkebun di area pekarangan rumah, pasti ada saja rasa malas terlebih takut kotor dengan tanah dan jijik dengan pupuk kandang. Akan tetapi dengan metode menanam menggunakan rockwool ketakutan kita atau rasa malas kita bisa kita hindari, karena menanam dengan rockwool merupakan trends saat ini yaitu kita menanam tanaman tidak memerlukan tanah sebagai media tanam, dan menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk tanaman. Kita hanya hanya menggunakan air sebagai media tanam. Lalu bagaimana cara membuat rockwool? Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara membuat rockwool, akan lebih baik jika kita mengetahui apa itu rockwool, yang akan kami uraikan di bawah ini.

Cara mudah membuat rockwool

Pasti diantara pembaca sekalian masih belum mengerti apa sih rockwool itu?
Rockwool ialah media menanam tanaman yang terbuat dari aneka batu-batuan dan tanpa ada unsur tanah. Rockwool sering digunakan untuk menanam tanaman hias dan sayur-sayuran oleh pembudidaya tanaman hidroponik. Untuk mendapatkan rockwool ini juga sangat mudah kita bisa mendapatkan nya dipasar atau berbelanja di online shop. Namun harga rockwool sendiri terbilang cukup lumayan mahal, terlebih untuk menanam dengan jumlah skala besar. Lantas bagaimana cara mudah membuat rockwool dengan bahan sederhana untuk media tanam?

Cara Membuat Rockwool

Cara membuat rockwool bisa dibilang sederhana, namun proses pembutan tidak bisa dianggap mudah begitu saja, terlebih untuk orang awam, tentu menurut pandangan mereka akan tidak masuk akal jika menanam tanaman tanpa melibatkan media tanah. Pada umumnya rockwool sering dijadikan media tanam hidroponik bagi kalangan budidaya tanaman dengan menggunakan hidroponik.

Bahan-bahan membuat Rockwool

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rockwool umumnya adalah :
  • Batu kapur
  • Batuan basalt
  • Batu bara
Bahan-bahan diatas perlu dipanaskan terlebih dahulum. Apabila bahan-bahan yang disebutkan diatas terbilang sangat sulit untuk ditemukan. Ada beberapa bahan sederhana untuk membuat rockwool , bahan-bahan untuk membuat rockwool sederhana antara lain :
  • Kaca
  • Batu (batu kapur, batu vulkanik dari gunung berapi, atau batu bara)
  • Keramik

Proses pembuatan Rockwool

Setelah mengumpulkan beberapa bahan yang kami sebutkan diatas lanjut ke langkah cara membuat rockwool sederhana sebagai media tanam hidroponik.
  1. Pertama ambilah kaca. Kemudian panaskan kaca tersebut dengan suhu 230 - 260 derajat celcius.
  2. Ambilah bahan batu. Lakukan hal yang sama dengan kaca yaitu dipanaskan. Untuk batu-batuan ini pemanasan suhunya harus dinaikan antara 700-850 derajat celcius.
  3. Langkah selanjutnya panaskan keramik dengan suhu 1200 derajat celcius.
  4. Tunggu ketiga bahan diatas hingga melebur seperti lava gunung berapi. Setelah itu langkah selanjutnya menunggu bahan-bahan yang telah menjadi lava dingin. Ketika bahan-bahan diatas dingin maka akan terbentuklah serat-serat.
  5. Setelah bebatuan yang telah membentuk serat-serat kumpulkan serat-serat tersebut lalu dipotong, dan ambilah sesuai kebutuhan.
  6. Rockwool siap digunakan sebagai media tanam.

Keuntungan Menanam Menggunakan Rockwool

Tak bisa dipungkiri menanam tanaman menggunakan media tanam rockwool memiliki banyak keuntungan. Keuntungan menanam menggunakan rockwool antara lain :
  • Ramah lingkungan, pasalnya kita bisa memanfaatkan sisa-sisa potongan keramik dirumah.
  • Lebih menghemat pupuk.
  • Tidak memiliki kandungan pathogen yang umumnya menyebabkan bibit penyakit pada tanaman ataupun sayuran yang ditanam.
  • Bisa meminimalisir penggunaan disinfektan yang akan mempengaruhi sayuran menjadi tidak sehat atau berbahaya apbila kita konsumsi sehari-hari.

Dengan menggunakan rockwool sebagai media tanam merupakan alternatif terkini bagi para petani. Namun tak hanya petani saja yang dapat menikmati trends menanam menggunakan media tanam rockwool, masyarakat yang tak mempunyai lahan pekarangan yang luas khusus nya yang tinggal dikota-kota besar bisa mempraktekan menanam sayuran dengan hidroponik, alasannya sederhana karena menanam tanaman hidroponik tak perlu lahan yang luas.

Baca Juga : Cara Bertanam Hidroponik Dengan Botol Bekas di Rumah.

Semoga artikel diatas tentang Tips Mudah membuat Rockwool dengan bahan sederhana dapat memberikan informasi dan edukasi kepada kita semua.

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian. Salam hangat Daffa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel