Tips Mudah Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Blogdaffa.com - Anda sudah pasti tidak asing dengan istilah hidroponik. Sebenarnya apa itu hidroponik?
Hidroponik merupakan alternativ dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa memakai tanah dan memfokuskan pada asupan nutrisi untuk tanaman. Menggunakan sistem menanam menggunakan hidroponik kita tak membutuhkan begitu banyak air, bahkan bisa dikatakan konsumsi tanaman hidroponik lebih sedikit dibanding menanam menggunakan tanah secara langsung. Teknik budidaya menanam tanaman menggunakan metode hidroponik untuk saat ini sangat diminati, lantaran memiliki keuntungan perawatan tanaman yang mudah dan juga bisa di apikasikan kepada semua orang, lantaran hidroponik ini tak membutuhkan banyak lahan luas.


Lain halnya dengan menanam tanaman secara langsung ditanah. Tentu ini sangat sulit diaplikasikan jika kita tinggal di perkotaan, terlebih lagi tempat yang kita tinggali tak memiliki pekarangan rumah yang luas. Namun dengan terobosan terbaru cara membuat media tanam hidroponik sederhana dan murahini, kita bisa mempunyai kebun sayuran yang sehat bebas pestisida di lingkup rumah kita. Umumnya cara membuat media tanam hidroponik sederhana ini di khususkan untuk menanam tanaman jenis sayur mayur, dikarenakan pohon nya yang sekali petik (panen) lain halnya untuk tanaman jenis buah-buahan. Berikut jenis tanaman yang dapat ditanam menggunakan teknik menanam hidroponik sederhana dan murah di antaranya ialah cabe, pakcoy, selada, bayam, caisim (sawi hijau), dan lain sebagainya. 


Media tanam hidroponik

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik


Alat dan Bahan yang dibutuhkan Untuk Membuat Media Tanam Hidroponik

Langkah pertama sebelum memulai cara membuat media tanam hidroponik sederhana ialah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat media tanam hidroponik. Kita bisa menggunakan barang yang sudah tidak terpakai dirumah kita, bisa juga memanfaatkan limbah di lingkup pekarangan rumah kita, lebih baik di manfaatkan untuk membuat media tanam hidroponik daripada menjadi sampah. Berikut dibawah ini beberapa alat dan bahan yang di butuhkan :


  1. Botol bekas air minum kemasan yang sudah tidak dipergunakan lagi. Untuk ukuran bebas tergantung selera atau yang dipunyai.
  2. Gelas plastik.
  3. Jerigen plastik, bisa juga menggunakan jerigen bekas asal tidak bocor.
  4. Kain untuk sumbu.
  5. Nutrisi hidroponik.
  6. Media tanam, ini bisa di sesuaikan utamakan yang paling mudah ditemukan diantaranya : kerikil atau pasir, sekam, rockwool, pecahan batu bata, arang.


Alat dan bahan diatas sangatlah mudah kita temukan disekitar rumah kita kan?
Selain itu dengan cara membuat media tanam hidroponik sederhana dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah rumah tangga, kita memiki keuntungan yaitu dapat menghemat uang untuk menciptakan kebun sayur-sayuran sehat dan bebas pestisida yang dapat kita petik kapan saja dalam keadaan masih sangat segar.

Pemilihan Alat dan Bahan Hidroponik Sederhana


Alat dan bahan yang di uraikan diatas merupakan salah satu alternativ dalam bercocok tanam menggunakan hidroponik agar lebih menghemat pengeluaran. Kecuali anda ingin mendesain tata letak dan penempatan tanaman hidroponik agar lebih elegan, cantik, dan terlihat lebih rapi, cara membuat media tanam hidroponik sederhana selanjutnya yang dapat anda praktekan .


  • Menanam tanaman dengan media hidroponik pada umum nya menggunakan paralon baik besar atau kecil itu mengikuti selera masing-masing, usahakan memilih paralon dengan ukuran yang sama besar, ini bertujuan agar memudahkan dalam membentuk dan peletakan nya agar bisa meminimalisir penggunaan lahan yang cukup banyak.
  • Pilihlah media tanam untuk hidroponik dianjurkan menggunakan rockwool yang di buat dari bahan batuan vulkanik yang telah di sterilkan dengan cara dipanaskan hingga terbentuk serat-serat pada batuan tersebut, ini bertujuan untuk antisipasi hama dan penyakit yang masih tertinggal dalam rockwool.
  • Penempatan tanaman hidroponik dianjurkan untuk meletakan di tempat yang datar, terlindung dari guyuran air hujan, dan masih mendapatkan asupan sinar matahari.

Cara membuat Media Tanam Hidroponik


  1. Potonglah botol plastik menjadi dua bagian (bagian atas dan bagian bawah).
  2. Lubangilah bagian atas botol tepatnya di bagian leher, ini berfungsi untuk tempat pemasangan sumbu dan sebagai tempat aliran udara.
  3. Pasanglah kain kelubang dibagian leher botol untuk menjadikan sumbu.
  4. Ambil potongan botol bagian bawah, kemudian pasangkan potongan botol bagian atas tepat diatas potongan botol bagian bawah dengan posisi terbalik atau bibir botol dibagian bawah.
  5. Masukan media tanam pada botol bagian atas tepat nya di atas sumbu. Media tanam ini dipergunakan sebagai tempat dimana tanaman hidroponik ini tumbuh.
  6. Masukan benih sayuran ke dalam media tanam.
  7. Tahap selanjutnya kita tinggal melakukan penyiraman dan memberikan nutrisi hidroponik.


Peletakan tanaman hidroponik ini, disarankan untuk meletakan di tempat yang kering, bebas dari air hujan, namun masih mendapat asupan sinar matahari.

Keuntungan Menanam menggunakan Metode Hidroponik


Cara membuat media tanam hidroponik sederhana dengan biaya murah sangat mudah di praktekan dirumah. Selain itu masih ada banyak keuntungan yang didapatkan dalam bercocok tanam menggunakan hidroponik yang dapat kita rasakan.

  • Kita memiliki kebun sayuran yang sehat alami dan masih segar, tentunya terhindar dari pestisida.
  • Kita dapat memetik langsung hasil dari tanaman hidroponik tanpa memerlukan banyak waktu, dan juga kita bisa memanen saat kita membutuhkan itupun dalam keadaan masih segar.
  • Dapat menghemat pengeluaran uang untuk belanja sayur-sayuran, karena kita telah menciptakan sayuran yang segar secara alami.
  • Dari segi perawatan ini relatif mudah jika dibandingkan dengan bercocok tanam di media tanah langsung.

Demikian pembahasan tentang Tips Mudah Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana yang dapat anda praktekan sendiri dirumah dengan mengikuti langkah demi langkah diatas.
Jangan lupa share artikel ini ke media sosial kalian, agar teman-teman kalian tahu bagaimana cara membuat media tanam hidroponik mudah dan murah.

Terimakasih telah berkunjung salam hangat Daffa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel