Pengertian Hidroponik dan kelebihan serta kekurangannya

Blogdaffa.com - Hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya.
Hidroponik juga di kenal sebagai Soilles Culture atau budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Jadi hidroponik menanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Pengertian hidroponik

Hidroponik merupakan trobosan terbaru dalam budidaya tanaman atau pertanian dengan menggunanakan metode terbaru tanpa adanya unsur tanah. Hidroponik sendiri lebih menekankan memanfaatkan air sebagai media tanam yang dibubuhi nutrisi sebagai penunjang pertumbuhan serta kesehatan tanaman .
Hidroponik sendiri lebih sedikit pengonsumsian air di banding bercocok tanam menggunakan media tanah. Hidroponik sangat cocok untuk di lakukan di lingkungan yang tandus dan gersang karena tanpa melibatkan tanah disekitar budidaya tanaman .

Cara menanam Hidroponik

Metode/cara menanam dengan Hidroponik

Ada banyak metode berkebun menggunakan teknik hidroponik, saya contohkan ada 3 sebagai berikut :

Baca juga : Cara Menanam dan Merawat bunga Matahari.

  1. Metode Kultur air sering dikenal sebagai metode nutriculture atau aquaculture adalah sebuah metode untuk menumbuhkan tanaman menggunakan air. Metode ini menggunakan air yang telah dicampur dengan pupuk atau mineral yang di masukan ke toples atau botol tabung yang terbuat dari bahan kaca sebagai media tanam, air yang di campur pupuk dimasukan kedalam toples ataupun tabung kaca tersebut bertujuan untuk merendam akar tanaman tersebut sebagai pensuplai kebutuhan makanan untuk tanaman itu. Menggunakan metode ini hanya cocok untuk menumbuhkan atau untuk tanaman hias sebagai penghias ruangan, dengan menggunakan metode ini tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.
  2. Metode Kultur Porrus atau agregat adalah menanam tanaman menggunakan pasir, kerikil, pecahan genteng atau batu bata, serbuk kayu, dan lain-lain sebagai tempat dimana tanaman itu tumbuh. Menggunakan metode ini sebelum memulai baik nya media tumbuh wajib disterilkan ini diupayakan untuk membunuh hama yang terkandung dalam calon media yang akan digunakan, karena media tersebut sebagai tempat akar menghisap air yang dilarutkan pupuk atau mineral .
  3. Metode Aeroponik yaitu metode menanam dengan tanaman di gantung sehingga akar melayang diudara, dan secara berkala harus menyemprotkan air yang telah dicampur pupuk nutrisi tanaman. Menggunakan metode ini sangat ribet karena membutuhkan waktu luang dan tenaga terlebih jika menanam partai besar.

Nutrisi Hidroponik

Nutrisi untuk tanaman hidroponik ada dua cara anda bisa dengan membeli nutrisi tersebut ke toko pertanian atau olshop, yang kedua anda bisa meracik sendiri sebagai nutrisi organik dengan komposisi nutrisi yang pas pasti akan menghasilkan yang puas.


Baca juga : Cara membuat media tanam kompos dengan sekam padi dicampur arang dan tanah - berikut kelebihan dan kekurangan media tanam hidroponik dengan arang.

Hidroponik Sederhana

Untuk yang masih tahap belajar atau pemula baiknya menggunakan teknik hidroponik sederhana ini bertujuan untuk menekan biaya awal . Model hidroponik sederhana bisa memanfaatkan paralon atau limbah toples bekas dan botol air mineral bekas.

Manfaat dan keunggulan menanam dengan hidroponik

  1. Hidroponik tidak tergantung pada musim dan tempat ( ketinggian dan kegersangan lingkungan), karena semua dapat di kontrol khusus oleh manusia.
  2. Teknik bertanam yang hemat lahan sekalipun tidak memiliki halaman rumah, atau bahkan tinggal di apartemen sempit sekalipun.
  3. Menghasilkan kualitas yang lebih unggul dibanding tanaman yang menggunakan media tanam tanah.
  4. Menghemat pupuk karena penggunaan pupuk dapat diukur sesuai kebutuhan tanaman.
  5. Terbebas dari hama dan gulma serta penyakit yang bersarang di dalam tanah.
  6. Pembudidaya tanaman yang menggunakan metode hidroponik dapat menciptakan produk bioteknologi baru yang dapat dimanfaatkan setiap hari.
  7. Biaya relatif hanya membutuhkan tenaga dan waktu yang luang.
  8. Tenaga yang diperlukan tidak membutuhkan ahli dari luar negri, cukup menggunakan tenaga tetangga yang belum memiliki pekerjaan.

Kekurangan menanam menggunakn Hidroponik

  1. Membutuhkan biaya besar jika ingin menanam partai besar
  2. Perangkat dan alat pemeliharaan yang masih langka, terlebih tinggal dipelosok. Hidroponik belum dikenal seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, Maka alat tertentu pastinya akan sulit ditemukan.
  3. Membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang ekstra dikarenakan kita harus mengontrol nutrisi yang di berikan serta harus rajin mengecek pH pada (tingkat keasaman) pada media tanam .
  4. Memiliki keterampilan dan kreatifitas khusus untuk menata tanaman agar enak dipandang (acak-acakan) dalam penempatan tanaman.

Sekian ulasan tentang Pengertian hidroponik dan kelebihan serta kekurangannya bagaimana menurut anda tertarik untuk mencobanya?

Terimakasih, salam hangat Daffa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel