Manfaat bunga Matahari untuk kesehatan tubuh, dari akar hingga biji bunga Matahari

Blogdaffa.com - Bunga Matahari yang mempunyai nama latin helianthus annus, merupakan tanaman hias yang multi fungsi. Selain indah di pandang atau dijadikan penghias kebun dan pekerangan rumah. Bunga matahari juga sangat mudah di tanam dihalaman rumah baik menggunakan pot bunga ataupun polybag, bahkan juga bisa langsung ditanam ditanah pekarangan rumah yang memiliki pencahayaan yang cukup.


Bunga matahari selain dijadikan tanaman hias bisa juga dijadikan vegetasi untuk tanaman herbal .Tanaman ini memiliki berbagai macam khasiat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit dari akar hingga biji bunga matahari (kuaci), berikut khasiat dan manfaat bunga matahari untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat bunga matahari

Manfaat biji bunga Matahari.

Kuaci adalah julukan dari biji bunga matahari yang sering di sebut. Kuaci sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia, yaitu gamma-tocopherol atau Vitamin E. Vitamin E banyak mengandung antioksidan yang dapat ditemukan di biji-bijian dan kacang-kacangan, termasuk biji bunga matahari atau kuaci, antioksidan sendiri dimanfaatkan oleh tubuh untuk melawan kerusakan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Kuaci juga sangat cocok untuk ngemil sambil nonton televisi atau duduk santai bareng keluaraga. Hayo... disini siapa yang doyan ngemil kuaci??
Selain rasanya yang gurih ternyata kuaci dapat menyehatkan jantungloh..
Kenapa demikian?
Karena zat yang terkandung dalam kuaci mampu mengurangi kadar kolestrol LDL dan mampu mencegah hipertensi. Tidak hany itu loh... 

Berikut manfaat 3 manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan.


1. Membantu melawan Osteoporosis dan Kram pada Otot.


Kandungan magnesium tinggi yang terdapat pada kuaci dapat menyeimbangkan kalsium dan kalium pada tubuh. Selain itu kandungan magnesium dapat mencegah pengroposan tulang dan meredakan sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

2. Membantu menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Kandungan lipid asam lemak esensial dalam kuaci menjaga kulit tetap lembab serta menjaga kerusakan yang ditimbulkan akibat terkena terik sinar matahari secara langsung dan polusi lingkungan sekitar.

3. Mecegah Diabetes.
Nutrisi dalam kuaci dapat menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang di derita banyak orang akibat diet terlalu ketat meninmbulkan tingginya gula darah. Magnesium yang terdapat pada biji bunga matahari dapat melawan atau menangkal serta melindungi lonjakan gula darah.

Manfaat minyak ekstrak biji bunga matahari.

Sebuah study khusus pedoman diet dari Department of Health and Human Service di Amerika, mengatakan sumber minyak yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari dapat meredakan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Karena pada dasarnya, minyak bunga matahari mengandung banyak lemak yang tak jenuh kaya akan asupan nutrisi.

Minyak bunga matahari merupakan hasil dari ekstrak biji bunga matahari, minyak ini biasa di gunakan sebagai obat sembelit dan untuk racikan resep masakan tertentu.

2 Manfaat penting yang terdapat pada minyak biji bunga matahari.


1. Antu Inflamasi

Menggunakan minyak ini dapat dioleskan ke wajah secara langsung pada kulit, ini bertujuan sebagai penghilang jerawat. Seperti yang kita ketahui jerawat diakibatkan ketika kulit diwajah mengandung banyak minyak berlebih dalam folikel bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, B, C, D, E, dan asam esensial yang terkandung dalan minyak biji bunga matahari dapat melindungi serta mencegah kulit terhubung dengan bakteri yang bersarang pada kulit.

2. Kaya akan Omega 6

1 sendok makan minyak biji bunga matahari mengandung kurang lebih 8,9gram asam linoleat. Asam linoleat merupakan enam asam tak jenuh ganda (omega-6). Lemak jenis ini merupakan bagian yang sangat penting disaat diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14gram omega-6 per hari.


Manfaat kelopak atau pangkal bunga Matahari.

Pada bagian bunga berkhasiat meredakan nyeri saat sakit kepala, menurunkan tekanan darah, nyeri lambung, nyeri pada saat haid, meringankan sakit gigi, radang payudara, rheumatik, dan kesulitan saat melahirkan.


Cara membuat ramuan herbal dari bunga matahari.

1. Untuk mengobati radang payudara.
Potonglah bagian kepala bunga secara halus dan lembut, Pisahkan biji bunga matahari. Kemudian jemur, setelah kering di sangrai (sangan) sampai gosong, kemudian tumbuk sampai menjadi serbuk tepung yang halus. 
Untuk cara penggunaan nya, ambilah 10 - 15gram tepung kemudian campur dengan arak putih, tambahkan air hangat dan gula secukupnya.
Minumlah ramuan ini 3x sehari. Untuk pertama kali minum ramuan ini diwajibkan mengeluarkan keringat, oleh sebab itu dianjurkan tidurlah menggunakan selimut tebal.

2. Mengobati Rematik.
Untuk mengobati rematik, ambilah bunga matahari. Kemudian rebus dengan air secukupnya sampai air mengental.
Cara penggunaan air kental tersebut tempelkan pada bagian yang terasa sakit.


Manfaat Akar bunga Matahari.

Bagian akar bunga matahari berkhasiat untuk meredakan peradangan, menghilangkan nyeri, meluruhkan air seni, keputihan, meredakan batuk rejan, menyembuhkan radang pada bagian saluran pernapasan, dan mampu mengobati infeksi saluran kencing.

1. Melancarkan buang air besar dan kecil menggunakan akar bunga matahari. Rebuslah akar bunga matahari sebanyak 15-30gram.

2. Mengobati infeksi pada saluran kencing.
Rebuslah akar sebanyak 30gram. Usahakan jangan merebus akar sampai terlalu lama, angkatlah ketika air sudah mendidih . Dinginkan kemudian minum.

Manfaat daun bunga Matahari .

  • Meredakan nyeri lambung.
  • Kanker Esophagus.
  • Air kemih berdarah ( chyluria).
  • Merangsang pengeluaran air kemih.
  • Menghilangkan rasa nyeri pada saat buang air kemih.

Berikut ulasan tentang Manfaat bunga Matahari untuk kesehatan tubuh manusia, dari akar hingga biji bunga Matahari.
Bagaimana menurut anda?
Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosial media, agar teman-teman kalian tahu apa itu manfaat bunga matahari bagi kesehatan tubuh manusia.

Terimakasih sudah berkunjung, Salam hangat Daffa.