Cara Sederhana Memijah Lele

Cara memijah lele - lele merupakan jenis ikan yang sangat familiar dikalangan masyarakat indonesia, pasalnya lele sangat mudah kita jumpai. Tak hanya itu lele biasa dijadikan untuk konsumsi, seperti pecel lele, atau diolah dengan beberapa resep menu dijamin rasanya maknyus. Lele juga tak hanya dijadikan sebagai ikan konsumsi saja, lele juga sering dipakai untuk lomba memancing, ada yang pernah ikut lomba memancing lele di kolam pemancingan?
Mengingat akan banyak nya kebutuhan pada lele, secara tidak langsung ini mempengaruhi permintaan pasar yang kian tinggi. Dengan budidaya ikan lele tentu merupakan peluang usaha sampingan yang dapat kita aplikasikan dirumah. Lalu bagaimana mana cara memulai usaha budidaya lele, dan bagaimana cara mendapatkan benih lele unggul?

Cara mudah memijah lele

Untuk mendapatkan benih lele unggul kita bisa mendapatkan dengan cara membeli di penjual atau pembudidaya lele, kita bisa juga dengan cara memijahkan lele alami dengan cara yang sederhana dirumah yang akan kami ulas dibawah ini.

Cara Memijah Lele Secara Alami

Dalam proses budidaya ikan lele ada cara yang dinamakan pemijahan. Pemijahan ikan lele merupakan suatu teknik memperbanyak ikan dengan cara mengawinkan antara induk lele jantan dan induk lele betina. Dari anakan kedua induk lele itulah yang kita akan kembangkan menjadi bibit ikan lele atau bisa kita jual ke peternak lele. Untuk langkah demi langkah cara memijah lele simak uraian artikel dibawah.

1. Menyiamkan Media untuk Pemijahan

Langkah awal kita harus menyiapkan tempat untuk sarana pemijahan ikan lele. Persiapkan kolam atau bak dengan ukuran 2 x 3 meter dengan kedalaman 1 meter. Selanjutnya cuci media yang akan dijadikan tempat pemijahan menggunakan larutan permanganat dengan dosis 1 sdt yang sebelumnya telah dicampur menggunakan air sebanyak kurang lebih 3 liter. Buatlah bingkai kakaban yang terbuat dari ijuk dengan bambu, kakaban inilah yang nanti nya akan digunakan ikan lele bertelur. Setelah media pemijahan dicuci bersih langkah selanjutnya adalah mengisi media pemijahan ikan lele dengan air bersih setinggi 40cm.

2. Memilih Indukan Lele yang Berkualitas

Kita harus selektif dalam hal memilih indukan lele yang akan kita pijah nantinya. Dengan indukan lele yang berkualitas ini akan mempengaruhi kualitas bibit ikan lele yang akan kita hasilkan dari pemijahan ikan lele tersebut. Berikut ciri-ciri indukan lele yang sudah matang atau sudah siap untuk kita pijahakan :
  • Lihat pada bagian perut calon indukan ikan lele, pilihlah yang terlihat besar dan ketika kita rabat perutnya terasa lunak.
  • Perhatikan bagian dubur atau anus calon indukan lele yang akan kita pijah. Indukan lele yang siap untuk dipijah biasanya berwarna kemerahan dan bagian tempat keluar telur terlihat lebar dan lunak.
  • Urut secara perlahan perut ikan lele dari atas kebawah sekitar anus maka akan mengeluarkan cairan putih kental menyerupai sperma.
  • Langkah selanjutnya amati perilaku ikan lele tersebut. Ikan lele yang sudah matang atau siap dipijah umumnya bergerak lincah dan sangat aktif bergerak.

3.Merawat Indukan Lele yang Akan dipijah

Seperti yang sudah saya singgung diatas, untuk mendapatkan benih atau bibit ikan lele yang berkualitas maka selain indukan yang berkualitas kita juga perlu melakukan perawatan indukan yang akan kita pijah, agar indukan dalam prosese pemijahan dalam keadaan sehat. Pemberian pakan untuk indukan yang akan dipijah menggunakan ikan rucah atau bekicot. Untuk pemberian pakan sehari dua kali yaitu pagi dan sore, jumlah makanan yang akan diberikan ke indukan ikan lele adalah 10% dari berat badan indukan lele tersebut. Untuk memudahkan proses pemijahan ikan lele, sebaiknya letak kan bak penampungan induk ikan lele bersebelahan dengan media pemijahan ikan lele tersebut.

Teknik pemijahan Lele

Setelah yang saya tulis diatas semua sudah siap, langkah selanjutnya ialah cara memijah ikan lele sebagai berikut :
  1. Isilah media pemijahan ikan lele dengan ketinggian air 40cm.
  2. Pasangkan kakaban ke media pemijahan ikan lele yang sebelumnya telah dipersiapkan, letak kan kakaban hingga permukaan air tertup 80%. Kemudian masukan indukan ke media pemijahan dengan perbandingan 1 induk betina dan 2 indukan jantan.
  3. Setelah melepaskan indukan lele ke media pemijahan, selanjutnya kita tinggal menunggu. Pemijahan umumnya berlangsung pada malam hari, dengan ditandai indukan jantan dan betina lele saling mengejar.
  4. Keesokan hari maka kita akan melihat telur-telur dari indukan lele yang kita pijahkan. Apabila penampakan telur telah terjadi maka proses pemijahan yang kita lakukan telah berhasil.

Cukup mudah bukan teknik sederhana memijah ikan lele yang dapat anda praktek kan dirumah. Selamat mencoba untuk budidaya ikan lele, semoga sukses


Demikian cara memijah ikan lele secara sederhana yang dapat blogdaffa.com sampaikan. Terimakasih atas kunjungan nya, jangan lupa klik share ke media sosial kalian , agar teman-teman kalian yang ingin terjun kedunia budidaya lele tahu cara memijah ikan lele secara sederhana dirumah. Salam hangat Daffa.