Cara Mudah membuat Kolam Ikan yang Baik dan Benar

Cara membuat kolam ikan - Seperti yang kita ketahui kolam merupakan habitat yang di ciptakan manusia untuk budidaya ikan. Kolam merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya ikan, jika kolam ikan memenuhi kebutuhan ikan baik dari segi kesehatan dan kenyamanan secara otomatis ikan akan bertumbuh dengan sehat dan cepat, hal ini tak terlepas dari bibit ikan unggul, pakan ikan yang memacu pertumbuhan ikan tersebut, serta air yang jernih yang kaya akan oksigen.

Cara membuat kolam ikan minimalis mudah

Namun diluar sana masih ada pembudidaya ikan dalam pembuatan kolam asal-asalan, mungkin dikarenakan faktor kurangnya pengetahuan tentang apa itu fungsi kolam ikan tersebut.

Sebelum memulai budidaya ikan agar pertumbuhan ikan dan hasil produktivitas memuaskan, Dalam pembuatan kolam ikan ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, antara lain : menganalisa jenis tanah, kontur lahan, tata letak kolam, irigasi, penggalian, pembuatan tanggul sampai setting sirkulasi air.

Menganalisa Jenis Tanah


Menganalisa jenis tanah merupakan hal penting, pasal nya ini sangat mempengaruhi proses pembuatan kolam ikan. Untuk jenis tanah sendiri terbagi menjadi 2 yaitu : tanah liat berpasir, dan tanah gembur.

Untuk menganalisa tanah yang akan dijadikan kolam itu cukup mudah dan simpel. Pertama ambilah segumpal tanah yang sebelumnya telah dibasahi menggunakan air. Selanjut genggam erat-erat. Langkah selanjutnya bukalah telapak tangan anda, kemudian amati telapak tangan anda. Apabila ditelapak tangan anda terdapat sedikit pasir maka hal ini bisa dipastikan tanah tersebut adalah tanah liat berpasir, jika di telapak tangan anda nampak banyak pasir yang menempel tanah itu bisa di golongkan tanah subur.

Jenis tanah liat berpasirlah yang dianggap unggul karena tanah liat berpasir memiliki tekstur yang solid sehingga proses pembuatan tanggul akan lebih muda, dan tanah liat berpasir ini cukup kedap air.
Sedangkan untuk jenis tanah gembur maka akan cukup menguras tenaga dan tentunya uang anda pasalnya jenis tanah yang terlalu gembur kita harus melapisi dinding kolam dengan semen atau batu bata untuk antisipasi kebocoran air pada kolam.

Kontur Lahan


Kita perlu mengamati kontur lahan yang akan kita buat kolam ikan, apakah lahan tersebut ditanah miring atau datar. Lahan yang memiliki kemiringan tentunya akan menentukan metode penggalian dan pembuatan tanggul. Untuk lahan miring memiliki kemudahan dalam pengaturan aliran air yang jauh lebih mudah jika di bandingkan dengan lahan datar.

Penggalian Tanah


Setelah mengamati lahan yang akan dijadikan objek pembuatan kolam kita memulai penggalian. Dalam penggalian dilahan miring tentunya kita akan lebih hemat tenaga, lantaran kita hanya perlu menggali pada satu sisi, dan sisa galian tersebut kita bisa jadikan tanggul disisi lainnya.
Sedangkan untuk menggali tanah di lahan datar kita perlu menggali kedua sisi (di semua sisi) , tentunya prosese penggalian ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tata Letak Kolam Ikan


Menentukan tata letak kolam ini bukanlah hal yang rumit jika anda hanya ingin membuat satu kolam saja, kita bisa membuat kolam dengan model yang sederhana, tinggal kita memaksimalkan letak parit yang dijadikan sumber air dan sistem pembuangan air. Namun hal ini tidak berlaku lagi jika kita menginginkan kolam lebih dari satu atau bisa dikatakan banyak. Maka menentukan tata letak kolam perlu pertimbangan yang matang.

Dari segi pengairan sendiri jika menghendaki kolam yang banyak terdapat dua metode yaitu : pararel, dan seri.

Untuk pembuatan sistem pengairan pararel kita membuat parit atau saluran irigasi dibuat melintasi setiap kolam, hal ini bertujuan agar setiap kolam memiliki asupan air jernih langsung dari sumber air. Tapi untuk pembuatan menggunakan metode perairan pararel memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Sistem pararel lebih unggul dalam hal menjaga kualitas air. Hal ini dikarenakan debit air yang masuk kedalam kolam adalah air yang segar berasal langsung dari sumber air, tentu air ini terbebas dari sisa bekas makanan dari kolam sebelumnya ataupun bibit-bibit penyakit dari kolam lain.

Sedangkan pengairan dengan metode seri, setiap kolam ikan akan menerima asupan air dari lubang pembuangan kolam lainnya. Sebagai gambaran, misal kolam A menerima air dari sumber langsung, dan untuk kolam B menerima asupan air dari kolam A, begitu dan seterusnya.
Metode pengairan seri ini sangat cocok diaplikasikan di tempat yang memiliki sumber air yang minim. Untuk kekurangan menggunakan sistem ini kita tidak bisa mengontrol polusi air dan mewabahnya penyakit dikolam ikan tersebut.
Untuk metode perairan seri tentunya mempunyai keuntungan, diantaranya ialah kita bisa membuat simple dan tentunya tidak akan makan tempat. Dalam pembuatan menggunakan sitem dan perawatannya jauh lebih murah jika dibanding dengan menggunakan metode pararel.

Membuat Tanggul Kolam


Dalam pembuatan tanggul kolam ikan yang baik memiliki ciri kedap air alias tidak rembes, kuat menahab volume air, tidak mudah mengalami erosi, dan tidak bocor. Jika tanah liat berpasir kita bisa membuat tanggul hanya dengan tanah, akan tetapi jika tanah yang dijadikan kolam adalah jenis tanah gembur yang mudah erosi maka kita membuat tanggul menggunakan tembok untuk dijadikan tanggul.

Membuat Saluran Air


Membuat saluran air keluar dan masuk ini merupakan hal yang penting, mengingat fungsi dari saluran ini untuk menjaga kualitas air yang ada dalam kolam ikan. Apabila aliran air tersumbat, tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas air yang kian memburuk hingga membuat kematian pada ikan.

Membuat Kemalir


Kemalir ialah parit yang terletak dibawah dasar kolam dengan kedalaman 20cm - 30cm. Fungsi dari kemalir sendiri ialah untuk memudahkan proses pemanenan, menampung endapan makanan, dan mengendapnya lumpur yang berbahaya bagi ikan di dalam kolam. Untuk jumlah kemalir disesuaikan saja dengan saluran pembuangan air.

Itulah beberapa tips cara mudah membuat kolam ikan yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan di Blogdaffa.com, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.. salam hangat Daffa.