Cara Menanam dan Merawat bunga Matahari

Blogdaffa.com - Bunga Matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Bunga Matahari memiliki nama latin Heliantthus annuus L, yang masuk dalam keluarga bunga kenikir (Asteraceace) bunga ini terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil dalam satu tangkai (bunga majemuk).

Budidaya bunga matahari

Bunga ini sangat populer sebagai tanaman hias, meskipun demikian bunga ini termasuk bunga penghasil minyak. Bentuk bunga matahari memiliki kepala bunga yang besar bisa mencapai diameter 30cm umum nya berwarna kuning yang selalu mengikuti arah sinar matahari, tinggi tanaman bunga matahari antara 2m sampai dengan 5m tergantung dari varietasnya. Bunga matahari memiliki daun tunggal yang lebar, pada bagian batang berdiri tegak dan jarang bercabang serta di tumbuhi rambut-rambut kasar.

Cara menanam bunga Matahari

Pemilihan biji
Pillihlah benih bunga matahari dari bunga yang sehat atau membeli benih unggul ke pembudidaya atau penjual benih bunga matahari.

Penyemaian biji
Untuk penyemaian biji bisa dilakukan ke tanah langsung atau bisa juga menggunakan media polybag dan pot. Pada saat penyemaian langsung di lahan penyemaian baik nya diberi jangan terlalu dekat minimal 2cm, Sedangkan menggunakan polybag/pot usahakan cukup menyemai 2 biji bunga matahari dalam satu poly bag atau pot, ini bertujuan untuk antisipasi jika salah satu benih tidak tumbuh, serta memberi ruang tumbuh benih agar tidak terlalu berdekatan.
Lakukan penyiriman pada media penyemain secara rutin sehari sekali agar media semai tidak terlalu lembab yang berakibat fatal berupa pembusukan batang kecambah.
Setelah benih tumbuh kisaran 15 sampai dengan 20cm, atau usia benih telah 10 hari bibit siap di pindah ke lokasi penanaman bibit bunga matahari di beri jarak kurang lebih 1m persegi.

Pemindahan bibit
Dalam menanam bunga matahari yang perlu di perhatikan ialah media tanam. Media tanam yang baik yaitu tanah yang subur serta mendapat asupan sinar matahari yang cukup agar benih bunga matahari tidak kutilang ( kurus, tinggi, langsing).

Baca juga : Cara membuat media tanam kompos dengan sekam padi dicampur arang dan tanah - berikut kelebihan dan kekurangan media tanam hidroponik dengan arang.

Untuk penanaman dalam skala besar atau bertujuan sebagai bisnis budidaya bunga matahari lokasi penanaman dianjurkan memeliki kelembapan udara yang cukup tinggi biasa nya terdapat pada daerah dataran tinggi atau pegunungan.
Buatlah lubang tanam dengan jarak antara tanaman satu dengan yang lain nya paling tidak 1m persegi. Masukan bibit kelubang tersebut.

Cara merawat bunga Matahari


  • Lakukan penyiraman setiap sore hari secara rutin dengan kapasitas sesuai ukuran tanaman.
  • Pemupukan di lakukan pada usia tanaman berumur 1bulan sebagai penunjang pertumbuhan tanaman menggunakan pupuk NPK , dan setelah menginjak usia 2bulan tanaman di berikan pupuk TSP dengan takaran 5gram perbatang.


Penyakit dan Hama yang menyerang Bunga Matahari


  1. Kepik hijau, ulat penggerek adalah hama yang kerap menyerang biji bunga matahari.
  2. Belalang, ulat bulu, dan ulat kantung biasa menyerang pada bagian batang bunga matahari.
  3. Wereng daun hama ini biasa menyerang bagian daun sehingga menimbulkan bekas bercak-bercak, dan menyerang bagian bunga akan menyebabkan pembusukan bunga.

Demikian artikel tentang Cara menanam dan Merawat Bunga matahari, Semoga bermanfaat salam hangat dari Daffa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat bunga Matahari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel