Cara Bertanam Hidroponik Dengan Botol Bekas di Rumah

Blogdaffa.com - Sayur-mayur merupakan salah satu tanaman pokok yang menjadi kebutuhan makanan bagi kita semua. Hal ini dikarenakan dalam sayuran terkandung zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh antara lain vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Ibu rumah tangga selalu belanja sayuran di tukang sayur atau di pasar modern maupun pasar tradisional, namun terkadang ada rasa mengganjal di benak ibu-ibu rumah tangga, apakah sayuran yang dibelinya layak untuk dikonsumsi?

Hal ini dikarenakan pada waktu penanaman hingga perawatan banyak menggunakan pestisida. Kandungan yang terdapat pada pestisida dapat mengganggu sistem organ tubuh. Namun tak usah khawatir dengan hal yang demikian, karena kita bisa mensiasati untuk mendapatkan sayuran sehat dan segar dengan cara bertanam hidroponik menggunakan botol bekas dirumah yang akan kita bahas di artikel ini.

Hidroponik sederhana botol bekas

Cara Bertanam Hidroponik

Cara menanam dengan hidroponik merupakan salah satu cara menanam sayuran sendiri dengan cara yang paling mudah dan murah. Hal ini dikarenakan hanya memanfatkan botol bekas yang sudah tak terpakai dirumah, bahkan dengan metode hidroponik yang murah meriah ini anda bisa mendapatkan sayuran dengan keadaan masih segar dan bebas penggunaan pestisida yang bisa membahayakan tubuh sekeluarga. Cara bertanam hidroponik dengan botol bekas dirumah sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas dirumah. Untuk membudidayakan sayuran dengan cara hidroponik gunakanlah cara ini, pasalnya dengan menggunakan hidroponik sederhana ini kita tidak membutuhkan biaya awal yang begitu besar untuk pembelian peralatan sistem hidroponik yang lengkap.

Baca Juga : Pengertian Hidroponik dan kelebihan serta kekurangannya.

Hidriponik secara umum dikenal dengan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam, melainkan bercocok tanam menggunakan air sebagai media tanamnya. Untuk menerapkan sistem bercocok tanam menggunakan hidroponik botol bekas ini anda tidak dituntut lahan yang luas. Ada dua cara bercocok tanam menggunakan botol bekas dirumah, yaitu sistem botol bediri dan horizontal. Untuk kedua cara menanam hidroponik dengan menggunakan botol dirumah, anda hanya memerlukan alat dan bahan yang terdiri dari cuter, gelas plastik bekas, botol bekas, arang sekam, bibit tanaman sayuran hidroponik, paku dan nutrisi tanaman hidroponik.

Cara Bertanam Hidroponik Dengan Botol Berdiri


Untuk yang pertama menggunakan botol berdiri, langkah awal cara bertanam hidroponik dengan botol berdiri dirumah adalah memotong botol menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Lubangilah bagian tutup botol beserta atap botol dan sekaliling botol bagian bawah, hal ini bertujuan untuk tanaman hidroponik mendapat asupan air dan sirkulasi udara. Selanjutnya masukan potongan bagian atas tadi masukan ke potongan bagian bawah dengan posisi tutup dibawah. Botol bagian bawah berfungsi sebagai tempat air yang diberi larutan nutrisi hidroponik, sedangkan bagian atas digunakan untuk menanam sayuran hidroponik dengan arang sekam.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Horizontal


Untuk model yang kedua ialah bercocok tanam hidroponik menggunakan botol bekas dengan metode botol horizontal. Botol yang digunakan harus memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan gelas plastik, hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan menampung air mineral nutrisi hidroponik. Untuk langkah pertama cara menanam hidroponik menggunakan botol horizontal dirumah adalah meletakan botol berukuran besar dengan posisi horizontal (posisi mendatar). Selanjutnya buatlah 2 lubang di botol tersebut seukuran gelas plastik, kedua lubang tersebut nantinya sebagai tempat gelas plastik berisi tanaman hidroponik. Maka dari itu sebaiknya anda koreksi ukuran kedua lubang tersebut, apakah sudah muat atau belum. Langkah berikutnya buatlah lubang berukuran kecil dibagian atas botol yang diletak kan mendatar ini digunakan sebagai tempat sirkulasi keluar masuknya udara. Cara bertanam hidroponik dirumah selanjutnya ambil gelas plastik lubangi bagian samping dan bawah dengan ukuran kecil-kecil, lubang ini diguanakan sebagai tempat keluarnya akar sayuran hidroponik yang akan ditanam. Setelah itu masukan gelas yang telah dilubangi bagian atas dan bawahnya pada lubang besar yang telah dibuat di botol besar, setelah sukses masuk. Isilah gelas dengan arang sekam dan bibit tanaman hidroponik.

Baca Juga : Tips Mudah Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana.

Untuk langkah percobaan, sebaiknya dimulai dengan skala kecil terlebih dahulu, ini untuk meminimalisir kegagalan.
Setelah percobaan dengan skala kecil baru anda mencoba mengembangkan ke skala besar dengan menambah jumlah tanaman sayuran hidroponik dirumah. Beberapa tanaman sayuran yang pada umum bisa ditanam menggunakan hidroponik adalah : Sawi, Selada, tomat, kangkung, dan masih banyak sayuran lainnya. Apabila dibandingkan dengan Vertikultura, cara membuat tanaman hidroponik dirumah inilah yang jauh lebih unggul. Hal ini dikarenakan kita tidak perlu repot-repot terkena kotornya tanah sebagai media tanam dan tidak perlu penyiraman pagi maupun sore hari. Hal yang perlu diperhatikan dalam bercocok tanam hidroponik menggunakan botol dirumah adalah kita harus mengontrol air atau nutrisi yang ada didalam botol agar tidak kehabisan. Untuk pengecekan air dan larutan nutrisi hidroponik cukup dilakukan setiap seminggu sekali, cukup hemat waktu bukan?

Cara bertanam hidroponik dengan menggunakan botol bekas dirumah ini sangat cocok untuk anda yang memiliki padat aktivitas dan sibuk bekerja. Dengan menanam menggunakan metode hidroponik, anda bisa membuka peluang usaha sampingan atau sekedar untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Kunci utama kesuksesan bercocok tanam menggunakan hidroponik kita harus memperhatikan nutrisi tanaman hidroponik kita, dan yang tak kalah penting adalah asupan sinar matahari yang cukup. Asupan sinar matahari yang cukup inilah sangat berguna agar tanaman dapat tumbuh subur tanpa terjangkit penyakit ataupun hama yang merusak tanaman budidaya hidroponik yang kita budidayakan.

Sekian ulasan tentang Cara Bertanam Hidroponik Dengan Botol Bekas di Rumah yang dapat anda praktek kan, Semoga bermanfaat. Jangan share ke sosial media kalian.

Terimakasih telah berkunjung...
Salam hangat Daffa.