Manfaat kandungan Bunga penghasil Nektar untuk Hewan pemakan Nektar dan kesehatan tubuh Manusia

Lebah Apis Cerana Mengambil Nektar di bunga Xhanthostemon Kuning (Lemon)
Lebah Apis Cerana Mengambil Nektar di bunga Xhanthostemon Kuning (Lemon).

Pengertian Nektar
Nektar atau biasa disebut sari bunga berupa cairan manis yang mengandung gula alami, Nektar sendiri dapat dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan yang berbunga. Ketika bunga pada tumbuhan bermekaran aroma nektar mengundang serangga untuk melakukan penyerbukan .
Nektar terletak didasar bunga (perianthium), Sehingga lebah atau serangga penyerbuk lainnya otomatis bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu proses pengambilan nektar pada bunga tersebut .


Trigona atau klanceng (kelulut/kele-kele) sedang mengambil nektar pada bunga Air Mata Pengantin.
Trigona atau klanceng (kelulut/kele-kele) sedang mengambil nektar pada bunga Air Mata Pengantin.


Nektar merupakan sumber makanan lebah, tak hayal jika pembudidaya lebah madu kerap menanam berbagai tanaman yang mengandung nektar agar hasil madu melimpah ruah. Dalam pertanian keberadaan nektar sangat penting karena sebagai sarana penyerbukan untuk mendapatkan hasil panen yang bagus.
Wangi bunga serta warna daun mahkota sebagai isyarat bagi serangga akan adanya sumber nektar. Warna Mahkota bunga yang nampak tunggal dari penglihatan manusia, Jika diamati menggunakan potret film yang sensitif terhadap sinar ultraviolet maka akan terlihat bentangan garis-garis lurus yang berpusat kebagian dasar bunga.
Adapun tumbuhan yang memproduksi nektar pada bunga bukan hanya untuk memikat serangga penyerbuk tapi hewan penyerbuk diantaranya ialah kelelawar dan burung penghisap nektar. Ada juga tumbuhan yang berbunga tapi tidak menghasilkan nektar ialah jenis tumbuhan yang tak membutuhkan penyerbukan (polinasi abiotik) biasanya hanya menghasilkan Pollen .

Jenis Nektar :

Nektar terbagi menjadi dua jenis yaitu : Nektar Floral dan Nektar Ekstra Foral.
  1.  Nektar Floral dihasilkan melalui kelenjar nektar yang terdapat pada pangkal bunga.
  2. Nektar Ekstraforal tidak dihasilkan pada kelenjar nektar yang terdapat pada pangkal bunga, melainkan di hasilkan dibagian tanaman selain bunga. Nektar ektraforal memiliki peran penting yang bertujuan menarik serangga misalnya semut untuk menghisap nektar sekaligus memangsa serangga perusak tanaman.
Kandungan yang terdapat pada Nektar terdapat banyak enzim yang disukai Lebah Madu atau serangga, dan hewan penyerbuk lainnya.
Nektar merupakan makanan serangga penyerbuk seperti lebah untuk menghasilkan madu dan hewan penyerbuk lainnya. Manfaat nektar bagi lebah bertujuan untuk kelangsungan koloni lebah, berlaku juga untuk serangga dan hewan pemakan Nektar.

"Sekian artikel tentang Nektar, bagaimana menurut anda?
Jika artikel tentang nektar diatas bermanfaat silahkan klik tombol share ke sosial media. Agar teman-teman kalian tahu apa itu nektar, manfaat serta kegunaan bagi tumbuh-tumbuhan dan hewan ."

Terimakasih... Salam hangat dari Daffa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel