Khasiat manfaat dan kegunaan Propolis untuk kesehatan beserta efek samping Propolis

Propolis Heterotrigona Itama
Propolis Heterotrigona Itama 


Apa itu Propolis?
Propolis adalah lilin lebah yang dihasilkan melalui getah pohon yang mengandung sumber resin. Lebah akan mengumpulkan resin dan membawa ke sarang . Resin akan diolah menjadi propolis yang di manfaatkan oleh lebah sebagai pondasi sarang mereka, Menutup lubang, membuat corong (lebah madu tanpa sengat), Membuat sarang, tempat sel telur serta wadah Madu, dan tempat penampungan pollen.


Fakta kandungan Propolis

Propolis dipercaya sejak 350 SM hingga kini di percaya sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Penduduk Yunani kuno memakai propolis untuk penyembuhan bisul atau abses. Sementara warga negara lain menggunakan propolis untuk mencegah infeksi serta membantu proses penyembuhan saat luka dan antisipasi  pencegahan tumor.

Sama halnya dengan madu propolis merupakan hasil dari lebah madu  yang sangat berkhasiat bagi penyembuhan , kandungan dalam propolis memiliki 300 lebih senyawa kimia . Kandungan terbanyak ialah polifenol  yang mampu sebagai antioksidan serta menyembuhka luka bagian dalam tubuh. Senyawa lainnya ialah flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan .

Namun para ahli masih kesulitan untuk menyimpulkan manfaat propolis bagi kesehatan, lantaran propolis di seluruh dunia tidak bisa di seragamkan yang di sebabkan jenis pepohonan yang di ambil resinnya oleh si lebah tak mesti sama.

Manfaat Propolis Berdasarkan Peneletian Medis

Propolis diduga melawan bakteri, virus, dan jamur. Meski sudah diteliti dengan sangat baik oleh para pakar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI . Namun efektififtas propolis belum cukup terbukti secara ilmiah dan perlu di kaji lebih lanjut lagi secara klinis.

Beberapa kondisi yang kemungkinan bisa di sembuhkan dengan menggunakan Propolis

  • Luka melepuh di sekitar bibir (cold sore)

  • Herpes Genital

  • Obat kumur


Hati-hati dalam penggunaan Propolis

Lebih baik berhati-hati dalam memakai propolis terlebih untuk yang menderita asma. Beberapa ahli meyakini bagi penderita asma propolis bisa makin memperburuk .
Bagi anda hindari produk yang dihasilkan dari lebah jika anda memiliki alergi terhadap hasil daei lebah.
Untuk yang mengalami gangguan pendarahan jangan mengkonsumsi propolis lantaran kandungan yang terdapat dalam propolis di yakini dapat menghambat pembekuan darah.
Bagi wanita hamil dan ibu yang menyusui dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi propolis karena belum teruji secara klinis
Konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan propolis, meski propolis di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tapi itu semua belum teruji klinis di bagian medis.
Untuk anda yang ingin mengkonsumsi propolis sebagai obat herbal silahkan cek yang berlabel BPOM yang sudah dipastikan teruji kelayakan dan keamanannya.
Jangan coba-coba propolis mentah (sisa perasan madu )
"Demikian artikel tentang manfaat serta kegunaan propolis bagi kesehatan tubuh.
Bagaimana menurut anda?
Jika artikel ini menurut anda bermanfaat, Silahkan share ke media sosial agar teman-teman tahu apa dan manfaat serta khasiat propolis lebah ".
Terimakasih... salam hangat Daffa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel